Membayangkan Perang Iklan (Seru!!!)
Apa yang khas dari Iklan Yamaha di televisi? Dengan memasang aktor seperti Komeng, Didi Petet, Dedi Mizwar, dan lain-lain ada kesan khas yang ditinggalkan. Dengan menyentil pabrikan lain (kebanyakan sih Honda-no offense buat para penggemar Honda), Iklan-iklan Yamaha punya kesan tersendiri bagi yang menonton. Ada yang tersenyum simpul, tertawa bangga, cemberut lantaran mangkel, ada pula yang langsung mematikan TV karena tersinggung berat.
Jujur sebenarnya banyak orang yang tidak setuju dengan cara Yamaha beriklan, dengan menjelek-jelekan pabrikan lain. Dan beberapa pengguna Yamaha sendiripun juga tidak setuju (inilah yang disebut dengan fans moderat). Apalagi dengan para penggemar pabrikan yang “disentil” oleh Yamaha, yah kita tahu sendiri lah.
Dan Honda sendiri sebagai pabrikan yang sering dikritik oleh iklan-iklan Yamaha tidak sekalipun membalas dengan iklan yang serupa. Iklannya biasa anteng, dengan yah, sebenarnya tidak ada yang fantastis dari iklan-iklannya, cenderung datar. Tidak ada sedikitpun pesan membela diri secara tersurat, entah karena dewasa atau karena masih merasa adem dengan posisinya yang market leader
.Cuma membayangkan seandainya Honda memasang iklan yang “membalas” setiap pesan dari Yamaha. Bagaimana jadinya ya? Bisa dicontohkan adalah perang iklan GSM, masing-masing pasang tarif lebih murah ketimbang yang lain-plus terkadang menambahkan sedikit “bumbu perang”.
Lalu bagaimana ya? Ya jelas perang iklan, dan untunglah sampai saat ini belum pernah terjadi. Yang jelas pada kasus GSM, para penggunanya tidak memiliki fanatisme yang besar, mana yang lebih murah ya ngikut. Tapi pada motor? Wuih membayangkan perang iklan yang panas ditambah dengan perang antar fans pabrikan. Seperti apa saya tidak berani membayangkan.
Mungkin kita perlu bersyukur akan Honda yang tidak membalas iklan-iklan yang memancing dirinya. Meski memang kita sering kesal dengan sikap petingginya yang bebal akan masukan dari konsumen, bolehlah kali ini kita patut bersyukur. Daripada nanti terjadi perang beneran.
Mungkin saya perlu mengganti judulnya dengan “Membayangkan Perang Iklan (Mengerikan!!!)” tapi itu persoalan lain mungkin…
pertamaxxx againnn….
Hmmm……..
Sepertinya masih dalam batas toleransi sebagaimana diatur dalam UU penyiaran ataupun UU persaingan usaha.
no offense juga neh…. subyektif ane seh, wajar kalo yang “disentil” adalah “market leader”, lha itu “real kompetitornya” kok, kalo yang masih di belakang “disentil” juga…… mungkin “ga ada manfaatnya”.
Logikanya, “yang dikejar adalah yang di depan, bukan yang di belakang”.
Betuuul ?…… 😆
Naaahhhh……..
Kalo honda membalas……. menurut ane sih suatu kemunduran. 😦
kalo ane jadi honda, “terserah ente mo ngomong apa, yang jelas ente tetep di belakang ane”. 😀
Laen ceritanya kalo emang udah kesalip. 😀
Kalo perang terus, kapan damainya?
akan tetapi…..
yang dibelakang honda bukan cuma yamaha lho….. kok yang lain iklannya nggak opensip yah….. menunjukkan kedewasaan honda atau ketidakdewasaan yamaha?
anyway, berkaca pada provider selular, telkomsel sebagai market leader juga iklannya lebih anteng dibanding yang lain…..
Yup,.. Agreed
Dan yamaha belum selalu d depan…
Lho… Kok?
Agh… Sayang kang didi petet.. Ma kang dedy.. Yg bgtu idealisnya…
Dan juga.. Dugh kang iwan fals… T_T
gimana dengan iklan tiger yang baru, cakeb gak? anteng ya.. ga kebut2an…., ama ada unsur safety nya, blajar nggunain spion, ixixixixixixix
perang iklan itu gpp.
yg penting…
“CS1 tetap yang terbaik” – Ratu Adil.
Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, Musikgue & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
http://marketing.infogue.com/membayangkan_perang_iklan_seru_
YAMAHA engga malu jilat ludah sendiri…
“gimana dengan iklan tiger yang baru, cakeb gak? anteng ya.. ga kebut2an…., ama ada unsur safety nya, blajar nggunain spion, ixixixixixixix”
——————————————————–
Waktu ngambil SIM C, dapet yg kaya gituan ga…..??
iklan tigy gak kebut2an? Emang bisa lari dengan mesin jadul gak pernah ganti plus kegedean bodi? 🙂
Honda ikutan panas kok?
tuh liat iklan vario du serie iklan terbaru, yang diserang Mio khan? jelas jelas kok, motor yang disinggung adalah Mio, keliatan banget
lantas bagaimana dengan iklan CS 1, tuh lampu2 lampu yang mengekor dibelakang, adalah siluet siluet lampu moto-motor Yamaha & Suzuki..
tinggal Kawasaki nih, yang bagus bikin iklannya, divisi marketing memasarkan Ninja 150 RR dimedia cetak kok sebatas ala ‘Walpaper”
Payah …..
Makanya Honda Selalu menjadi yang terbaik bagi masyarakat indonesia, dari produk sampai iklannya pun begitu edukatif, safety dan gak pernah menjelek2kan produk kompetitornya, beda jauh dengan iklan “YAMAHA yang terkesan IRI banget sama HONDA” dari setiap iklannya selalu menyindir dan menghina produk honda, gimana mau jadi yang terdepan wong iklannya juga tidak edukatif, kebut2an dan selalu menghina. jelaslah bahawa BAGAIMANAPUN JUGA HONDA LEBIH UNGGUL. YAMAHA seharusnya malu dengan memasang iklan seperti itu.
Yamaha itu aneh, merasa terdepan tp iklannya nunjukin ke khawatirannya sama AHM, jd kesannya dia itu gelagapan ngotot ngejar AHM padahal samih ngebuntut dibelakang. iklan-iklannya jadi pedang 2 mata, ketika gw ngeliat iklan YMKI serasa dia dipojokin sama AHM, liat iklan yamaha malah inget honda gimana itu….
jadi inget campaign apa gitu lupa taglinenya gini
“we’re no.2, thats why we do harder”
gitu kalo nggak salah ‘agak lupa’, efeknya, penjualan mereka meningkat drastis setelah campaign itu dimulai.
Iklannya vario vj daniel yg di turunan itu klo ga salah liat ad mio baru yg melorot krn ga pake rem parkirnya kan..
yamaha gelagapan? Gak juga toe, harusnya malah ahm yg gelagapan secara pangsanya tergerus trs dari yg dasawarsa lalu >50% skrg kenyataannya dah <50% toh.. Secara gak langsung emang bener efektif khan iklannya yamaha bisa nyodok kue honda… seenggak2nya masyarakat dikasih pencerahan. itu loh motornya ahm sebetulnya sama aje dari tahun ke tahun cuma ganti nama plus bodi atawa stripping… gw gak benci produk ahm secara gw pernah beli motor honda spt win, supra… gw bukan belain yamaha, di rumah gw skrg adanya malah spin buat muter2 komplek aje… tapi ya mbok jangan bodohin konsumen trs dunk…
tayangan televisi bisa berpengaruh ke dunia nyata, begitu juga iklan2 motor yang bredar… “sedikit banyak” berpengaruh ke konsumen, misalnya iklannya ngebut2an, bukan ga mungkin konsumen akan mencoba style kayak begitu..
ahhh… tayangan buser kayaknya juga jadi pemicu maraknya kasus kriminil dengan modus operandi yang bermacam2…
jadi inget kata temen gw, televisi itu banyak mudaratnya daripada manfaatnya. pun termasuk berita kriminil.. ataupun iklan motor yang semrawuT-an.
toleransi di perlukan di jalan raya yang begitu riweh ini, gunakan lampu sen dan spion secara bijak….
@fanderlart
Untuk masalah yang ini gue setuju kalau iklan Yamaha sama sekali gak DEWASA………..
Salah asuhan tuch bagian kreatif promotion YMKI.
Gue pribadi berpendapat lebih baik branding product sendiri secara eksklusif dari pada nonjok sana-nonjok sini…. (seperti Honda AHM), tapi emang jujur harus diakui kalau berdasar survei konsumen iklan Yamaha yang nonjok kompetitor sangat besar pengaruhnya, maklum konsumen Indonesia masih banyak yang beluuuuuuum dewasa. Tapi dimasa depan Gue yakin iklan yang DEWASA yang akan lebih memberikan pengaruh yang lebih positif….
Ini pendapat gue pribadi sih….
Keep Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!
neh klo pengen liat iklan honda blade!!!!!!!:
akuw saLut ama HONDA yang udah peduLi ama pendidikan dengan ngadain HONDA BEST STUDENT tiap tahunnya…Bener2 eDukaTiF…Dan waLopun dia daRi jePang yang notabene isLamnya minoritas, tapi dia nggak segan2 datangin dai kondang AA Gym…
dari segi ikLannya ajjah HONDA keLihatan proFesionaL banget…nggak cepet kepancing ama produk Lain dan stay cooL…nggak gegabah dan kebakaran jenggot…
dari produK, saLut…bener2 irit euy…
mm bahasa iklannya kayaknya perlu yang lebih modern dan lebih beda dengan yang lain sebenarnya itu lebih menarik 🙂
hehehe yang penting kendaraan yang dihasilkan tuh ga cuman diiklan doank tapi terbukti bagus dilapangan
paling seru ngikuti perang ilan GSM.. gara2 Sandra Dewi dan Indra Bekti ngerap “Katanya SEMAUNYa tapi dibataes2in” eh XL langsung ganti tarif dan memasang MONYET, hehee… IM3 tak mau kalah, Gratis telpon ribuan kali [gk kyk XL yang sekian jam…] heheee tp IM3 is The BEst lah
@hasan seru
kok sandra dewi mas??
yang bagus biasanya yang tenang
ga usah ngurusin yg bukan level-nya
buat apa ngebales iklan murahan???
yamaha..
cuape dehh..
tapi lama2 AHM cape juga deh di sentil terus ama YMKI, pasti suatu saat akan ngebales, apalagi kalo penjualannya disalip, pasti AHM akan buat iklan yg lebih nyindir lagi dr YMKI, maklumlah blom ngrasain di no 2, paling2 jadi no 2 cuman bentar
hala yg koment sama yg nulis artikel nih dah ketebak dia condong kemana payah.
betul sekali…. 😀