Beranda > Informasi, Motor, Safety Riding > Modifikasi yang Bikin Susah (bag 2)

Modifikasi yang Bikin Susah (bag 2)

gambar dari ototrend.com

Kali ini saya akan memberikan cotoh-contoh (ingat contoh, karena itu saya butuh tambahan dari anda) modifikasi dan variasi yang merepotkan baik pengguna motor maupun pengguna jalan yang lain. Kali ini artikel disertai dengan alasan-alasan yang mendasari mengapa ubahan tersebut malah merepotkan. Beberapa ubahan mungkin sudah tidak tren, beberapa sedang ngetren. Terlepas dari itu semua setidaknya saya ingin menyediakan contoh-contoh.

  1. Modif ceper melebihi batas (katakanlah dengan ground clearance 5 cm). Banyak orang dengan bangga menunjukkan motornya yang diceperkan dan hampir menyentuh tanah. Bagi beberapa orang akan menimbulkan decak kagum. Namun dibalik itu semua akan timbul kerepotan. Terutama saat akan melewati jalan berlubang, polisi tidur atau ketika berbelok tajam. Ada yang bahkan turun dari motor dan menuntun motornya saat akan melewati polisi tidur. Sangat merepotkan apalagi mengingat kondisi jalanan di Indonesia tidak begitu baik. Singkatnya ubahan ini tidak cocok dengan karakteristik jalanan di Indonesia.
  2. Masih seputer kaki-kaki, kali ini adalah penggunaan ban drag. Di Thailand, rata-rata ban memiliki profil yang lebih kecil dan tipis karena selera orang Thailand tentang motor adalah gesit dan lincah. Tapi ada orang-orang yang mengaplikasikan ban khusus drag di motor hariannya. Ingat ban khusus drag didesain untuk lintasan lurus. Ketika melewati belokan tapak ban tidak akan cukup dan dapat mengakibatkan tergelicir. Jangan asal ganti ban!
  3. Spion mini. Sekilas terlihat ringkas dan membantu selap-selip di kemacetan lalulintas. Tapi secara langsung mengurangi pandangan ke belakang karena bidang pantul yang tidak memadai. Seharusnya spion harus bisa mengakomodasi pandangan ke belakang dengan catatan 30% pantulan cermin adalah badan sendiri sebagai patokan jarak badan ke kendaraan lain. Nah kalau spion kecil jangankan pandangan ke belakang leluasa, paling-paling hanya badan kita yang kelihatan. Siap-siap saja tersenggol kendaraan dari belakang saat menyalip.
  4. Batok lampu buta. Sekilas memang sangat road race bisa menambah kadar kegarangan motor, nuansa penuh performa juga bisa muncul. Tapi kesulitan datang ketika harus bepergian di malam hari. Tanpa lampu gitu loh! Bisa saja anda nekat dan taruhannya adalah ditangkap polisi dan pastinya menabrak sesuatu gara-gara pandangan terbatas. Bisa saja anda berkata bahwa tidak menggunakan motor di malam hari, tapi apakah gara-gara modifikasi anda harus mengorbankan mobilitas?
  5. Melepas filter karburator. Pernah seorang teman minta dipinjami motor karena waktu itu hujan dan motornya tidak memiliki filter karbu, “takut kemasukan air” katanya. Wah-wah, lagi-lagi mengorbankan mobilitas. Memang melepas filter karbu dapat menambah tenaga motor karena karbu tidak mendapat hambatan saat harus menyedot udara. Tapi ingat, trik ini berlaku di road race yang memang tidak digunakan di jalan biasa. Sedangkan saat berada di jalan biasa anda akan berhadapan dengan-selain hujan-juga debu yang dapat membuat karburator kotor. Pengaruhnya tentu saja ke performa motor dan keawetan onderdil.
  6. Penggunaan variasi multi karbu. Pernah menjadi tren di daerah-daerah dan kini mulai ditinggalkan, tetapi tetap saja masih ada yang mengaplikasikannya. Secara fungsi saja patut dipertanyakan, penggunaan belasan sampai puluhan karburator di sepanjang bodi apa ada fungsinya, sementara mesin motornya hanya satu silinder. Bisa-bisa malah diejek sebagai orang norak 🙂
  7. Variasi multi kaliper rem. Masih seputar yang multi-multi, kali ini kaliper rem. Selain bisa dianggap norak dan kurang fungsional, penggunaan banyak kaliper seperti ini juga bisa mendatangkan bahaya. Penggunaan banyak kalipier berarti meningkatkan kepakeman rem secara drastis (apabila semua kaliper difungsikan). Sama saja mengubah feeling secara drastis dan bila tidak terbiasa, saat menekan rem terlalu kuat bisa mengakibatkan ban terkunci dan selip, alamatnya jatuh.
  8. Lampu rem bening. Masih banyak juga yang mengaplikasikan, padahal banyak juga yang mencekal. Sebenarnya peraturan menyebutkan bahwa warna merah adalah warna legal untuk lampu rem, tapi apa daya, banyak orang yang atas nama kreativitas memakai lampu rem bening untuk motornya. Dampak langsung tentu saja silau, apa lagi saat mengerem. Bisa mengakibatkan hilangnya konsentrasi pengendara di belakang dan alamatnya nabark atau jatuh. Modifikasi ini memang tidak secara langsung membuat repot kita. Repotnya baru ketika selesai membuat orang lain kecelakaan secara sukses dan kita dituduh, nah itu baru masalah. Ditambah kalau harus berurusan dengan Polisi, tambah berabe. Solusinya kalau kita masih ngotot ingin memakai mika bening ya lampunya juga diganti dengan warna merah, supaya kalau nyala tetap merah.

Ah capek nulis, ya sudah sampai sini saja. Ini hanya sebagian kecil saja tentang contoh-contoh modifikasi yang bikin susah. Mudah-mudahan bila ada yang membaca dan menggunakan salah satu dari contoh-contoh di atas bisa dikoreksi sebelum membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Iklan
  1. April 22, 2008 pukul 1:31 pm

    yang begitu2 itu lah yang bikin susah.. yah semoga mereka bisa belajar… jgn ampe nunggu kepala pecah aja..

  2. azepadi
    April 25, 2008 pukul 2:40 am

    Motor yang disain itu insinyur,wong pinter pake hitungan,kiata tinggal pake doang malah ngerepotin sendiri,itu yang namanya bisa tapi gak ngerti….

    • Mei 19, 2009 pukul 10:50 am

      Setuja Bro…. .

    • koko"ceperis thunder"
      Januari 16, 2012 pukul 12:41 pm

      ntu kreatifutas namax,,lo pake yg standart2 aja,,,g kretaif,,semua ntu juga butuh pengorbanan,,

  3. asikbae
    Agustus 23, 2008 pukul 11:38 pm

    ganti knalpot kolong, dengan tujuan menaikkan performa, akhirnya bikin susah juga kalo ketemu polisi tidur..
    siyaaaalll…

  4. denny
    Desember 6, 2008 pukul 10:46 am

    kenalin nama saya denny,saya mau nanya mas,kira2 konsep modifikasi yang cocok buat thunder kayak g mana ya??dan bisa ga mas,memasang foto modifikasi thunder di website mas??

  5. adiet
    Desember 27, 2008 pukul 11:38 am

    coba dipasang hidrolik aj biar bsa dpke kmn2

  6. Januari 1, 2009 pukul 2:07 pm

    gw kurang setuju klo motor ceper itu

    merepot kan

    tapi klo menurut gw fine” aj tuh

    by : CEPER GARUDA

  7. fahmi ceperis
    Februari 13, 2009 pukul 2:26 pm

    wau motor ceper ny mantap bner !

    hidup motor ceper ? hidup……hidup……!

    salam = fahmi ceperis Cirebon Ceper Comunity .

  8. oki
    Maret 1, 2009 pukul 9:28 pm

    guw G stuju tuh

    kl mtor ceper merepotkan…

    mlh yang merepotkan tu jd kesenanagn sndiri&da tatangan ya…

    tp mnrut guw sich mtor ceper tu fine2 ja tuh….

    hidup motor ceper….

    by:oki ceperis padang…ceper is love

  9. erfan ceperis lampung
    April 14, 2009 pukul 7:33 pm

    kenalin bang, gw erfan ceperis asal lampung. gw pnya jpie z 2005 nih, gw pngn nnya2 nih, cara ngbikin cper sok dpan kya mna, pdhal per na dah dptg dn garpu shok na dah dnaikin? gmna cra na biar lbh mntep agy. sma mw nnya yg dbgian blkng na nih,prlu drbah app agy biar lbh cper agy,…. trma ksh bang. slm dri ceperis asl lmpung.

    • dinal
      April 15, 2009 pukul 3:27 pm

      hei………
      cperis lampung,,,,,,,,,,,,,,

      cara lo buat mendekin mtor jupi lo,lo dteng aj ke sekret ny anak SMCX lampung di sana lu bisa bantu lo tuk ceperin motor lo itu,,,,,,,,,,,,,

      dsn anak SMCX lampung jg termasuk korwil dari IMCI sumatera 1.
      lu cari yang namanya ipunk….

  10. kha
    Mei 13, 2009 pukul 7:01 am

    anjritttt caur bozzzz

  11. Bendot
    Mei 19, 2009 pukul 10:45 am

    motor jangan kependekan ntar kalau banjir gimana bro?????????

    • koko"ceperis thunder"
      Januari 16, 2012 pukul 12:40 pm

      aman,,,tgal gasx besar,,di jamin air g bakan masuk knalpot,,

  12. kipli_comet
    Mei 31, 2009 pukul 4:13 pm

    clam cper,,,,,,,
    gw kipli nal ceper dari comet.
    kpn Da acara lg di lampung????

  13. Juli 13, 2009 pukul 9:32 pm

    salam bikers.

  14. ilham ceperis
    Agustus 23, 2009 pukul 9:36 am

    kata sapa ceper nyusahain?????
    gak koq…yang ada ceper itu keren…………

  15. November 10, 2009 pukul 7:45 am

    Oiw2 slam ceperis jogja kusus na VOC community

  16. kadot
    Desember 23, 2009 pukul 2:55 pm

    yang buat colo……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. Desember 31, 2009 pukul 2:46 am

    hidup ceper…….

    emh….. tuh motor yg ente Upload punya gw……… knapa ente ga ijin ?????????

    oto2.wordpress.com

  18. Januari 1, 2010 pukul 11:36 pm

    nggak setuju kalo ceper merepotkan
    buat yang udah tua bin jadul sih pasti ngerasa ngerepotin dan bikin pegel linu encok rematik huahahahahahahahaha…..
    kalo buat yang masih young n imut pull energi n creatif pasti dong ceper is the best, soalnya nggak bikin kita malah kebut2an karena posisinya yang udah pendek, handling makin aman karena kaki mudah nyentuh tanah.
    hidup ceper, meskipun gue pake Tiger huehehehehehe…

  19. Januari 9, 2010 pukul 4:02 pm

    klo krang cper km dateng aja ke madura motor atau COPERNIS team. pasti ceper abis

  20. ashwin
    Maret 3, 2010 pukul 12:33 pm

    ceper itu gaya modif, orang pasti bosen ama gaya para insinyur yang itu – itu aje, mereka yang ngemodif motor jadi ceper itu pingin beda dari yang laen, punya ciri sendiri… bagi yang gak suka ceper berarti gak kreatif cuma ikut gaya luar cuma bisa ngikut gaya para insinyur…

  21. ashwin
    Maret 3, 2010 pukul 12:38 pm

    yang nulis ni artikel menurut ane kurang pengetahuan tentang seni modif motor, ngemodif motor butuh pengorbanan, klo mau slamat ya mending standar aje motornye…

  22. yafet
    Oktober 26, 2011 pukul 2:14 pm

    haa??? murut gw yang brpendapat motor ceper tu nyusahin bukan ceperis..gw naik mocep tiap hari..kemanapun, kapanpun, dimanapun..enjooyy aja…

  23. koko"ceperis thunder"
    Januari 16, 2012 pukul 12:38 pm

    sapa bilng ceper xusahain,,,aman-aman aja tuh naek motor ceper,,,”ceper itu bukan penyiksaan,tpi keindahan dalam hidup ini”.ceper ntu g susah,,nue aq malah pake thunder,,motor sport,,malahan pake ban kecil,,jarng nue yang namax ban bocor,,,

  24. April 27, 2013 pukul 10:49 pm

    Such a good wewebsite you’ve got here. Make sure you revise this more regularly. This subject areas is my curiosity. Thank you.

  1. April 23, 2008 pukul 11:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: