Beranda > Informasi, Motor, Motor Baru > Kymco Libero, hanya facelift kok…

Kymco Libero, hanya facelift kok…

Soal facelift, kita kenal Honda jagonya. Tapi kali ini kita melihat pabrikan lain yang melakukan hal yang sama untuk produknya, Kymco Libero.
Dari depan mungkin anda akan bingung, facelift dari mana? Ha, tunggu dulu, lihat bagian belakang, ketahuan kan? Yap ini adalah facelift dari Kymco Free LX. Lihat saja bentuk lampu dan bodi belakang, masih sebelas-duabelas dengan pendahulunya itu. Hmm, jadi ingat dengan New Supra X125, bodi belakangnya lupa dioperasi.
Tetapi tenang, masih ada detil-detil yang membedakan Libero dengan Free LX. Yaitu handle belakang yang diberi sapuan warna gelap, pijakan kaki yang lebih lebar daripada Free LX, kulit jok bagian atas bintik-bintik mirip HV bagian samping berwarna abu-abu, spakbor kolong yang lebih tinggi dan panjang, dan knalpot baru dan dikrom.
Perbedaan mencolok ada di bagian depan, lampu depan sekilas mirip LX namun lebih tajam. Lampu senja dan sein amat menarik dengan desain yang besar, lancip dan berkesan sporti, wah, kalau lampu utama diganti dengan batok buta, orang bisa mengira lampu senjanyalah lampu utamanya, besar sekali sih. Bentuk tebeng juga ada guratan-guratan tajam yang sebenarnya sih tidak perlu, tetapi sukses membawa kesan sporti.
Panel informasi seakan meniru kepunyaan Soul dengan desain “atas-bawah”, namun pada Libero masih berkesan murah, dengan panel yang warnanya “plastik-banget”, abu-abu dan spedometer yang kurang polesan sana-sini seakan para perancangnya seperti malas berfantasi. Jujur, agak sulit melepas imej Soul pada panel informasi Libero.
Mengapa disebut facelift?
Selain karena bagian belakangnya masih menggunakan bawaan pendahulunya, mesin yang digunakan-pun masih mengusung kepunyaan LX. Mesin berkapasitas 111,2 cc, 4-tak, SOHC, pendingin udara, perbandingan kompresi 9,8:1 (lumayan tinggi), tenaga 9.2 HP pada 7200 RPM, torsi maksimum mencapai 0.9 kg m pada 6500 RPM. Selain itu pelek masih 12″, sepertinya masih menjadi ciri khas produk Kymco, meskipun kabarnya pabrikan juga menyediakan opsi 14″.
Dengan basis yang sama dengan LX, bisa dibilang Libero adalah facelift dari LX. Yah, buat apa membuat motor dengan basis yang benar-baru kalau yang lama masih mumpuni, toh hasilnya lumayan bagus. Sepertinya Kymco sedang malas membuat produk yang benar-benar baru, atau mereka sedang menyiapkan yang lain?
Apakah akan sukses?
Soal gambaran sukses untuk Kymco berbeda dengan Honda atau Suzuki, sudah mendapat 10% pasar matic saja sudah bagus. Jangan membayangkan akan bisa melawan Mio, Honda yang berimej bagus dan jaringannya besar saja belum bisa merebut singgasana dari Mio, apalagi Kymco?
Entah apakah kali ini produk Kymco akan laku, produk ini sebenarnya cukup bagus dan daya bunuhnya juga sudah lumayan. Memang masih perlu improve di sana-sini, seperti panel infomasi yang perlu dipoles ulang (kalau perlu ubah saja sekalian-bentuknya terlalu Soul), lingkar roda yang kalau perlu diubah ke 14″ saja sekalian mengingat pasar lebih menyukai lingkar roda 14″, dan sebagainya.
Masalahnya adalah pada soal advertising dan layanan after sales. Yah, kembali ke permasalahan produk itu sendiri, kalau tidak ada pengiklanan dan layanan purna-jual yang bagus, mau produk sebagus apapun tidak akan sukses.
gambar dan detil dari www.kymco.or.id
  1. kingqueen
    Maret 30, 2008 pukul 5:46 am

    hayoo design motor fandernya di buat lagi dong!

  2. Udin
    Mei 1, 2008 pukul 2:26 pm

    Biar kata cuman face lift, tetep azaa… bikin ngiler pengen punya! Hehe…

  3. donny
    Mei 8, 2008 pukul 3:15 pm

    aku lagi naksir libero nih… boleh dg sharing yang sudah pake..

  4. hasan
    Juni 26, 2008 pukul 5:05 pm

    ak punya libero,, ak bener2 puas ma motor ini,, cos pemakaian bensinnya tergolong irit bila dibandingkan sama mio dan vario

  5. kobay
    Juni 26, 2008 pukul 6:52 pm

    Kymco sebenarnya bukan produk jelek, kalo saja masuk lebih awal paling gak bisa rapat jarak dengan ATPM motor laen yang udah exist duluan di Indo

    Padahal pelopor matic, lebih duluan daripada MIO yang “otomatis duluan” entah apa yang salah tuh hehehe…

  6. aWi
    Juli 18, 2008 pukul 11:35 am

    Masalahnya yang sukses MIO sih. Jadi kelupaan bahwa pelopor scooter matic adalah Kymco. Produk Kymco di luar negri (Eropa) mah dihargai … beda dengan di Indonesia yang sudah merk minded

  7. Agustus 2, 2008 pukul 8:37 pm

    yg gue tau kymco itu udah lahir di negaranya taon 1986, taiwan, emang bandel kok, yg gue lihat dijalanan dipakai ama anak untuk ngebut emaaaaaang buandel
    ayoooo beli kimko aq sekeluarga pakai kimko

  8. Pit
    Oktober 10, 2008 pukul 12:56 pm

    Memang benar kalau produk kymco kelas 2. Detail produknya OK dan mesinnya cukup halus. Pokoknya ngga kecewa pake Kymco. Sayangnya bengkelnya kurang banyak ……

  9. Pit
    Oktober 10, 2008 pukul 4:16 pm

    Sorry … maksud saya bukan produk kelas 2 gitu lhooo

  10. lechito
    Desember 19, 2008 pukul 10:24 am

    Bulan ini juga Insya Allah pasti gw mau ambil libero sebelum harga naek… he…he…. tapi gw mau usul ma’ pihak manajemen kymco untuk merubah atw memperbaiki manajemen secara mendasar termasuk advertising. Ok

  11. Neptunes
    Desember 20, 2008 pukul 11:41 am

    gw udah pake free lx, tapi pengen ganti Libero.bisa g ya ganti bodi doank?. oh iya,doain gw y, mdh2an gw bs jd model iklan kymco.gantiin irwansyah he16x

  12. Neptunes
    Desember 20, 2008 pukul 11:51 am

    gw lupa ksh tau,saat ini gw punya matic jg,merk jepun gt deh,sumpeehhh gw nyesel bgt.emang seh harga jualnya g jatoh.tp biaya perawatannya itu lho,,mahal bgt!!.mau beli batok aja harganya 80rb,,bandingin sama free lx yang cm 25rb!!suer!.jadi pake kymco,kl lw pada bosen sm warnanya,tgl ganti aja cuy cmn kira2 250rb(include striping),kl pk motor jepun kudu 400rban tuh!!. tapi ati2 y ktauan polisi coz kondisi motor sm yg di stnk beda he16x

  13. mbah
    Januari 3, 2009 pukul 8:06 am

    sebnernya soul yang niru libero, cuman soul dah masuk duluan ke indo pake speedo nya model libero jadi orang langsung bilang soul yg punya desain spedo itu, hmmmmm…negeriku

  14. Januari 20, 2009 pukul 2:48 pm

    saya mau nyoba ngridit / ngambil kymco apa bagus mesinya , suku cadangnya mudah dicari dan murah atau mahal saya seneng disainya tapi sok belakang telalu kurus belt timing kuatgak berapa umurnya ya kymco memang pertama tapi pertama ada dirusak image gara mocin saya punya mocin dulu satu minggu sudah ke bengkel troma jadinya sebenarnya baik gak , lain dari meo dan sejenisnya diakan menang nama karena sudah lama daeler yamaha/suzuki/honda itu sebabnya dan suku cadangnya gampang, nanti saya jual dulu motor saya ya , teruslah berkifrah

  15. Otong Lenon
    Februari 15, 2009 pukul 3:41 am

    Kymco tuh OK mesinnya, tp ngga ok pasarnya. ya krn kurang promo aza… Gw jg tadinya ga niat2 bli motor Kymco, tp karema cewe gw jd marketing Kymco & gw disuruh beli motor. Ya, apalah daya…. mski budget terbatas banget, akhirnya ngridit deh…… jenis dan warnanya dipilihin ama dia, tipe Free LX warna silver. Pdhal gw dah punya bebek mocin. Emang sih beda bngt ma bebek mocin, baru 5 taon za dah 4X turun mesin, gilee ye…!! tp nich Kymco dah 2 taon gw geber trus cuek2 za tuh mesinnya. Pdhal gw kan orang yang ga suka panas2an di jalanan…. Gw jg prnah bandingin ma MIOng, wwiiih…. gw kebobolan dompet bro…aus banget tuh si Miong.. beda ma Free LX gw

  16. Maret 29, 2009 pukul 4:33 am

    om, sori nih nanya agak melenceng πŸ™‚

    berhubung BERES kymco udah pada bubar, worth gak yaa beli kymco skrg ini? soal harga dan desain mantab-lah. tp klo tiba2 rusak, susah gak ya nyari bengkel dan parts-nya? bengkel2 umum bisa nanganin? lalu apa ada parts substitusi dari motor merek lain?

    tengkiyu πŸ™‚

  17. Anak Kuningan
    April 6, 2009 pukul 4:46 am

    Free-LX gue JEBOL broo!!!! baru 1,5 taon udah Mogok! cuma karena ngegejlug dikit (kena lubang jalan) mesin tiba2 mati, distater nge-gretak (kyk da yg patah/lepas di bagian CVT). Payah banget!! cicilan blom lunas, udah kudu diganti…… Pabrik Kymco masih buka ga sih..?? dealernya udah tutup lagi!!! Pusing aing mah…..

  18. Anak Kuningan
    April 6, 2009 pukul 4:51 am

    OOOHH….. KYMCO….. KUMAHA NASIBNA??? MASIH HIRUP TA TOS MAOT…???

  19. April 24, 2009 pukul 11:02 pm

    Soal sparepart bisa memakai dari merk lain.
    Kalo sabar dikit bisa pesen di KYSS terdekat.
    http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=4139

  20. kharis
    Juli 27, 2009 pukul 10:39 am

    yah daku juga udah ngerasain nyamannya kymco..
    buat aku sih kenyaman…walau purnajual jebol….
    yg penting kan nyaman wkt dikendarain n irit…gt loh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

