Beranda > Informasi, Motor > Kuartet bebek Kawasaki (bag 3-Kaze Zone)

Kuartet bebek Kawasaki (bag 3-Kaze Zone)

Kawasaki adalah salah satu pabrikan yang tergoda untuk menggarap pasar bebek 125. Berbeda dengan Yamaha yang dengan pedenya menghiraukan pasar bebek pek ji go. Klaim dari pihak Yamaha, mereka tidak perlu mengeluarkan bebek 125cc karena Jupter Z mereka dianggap sudah memiliki performa yang sepadan dengan bebek sekelas HSX125 ataupun Shogun 125.

Balik maning nang laptop. Sebelum ini Kawasaki telah mengluarkan dua bebek 125cc sebagai generasi pendahulu Kaze Zone. Yang pertama adalah Blitz Joy yang setelah dihentikan diteruskan dengan Kaze 125. Namun Kaze 125 yang dirasa kurang sukses maka dihentikan produksinya. Alhasil Kawasaki mengeluarkan generasi penerus yang bernama Kaze Zone.

Sebagai generasi penerus wajar saja bila basis motor ini mirip pendahulunya. Basis mesin yang dipakai sama dengan pendahulunya begitu juga dengan rangkanya. Berikut ini adalah spesifikasi Kaze Zone yang diambil dari situs resmi Kawasaki Indonesia.

Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 56,0 x 50,6mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 124,6cc
Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1
Daya Maksimum : 9,9 PS / 8.000 RPM
Torsi Maksimum : 10,64 Nm / 4.000 RPM
Karburator : Keihin PB 18
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4 ( Rotary )
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Multiple Wet Disk
Rasio Gigi 1 : 3.000 ( 36/21 )
Rasio Gigi 2 : 1.938 ( 31/16 )
Rasio Gigi 3 : 1.350 ( 27/20 )
Rasio Gigi 4 : 1.087 ( 25/23 )
Tipe sistem final drive : Chain drive
Final Gear : 2.600 ( 39/15 )
Drive rasio keseluruhan : 9.634 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : DFLS ( Double Filter Lubrication System ), filter ganda
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Tipe Oli Mesin : API SE, SF atau SG / SAE 10W-40
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4,5 liter
Busi : NGK C6HSA
PanjangxlebarxTinggi : 1915mm x 700mm x 1040mm
Tinggi Tempat Duduk : 750mm
Jarak Poros Roda : 1.240mm
Jarak terendah ke tanah : 130mm
Berat kosong : 102 kg
Tipe Rangka : Full Frame
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Tipe & Ukuran Ban Depan : 2,50 – 17 4PR
Tipe & Ukuran Ban Belakang : 2,75 – 17 4PR
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke-KazeZoneR,CastWheelAluminiumAlloy-KazeZoneVR

Dengan rasio kompresi 9,5:1 Kaze Zone mampu menghasilkan tenaga 9,9 PS pada 8.000 RPM. Lumayan tinggi di kelasnya. Teknologi yang digunakan masih konvensional yaitu mesin tidur SOHC berpendingin udara, tidak masalah toh pesaingnyapun masih menggunakan teknologi yang serupa. Jenis rangkanya full frame, motor ini masih memegang ciri khas Kawasaki dengan handling yang stabil.

Desain

Pihak Kawasaki mengklaim motor ini telah memenuhi standar Eropa dalam sisi desain. Dengan tingkat keamanan yang tinggi motor ini katanya bisa langsung di ekspor ke Eropa. Salah satunya adalah dengan menerapkan bodi yang tidak memiliki sisi tajam. lampu sein yang digunakan mampu dilihat dari samping dan macam-macam lagi. Mungkin banyak yang merasa aneh pada desain Kaze Zone terutama pada lampu belakangnya yang membulat dan tidak sinergis dengan desain depannya yang tajam-tajam. Mungkin ini bisa menjadi PR bagi pihak Kawasaki agar dapat mendesain motor yang lebih bagus di masa yang akan datang.

Soal fitur memang tidak ada yang menonjol di bidang teknologi. Namun keberadaan bagasi kecil di depan pengendara cukup menarik dan berguna bilamana membutuhkan uang receh atau sekedar menyimpan lap. Kawasaki sepertinya cukup jeli dalam pemanfaatan lokasi seperti ini dari tempat untuk tangki bensin sampai bagasi kecil semacam ini. Penempatan bagasi di depan seperti ini diadopsi juga oleh Honda CS1.

Penjualan

Pihak Kawasaki sendiri mengatakan bahwa tidak akan memasang target muluk-muluk untuk motor ini, sepertinya mereka sadar akan kelemahan mereka di purna jual dan imej di masyarakat. Penjualan Kaze Zone juga tergolong adem ayem tidak ada booming atau sebagainya bahkan saat awal masa penjualan. Soal iklan sebenarnya termasuk gencar terutama di media televisi. Iklan yang ditampilkan juga cukup bagus dan berbeda dengan kebiasaan Kawasaki yang cenderung mengabaikan advertising.

Iklan
  1. Mei 19, 2008 pukul 12:27 pm

    modelnya aneh banget
    gak kayak zx-130 yang spektakuler

  2. Mei 23, 2008 pukul 8:25 am

    aneh pantatnya!!!

  3. Mei 23, 2008 pukul 3:21 pm

    Soal model memang banyak teman termasuk saya mengatakan aneh, tapi itu masalah selera saja. Buktinya toh ada yang beli to?

  4. Januari 20, 2009 pukul 11:03 am

    Untuk Bebek kelas 125 cc, itu termasuk murah ga sih?
    servicenya ribet ga ya..?

  5. BabyNinja
    April 27, 2009 pukul 11:33 pm

    Mana nih review yang keempat (judulnya kan kwartet..)…?

    Share aja, aq dah make AX 125-nya Kawaks, dan cukup puas sekali dibanding produk 125cc lainnya yang dari pabrikan Jepang lainnya (Non Jepang gak usah diitung deh…).

    Untuk service gak ribet Bro.., Kan ada Bengkel Resminya… Bisa yang 3S atau 2S…

  6. saiber tooth
    Juni 17, 2009 pukul 12:02 pm

    nie mtorku, kusetting mesinnya, MX lewat………..
    bentuk tmpil bda, stlh kuceperkan dkit d bgian dpan, wah buset gagah abis coy, warna merah hitam tanpa strip n tulisan jd nampak misterius, ehm aplg stlh knalpotnya kuganti knalpot bentuk trompet, ehm makin garang aj tuh suaranya
    by: kawasaki lover (abex_coco@yahoo.co.id)

  7. Desember 8, 2009 pukul 10:45 pm

    tlg info kok kaze r,pada saat neutral kok roda ttp mutar tp tdk tlalu kencang,brp konsumsi bensin.? tx

  8. hari
    Maret 22, 2010 pukul 4:59 pm

    pengalaman kazw ’99 gw skitar 1:50 deh, soal netral tapi ban ikut muter?? kayaknya abis turun mesin yeh?

  9. Mei 14, 2010 pukul 6:22 pm

    Motor bagus tapi penjualan anjlok. Sayang.

  10. iniagung
    Juli 14, 2010 pukul 12:22 am

    ni motor enak buat jarak jauh, tiap di parkirin motor, ada aja tukang parkir yang bilang motor ini manteb

  11. wayan sumada
    November 5, 2010 pukul 12:49 am

    kawasaki motor dengan kualitas hebat,stabil,bersahabat dengan dompet,made in japan dan teknologi mutahir.saya pake kawasaki zx 130 dan sampai sekarang tetap setia.saya pilih merk kawasaki dan memperyahankannya layaknya pernikahan.terimakasih kawasaki made in japan.

  12. wayan sumada
    November 21, 2010 pukul 9:37 pm

    wayan sumada :
    kawasaki motor dengan kualitas hebat,stabil,bersahabat dengan dompet,made in japan dan teknologi mutahir.saya pake kawasaki zx 130 dan sampai sekarang tetap setia.saya pilih merk kawasaki dan memperyahankannya layaknya pernikahan.terimakasih kawasaki made in japan.

  13. wayan sumada
    November 25, 2010 pukul 2:57 am

    wayan sumada :

    wayan sumada :
    kawasaki motor dengan kualitas hebat,stabil,bersahabat dengan dompet,made in japan dan teknologi mutahir.saya pake kawasaki zx 130 dan sampai sekarang tetap setia.saya pilih merk kawasaki dan memperyahankannya layaknya pernikahan.terimakasih kawasaki made in japan.

  14. Agustus 13, 2011 pukul 8:29 am

    msih bagus pndahulunya Kawasaki Blitz R
    si mesin bandel,tokcer,&irit.

  15. Ikhsan
    Maret 4, 2016 pukul 1:48 pm

    Saya pakai kaze zone 2008 sampai sekarang, sudah 8 tahun, final gearnya saya ganti punya kaze 42/13, nanjak hebat, dataran hebat. Stabil di kecepatan tinggi. Belum berpikir untuk menggantinya karena modelnya masih gagah.

  16. sigiet
    Mei 16, 2016 pukul 10:23 am

    adakah yang punya footstep belakang sblah kanan kawasaki zone…dan dmna yang jual, punya q patah ditabrak orang …….:)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: