Yamaha V-Ixion, Produk Hebat, Penjualan?
Sudah hampir setahun sejak Yamaha V-Ixion diluncurkan yaitu sejak Mei tahun lalu. Pada awal pelucurannya motor ini di puji-puji sebagai motor dengan teknologi yang canggih, beradiator dengan sistem injeksi, plus rangka deltabox, bla-bla-bla. Ya, itu dulu, dimana sempat membuat kocar-kacir kompetitor. Megapro saja sampai mengiklankan besar-besar di media massa, padahal teknologinya tidak sebanding. Beberapa media massa mengklaim bahwa inilah motor yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia, berteknologi tinggi dengan harga yang wajar.
Namun masalah muncul ketika Yamaha menetapkan inden yang begitu lama. Pada awalnya satu minggu, kemudian beberapa minggu, lalu sebulan, setelah itu bahkan ada yang mencapai tujuh bulan. Fantastis bukan? Yah fantastis jeleknya. Inden selama ini jarang terjadi pada motor, mengingat proses produksi motor tentu lebih cepat dibandingkan dengan mobil.
Beberapa orang kesal, mereka terpaksa menunggu untuk mendapatkan motor idaman mereka ini. Yang menunggupun terkadang tidak tahu pasti kapan V-Ixion mereka datang. Yang menarik ada kasus khusus dimana konsumen diminta memilih antara pembayaran secara kredit atau secara cash. Bila menggunakan kredit, konsumen akan mendapatkan barang dengan lebih cepat, bisa beberapa minggu. Sedangkan bila menggnakan cash, konsumen akan lebih lama mendapatkan barangnya, bisa berbulan-bulan, dan kasusnya lagi dealer secara terang-terangan mengatakan hal ini.
Pihak Yamaha mengatakan bahwa tidak ada strategi penjualan seperti itu. Lagi menurut mereka, dealerlah yang menggunakan taktik seperti itu agar keuntungan yang didapat semakin besar. Yah itu menurut pihak “resmi”, nyatanya V-Ixion tetap menjadi barang langka yang sulit untuk didapatkan. Ingat, V-Ixion bukanlah motor yang begitu hebatnya sehinga konsumen harus menunggu lama, beda kasusnya dengan motor sekelas motor custom.
Ada faktor penting yang membuat inden begitu lama. Kemungkinan terbesar ada di faktor kapasitas produksi Yamaha yang masih kurang. Hal ini dibuktikan oleh ratu inden Yamaha: Mio. Begitu besarnya permintaan Mio di pasar sehingga Yamaha tidak dapat mengimbanginya dengan suplai barang ready-stock. Yamaha sendiri mengakui bahwa kapasitas produksi mereka tidak dapat mencukupi permintaan pasar saat ini. Mereka juga mengatakan bahwa bila salah satu produknya digenjot, maka akan memakan produksi produk lainnya.
Keadaannya memang sulit bagi Yamaha. Konsumen yang tidak biasa mengalami inden yang begitu lama besar kemungkinannya untuk pidah ke produk lain; Megapro atau Pulsar yang disebut-sebut sebagai kompetitor V-Ixion yang utama. Momen inden yang begitu panjang ini juga bisa digunakan oleh pabrikan lain untuk meluncurkan produk alternatif yang bebas dari masalah inden, kalau begitu V-Ixion bisa gawat posisinya.
Yah memang kembali kepada Yamaha, apakah ingin berbenah atau tidak. Memang butuh biaya untuk investasi pabrik, tidak berubahpun tidak apa-apa, konsumenlah yang menentukan apakah produk itu akan tetap hidup atau tidak. Yamaha V-Ixion adalah produk yang hebat, tapi tanpa ada straegi penjualan yang tepat, tidak akan membawa keuntungan yang besar untuk Yamaha.
catatan: gambar diambil dari Yamaha V-Ixion Indonesia
iya bner skali yamaha hrs benahi soal produksi. Tanpa ada nya perhatian dr phak yamaha mtr vixion bs jd mision aja tuch…
hello!
Pls. find my new blog :
http://kingqueen.wordpress.com/
don’t forget pls. comment!
Iya tuh,,,
Gw aja dapaet V-Ixion di tangan gw dengan beli kredit bisa total 2 bulan sampe turun motor…
Lama bener….
Kenapa ya dealer semuanya begitu? Malah kadang-kadang yang beli cash ga d layanin sama Yamaha…
Malah uang indent aja nambah Rp. 300 ribu diluar harga motor.. Gile…
Intinya motor bisa terlantar d klo beli cash d dealer…
Tapi dibalik itu semua motornya enak banget,,, Asli…
yang salah konsumennya
motor jelek aja dibeli, ngantri pula
kyk gak ada yg lain aja
Sayangnya… menurut saya Vixi bukanlah motor bagus…. tapi motor MAKSA… maksa untuk menyaingi kompetitornya… sehingga banyak kekurangannya… dengan harga 18 jt-an… tampilan sporty rem belakang tidak menggunakan Cakram… dll
bener juga…rem belakang belum cakram, tampilan mesin terkesan “kurus” dan “kosong”, kadang gue bingung juga, itung-itungan para pemikir yang akhirnya melhirkan V-Ixion tuh gimana ya?! secara estetis, ya iu tadi, area mesinnya ko terlihat “kosong”..??!! Dan lagi kalo itung-itungan harga, ngga bisa turun dikit ya?! ya mungkin di angka 15juta-an gitu?! considering inden-nya yang “cape deh”, mending ngambil Satri FU aj kali ya?!
but, anyway, semoga ini bisa jadi masukan buat yamaha untuk terus meningkatkan segalanya..
PS: keluarin scorpio ber-fairing dong??!!
tenang……, kan bisa dimodif … agar dapat tampil beda, tambah disk brake blk, fairing dsb. yang pasti tambah bolong tuh kantong. kan yang enggak punya yamaha pun ikut untung dapat order modif.
ah,ga juga…ga selama itu kok inden nya,memang waktu itu sampai 1 bulan…tapi masih worthit lah
lagian aku belinya cash,masih dipotong 300 ribu.
pelayanan nya bagus, bpkb juga keluarnya cepat.
buat kk diz:
memang betul, rem belakang belon pake disk brake.tapi aku pake kecepatan 110 dan rem mendadak
pun masih bisa tuh, ga ada masalah.
kalo kosong ga juga,memang bodinya kecil.jadi bisa lincah kalo di kota2 yang macet…gitu.
motor cewek pasti beda lah sama motor laki,udah ga usah dibahas lagi
motor ini baguslah, udah gua pake di segala medan, juga ga ada masalah — yg masalah hanya waktu servis aja yang bikin bete.
telo payah no recomended, management sales amburadul
harga seken motor ini nyampe brapa yah??
@^
belum ada gambaran, di jalan aja masih terhitung jarang mas…
indent nya lama betull ni motor,,,
V-Ixion gw indent cuman 1 minggu, dealernya di Cakung. Barangnya T.O.P bgt, dah! Karena Fuel Injection jadi irit bgt, 1 liter bisa bwat 40-50km. Itu kalo rata2 kecepatannya 70-80kmpj. Bodi seksi, ramping, tinggi, kalo mo nyalip2 mah ga ada masalah. Sekarang varian warnanya nambah lagi, bo! MegaPro mah motor bapak2, kalo Pulsar yg pantes naik cuman orang gendut!
v-ixion gw cuman nunggu 3 hari.. itu pun untuk ngursus STNK sm plat nya… dpt plat bagus lagi
BG6666Q
bagus g.. hhe hhe
salam,
gw di suruh nunggu enam bulan, kalau mau cepet sekitar dua minggu tambah bayar sebesar 2,5 juta, sadis…….bangettttttttttttttt………………..
Waduww..ternyata indEn vixi di mana2 ya.sekarang juga saya lagi nungguin datang dri dealer,udah nyampe 1bulan lebih tapi gak dtang2..katanya gak nyampe 1bulan,tapi buktinya sekarang udah lebih..padahal ya d stiap dealer udh banyak yang nunggu2 ni mtor..tapi ko yamaha gini truz ya??
kalo gue dapet motor ni cuma 1/2 ,pagi gue ngurus biodata siang nyampe,cepet kan.
beuh udah 2 th ni produk dilaunching
tadi gw nanya ke dealer klu mau beli nih motor harus inden
3 bulan lagi ==a
jadi males beli gw
beli ninja aja dah, masa 3 bln buat beli motor kyk gini ==
iya klu motornya R125 gitu
capede ama YMKI
motor gini apanya yg hebat coba. Body nyontek abis CBR 150R cuma gak dikasih fairing aja. apa yg dibanggain coba. untung HONDA gak kayak YAMAHA. coba klo YAMAHA pasti udah bikin iklan gede2an yg bilang motor contekan. Tapi HONDA gak kan?
sama aja ama aku sekarang gue juga lg inden moga aja cepet masaaa sekelas yamaha kok kalah ama produsen lain ihhhhhhh cape dehhhhhhh
gw mendingan beli ninja VR aja, tampilan ny sporty bangat,,
di jalan ga ada yg nandingin,,,
gw tertarik ma ninja sejak SMA eh akhirnya pas kul mw di beliin dh ma ortu,,,hehehe
^-*
lama sekali….
yamaha hrs berani pasang stok yg pasti…
yg laeen 2h mtr bsk2
vixion klo dks bodi fairing yamaha r6 ato r1
injak2 aj 2 cbr 150
klo mo vixion rem cakram psng aj bli donk masa’ gk punya uang gt aj koq ssh.
dealer yamaha memang kyk aasu…
tp jng salahkan mtrnya…
yg laeen 2h mtr bsk2
sory…
kecuali ninja 4 tak…
pengen sekali….
suara mesinya bgus btul
servicenya payah…
Kalo pasang cakram belakang vixi brp biayanya bro !
gw pesen pagi, sore diantar , cash di dealer yamaha pulo gadung. setelah pake seminggu, ternyata enak banget nih motor top abiss dech … sekarang dah dimodif pake cobra shark set di yamaha flag shop cempaka putih … tambah sexy si luna …
Salam bro,… Gw dari banda aceh, motor gw vixion since july 08, gw dah bolak balik medan – banda aceh (620 km) 14x. Saat ini speedo sudah berjalan 84515,00 km. Gw dah buktiin komponen2@ tahan bngt.
Salam Juga Bro….Betul Bro VIXION Memang Motor Cangih Mesin Hebat Tahan Panas Bro…VIXION Emang Motor Sport
Vixion MantaBB…
Apache MantaBBB…
Byson MantaBBB…
Scorpio ManTaBBBB… (paling MantaB)
Bajaj 180 MantaBBB…
Meggi Pret n TiGi… GAK BANGET… JADUL…
You made some really good points there. I checked on the web to learn more about the issue and found most people will go along with your views on this web site.
My relatives always say that I am killing my time here at net, except I know I am getting experience every day by reading thes good posts.
Hi all, here every one is sharing such experience, so it’s fastidious to read this website, and I used to pay a quick visit this website every day.