Desas-Desus Menyambut Yamaha FZ-16, Sang Kakak Pastilah Cemas
Rencana kedatangan Yamaha FZ-16 kemungkinan besar benar. Kesaksian-kesaksian menyebutkan motor ini terlihat lalu-lalang dan artinya Yamaha sedang mengetes calon jagoan barunya. Selengkapnya bisa dibaca langsung dari blog bro Taufik dan blog yvcbogor.
Lalu yang mau saya bahas di sini adalah sang kakak yang tentulah cemas dengan rencana lahirnya sang adik. Antara FZ-16 dan V-ixion memang berdekatan. Secara teknologi memang jauh berbeda, FZ-16 belum dilengkapi radiator dan injeksi layaknya sang kakak. Tapi kapasitas mesin keduanya nyaris mirip dan keduanya sanggup melawan kompetitor yang sama: Honda Megapro-Tiger dan Bajaj Pulsar diantaranya. Model FZ-16 juga lebih segar dan berotot dibanding V-ixion.
Kue sang kakak bisa terambil, jatahnya yang selama ini tidak terusik bisa berpindah tangan. Lalu?
Satu cara yang paling efektif menurut saya adalah dengan menegaskan garis batas antara V-Ixion dengan FZ-16. Dimulai dengan harga yang dipatok. V-Ixion bermain di Rp 20 jutaan, FZ-16 paling tidak (mempertimbangkan soal teknologi yang diusung) ada di Rp 18-18,5 juta.
Tapi ingat, model yang lebih baru daripada sang kakak bisa menarik konsumen V-Ixion kelewat batas. Yamaha perlu paling tidak meningkatkan grade desain V-Ixion supaya tidak kebanting dengan FZ-16. Jangan sampai teknologi yang tinggi sia-sia menggaet pembeli karena orang lebih kepincut dengan desain berotot FZ-16.
Juga soal pengiklanan, ada baiknya mengiklankan keduanya sebagai satu tim, bukan individual. Ini untuk menegaskan posisi keduanya ke masyarakat, dalam iklan diberikan imej bahwa V-Ixion dan FZ-16 berbeda, monggo dipilih.
Kakak adik jangan diadu, kalau diadu bapaknya marah, gimana YMKI? Siap untuk meluncurkan tim ini?
Tambahan: Pilih mana?
- Teknologi tinggi dengan style konvensional atau
- Desain berotot dengan mesin konservatif
Tinggalkan komentar Batalkan balasan
Sekilas
Odometer
- 1.042.842 km
Tulisan Terbaru
Tulisan Terpopuler
Kata Mereka
- Sutisna pada Kuartet bebek Kawasaki (bag 2-Kaze ZX-130)
- xxx pada Nilai lebih Kawasaki Athlete
- หนังx pada Nilai lebih Kawasaki Athlete
- Fast Money pada TVS Apache 160 RTR
- เลิกยาเสพติด pada Honda Hunk, sport injeksi dari Honda?
- Vesely pada Nilai lebih Kawasaki Athlete
- restaurants 32803 pada Kawasaki Ninja ZX250 -motor impian yang sesungguhnya-
- BestAdell pada Nilai lebih Kawasaki Athlete
- red_kipz pada Kuartet bebek Kawasaki (bag 1-Blitz R)
- red_kipz pada Kuartet bebek Kawasaki (bag 1-Blitz R)
Link Keluar
Sesama Blog
- Agepe
- agung92
- bennythegreat.wordpress.com
- Chemistry Education
- Dashite
- Educartono
- Girifumi
- Indobikers
- indomotoblog
- Indonesian Literatur
- Istana Cinta
- Istiyanto
- kingqueen
- kolom tulisan
- Koro
- Lesehan di awiguna BLOG
- Mind Genesis
- Nana
- Opini , Imajinasi dan Jepret sana-sini ……
- Opini Guru
- Paguyuban Motor TVS Bandung
- pak Franky
- Proud2ride\’s Weblog
- SENYAWA
- Taufik & Motorcycle
- Triatmono
- William Christiansen
- Yamaha Vixion Club Bogor
Arsip
Kategori
Awan Tag
AHM apache athlete bajaj bajaj XCD beat bebek berita bisnis blade CBR CS1 De Britto desain fazer FZ-16 honda iklan imej india Informasi injeksi internet jalan jalan-jalan JMS kanzen kawasaki kenaikan BBM kymco lalu-lintas live in Marketing matik MegaPro minerva mio modifikasi Motor motor baru motor baru honda motor sport mtoro Musik ninja otomotif pameran Pengalaman penghargaan penjualan PRJ pulsar refleksi revo revo 110 sachs Safety Riding scorpio situs skubek skuter skydrive sport suzuki tata nano thailand thunder tiger turing TVS TVS Apache V-Ixion vario vega zr YamahaMeta:Fanderlart
Motorjual
- Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
Kayak rossi vs lorenzo aja nih 😀
kenapa ymki ga masukin fazer 150 aja ya. secara model jauh lebih oke dg fz150, dan produk yang lebih fresh, walau mesin kemungkinan juga sama.
Udah masukin aja semua model. Biar konsumen yang memilih, otre!!!
ayo cepat launching!
menurut saya V-Ixion dan FZ 16 akan dilepas berbarengan dan akan bersinergi mengamankan pasar, bukan saling memakan kue
walau bukan mustahil ada beberapa bagian kue Vixi yang kocomot ke FZ 16, ndak apa-apa tho kan sama2 Yamaha
. Coba deh baca Bagian Kedua artikel saya : http://ninja250r.wordpress.com/2009/07/23/ya-benar-ymki-sedang-tes-fz-16/
Moga aja kayak oom Tofik bilang
moga dua motor itu seperti
JupiterZ & Vega 110, Vario & Beat = sama2 laris (gak jomplang)
jangan kayak Mio & Soul, Revo Abs & Blade = satu laris satu kagak
atau jangan juga seperti Spin & Skywave = sama2 tidak laris
Mr. Momod :
Apa yang kami sampaikan adalah HARAPAN KONSUMEN.
Seharusnya produsen lebih ‘mendengarkan’ konsumen, betul yg dikatakan bro Taufik : “berbarengan dan akan bersinergi mengamankan pasar”, atau tidak ada salahnya memakai strategi upping value seperti yang telah saya posting di http://yvcbogor.wordpress.com/2008/11/28/upping-value-posisi-vixion-diganti-fz16/
Seperti halnya yang dilakukan oleh salah satu atpm (ini malah sebaliknya), ketika Thunder 250 di down grade menjadi Thunder 125…. dan…. SUKSES !…………
Berarti diperkirakan akan keluar V-Ixion versi lanjut? Benar berarti, tinggal ditunggu saja keberadaannya, semoga prediksi ini benar ya bro 😀
kalo analisa saya sih si thunder tuh ngisi kekosongan 125 yang ditinggalkan sama gl max… n toh sampai sekarang pabrikan top list belum juga ngelahirin 125 kan bro…
yg ada malah vijay eh bajaj…. nggak banget bagi orang indonesia deh…
orang kita tuh brand minded banget….
contoh real toyota avansa type e dan daihatsu type xi family…. jelas2 mesin lahir dari alat cetak yang sama, bodi juga dari bahan yg sama bahkan main assembling jg sama harga jg nyaris sama…. tapi fasilitas avansa e sama xexi family ya jauh unggul si xexi.. n ternyata orang kita pada milih avansa e series…
apalagi kalo harus disuruh milih suzuki sama vijay eh bajaj 🙂
yah itulah gaya pikir orang kita…. sampe2 salah satu mentor learning dari top manajemen TAM (toyota astra motor) pas da pelatihan internal di kami tuh terus terang ngaku bingung ma perilaku membeli orang kita….
emank harusnya dilepas barengan, jadi ada alternatif buat nyaingin pulsar180 dan apache RTR/Refresh yg punya kesan machoo sport touring…. ada info ga di pasar india mana yg paling laku dikelas 150-200 ???? khan ada Pulsar180 – ApacheRTR – Honda Hunk – ama FZ16 toh harganya berdekatan ???
hahahahaha palingan cuma jadi pengalih perhatian launchingnya honda
TOLONG GANTI DONK…. REM BELAKANG…. YANG BIKIN MOTOR MURAHAN……
MANA ADA PRODUK YAMAHA YANG PAKE REM BELAKANG CAKRAM…..
BUKTIKAN KALO ITU MEMANG HEBAT & KAYA AKAN TEKNOLOGI…..
Gak dikasih cakram belakang, biar toko sparepart dan warung modif tetap laku. Jangan digaruk semuanya donk. Ntar jualan sparepart ane gak laku. Siiip dah Yamaha. Tongolin tuh motor besok di IIMS 2009. Biar Vario Combibrake, gak ada yang ngelirik !!!
Jangan kuciwa kalao motor Byson ini pake mesinnya MX 135 ya! Soale statement awalnya motor Yamaha baru ini disetting buat ngacak-ngacak bebek – yang lagi ngos-ngosan diserbu matic. Penguasa bebek kan Honda. Yamaha mau morotin bebek Honda pake motor sport cc kecil yang harganya beda dikit sama bebek premium macam CS1, Supra FI, atau Satria FU. Sebab ngandelin MX, Jupi Z, Vega ZR untuk ngelawan Honda… ya gak ku.. ku .. dah! Disaat pasar matic Yamaha stagnan, malah cenderung turun, karena dikeroyok banyak pemain, inilah skenario paling masuk akal untuk tetap berada di market share 43-45%. Kalau pake cc 153, jelas adu kebo sama Vixie. Tarolah Vixie dikasih baju…dijamin “otot” Yamaha belum sanggup menggarap dua motor sport itu sekaligus.
kita tunggu aza moga kakanya memiliki kelebihan yang belum ada di ade nya hehehe,…..!!!
Motor ini spertinya lagi test durability, sering liat di daerah Buaran-Kalimalang menuju arah pabrik yamaha, body keren, ban/velg lebar, swing arm kekar, shock absorber depan gede, mesin tanpa radiator, plat nomor putih B —- XX. Frame beda dengan Vixy, ada batang besi didepan engine. Appearance jauh lebih menarik & proporsional drpd Vixy . Smoga lekas di launching.
pelknya cukring amat. ganti ah! ga sesuai dg bodinya yang manstaff..
^iwan
kalo pelak kayak diatas dibilang cungkring . . pelak setandarnya tiger dibilang apa? hi hi hi
ada kosa kata lebih kurus dari “cungkring” ?
@iwan
ga cungkring ah, 100/60 lho…
@taufik
ada sih cingkrang…sama ya kayak cungkring…
Salam kenal bro Fanderlart.
Dengan asumsi harga di bawah vixion menurut saya Fz 16 ini lawan sekelasnya adalah tvs apache, megapro, pulsar 180, pasar vixion akan aman.
Jika asumsi penjualan motor secara total tetap, maka ada pasar merk lain yang digerogoti, entah dari megapro, apache, pulsar 180. Tapi bisa juga pasar vixion turun karena memang ada konsumen yang sebenarnya cukup sederhana pemikirannya, yaitu apaun motornya yang penting yamaha. Nah karena kemarin sport yamaha (yang value bagus) yang ada cuma vixion, terpaksa beli vixion. nah karena ada yang lebih murah dan value jg bagus maka ga jadi beli vixion pindah ke Fz ini.
salam kenal juga…
benar memang, Yamaha berusaha memenuhi pasar sport, efeknya kalau FZ-16 ada dibawah V-Ixion jelas: kompetitor berharga lebih murah dari V-Ixion kena imbas…
soal pasar V-Ixion turun logis juga dan Yamaha pasti sudah berpikir akan ada market share antara V-Ixion dan FZ-16, tidak masalah kan bro?
Abis vote diatas: Saya pilih vixion (saya belum pernah naik lo) krn pakai delta box.
Feeling saya (sbg pengendara bebek ymh vega 99 hehehe) mengatakan pasti Delta-Box vixi lebih Kenceng! dan Stabil! me-liuk2 di jalur arak-arak bondowoso, gumitir jember, jlr selatan malang-lumajang, pasuruan-bromo di banding doble cradle Fz apalagi vega saya hehehe 😀
Tapi buat jln jauh dengan bayak trek lurus kyk jlr pantura, Surabya-madiun, dll yng lempeng aja kyknya Fz dgn mesin karbu lebih enak palagi scorpio (syg pio body gak keren 🙂 )
“(syg pio body gak keren)”
hehe bener bro, sudah usang tuh, mending sekalian habis FZ ini keluarin Fazer juga yah?
se-7. Padahal kemarin kabar2nya mo keluarin yang sport 250cc. Ya moga2 aja cepet keluar.
O ya bro, kalau dah datang apachenya segera di review ya 😀
Smoga cepet nyampe rumah apachenya 😀
Waduh sampai sekarang belum ada kabar tuh, yang bersangkutan ditelpon juga katanya ga ada terus. Paling mereka lagi panik nih di kantor…
Yamaha tuh mau jualan, bukan mau mamerin motor buat gengsi-gensian. Pasar motor sport premium itu cuma 9%. Yamaha nyebur ke situ abis-abisan juga gak bakal ngatrol penjualan. Paling-paling cuma bisa nyumbang 1-2% buat pasar sport. Jujur aja Yamaha sedang empot-empotan nahan matic supaya tetap numero Uno. Keluarga Meong susah untuk dikatrol lagi. Apalagi kalo bulan Agustus besok kapasitas Beat-Vario-Vario CBS digenjot Honda ke 100ribuan. bisa dikudeta tuh! Makanya strategi mempertahankan market share di kisaran 43-45% nasional, adalah morotin bebek Honda (yang masih jawara) dengan motor sport cc kecil, fitur gak jadul-jadul amat, tapi model mbohay dan harga hanya selisih dikit dengan bebek premium. Dijamin rakyat bebek pade kepincut nyemplak Kebo eh Byson. Kalau dilawan pake bebek Yamaha, duh gak ku.. ku .. Yamaha mau bilang ke Honda, “loe goyang si Meong gue, gua porotin bebek loe!” he he he.
yah udah di tunggu aja apa yg keluar besok heheheheheheh
yamaha emang paling yahut di model bodynya. ga bisa yang ngalahin deh di indonesia.
Jd yg bagus mana nich
Ymh apa hnd?
Les mode on
yo mes yamaha cuiiii….keren bos…lebih memenuhi syarat masyarakat indonesia…
tul gak bro2 n sis2…..
peace ya pecinta honda harusnya mikir pakai otakkkkk…..peace… 😀
Ya thu bruan dkLuarin Byson nya . .
Biar w bs juaL Vixion w trUz beLi thu Byson . .
MoDeL ny MuUuANtap . .
Tp jgn paKe iNdEn lama ya . .
Kyk VixioN w iNden 1 bLn leBih . .
YaMahA sLaLu TeRdepan..
SaLam BikerS , ,
Cakep, kayak moge.
Sportbike AHM saatnya dilupakan (kalo fz ni bener2 nongol)
waduh2 bingung..kemaren barusan masih bau dealer Vixi gw.eh..eh.. eFZet nongol wah2 gmn neh nurutin motor life style jadi kuruz nih body.. salut yamaha selalu berDesign Buagus …daripade yang merk laen2 wiuh BINGUNG…!!!
vixion ma fz 16 ga boleh dicompare….orang satu bendera kok …yamaha gitu lho
well done & Two Thumbs Up for Yamaha. semakin di depan aje ye.
FZ16 Ok jg buat turring, kapasitas tangki yang gede, tenaga ngga terlalu besar.
kan sekarang mah klo turring ga kebut2an. jd pas buat turring jakarta-bandung
wahh ternyata benar motor yang saya liat ituh punya yamaha yang sedang di uji di jalan dengan plat nomor berwarna putih B…..XX
awalnya saya kira ituh vixion karena dari suara knalpotnya mirip dengan vixion secara saya penunggang vixi.. namun setelah saya liat dari belakang dan seksama ternyata bukan. buritan belakag agak mirip dengan tiger revo namun spakbor nya berbeda.. lalu saya mencoba mendekatinya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, untuk mencari buatan apa atau lambang produk apa namun motor tersebut masih polos tnpa ada lambang dari atpm apa.. buat arm belakangnya lebih besar dari pada vixi dan hampir mirip dengan punya nya scorpio.. untuk rem belakangnya masih tromol..untuk spedometernya klau saya tidak salah liat digital dan ada penunjuk jarumnya mungkin lebih mirip seperti suzuki satria 150f digital untuk kec. jarumnya untuk rpm nya… body nya lebih besar dan keker dari pada vixi.. mudah2an saja ituh benar produk yang akan di kluarkan oleh yamaha selanjutnya krna mnrut saya motornya pun sangat baik dan bagus dari segi penampilan dan mesinnya…
ayo dunk YMKI segera di launching jagoan barunya,Surabaya udah inden 150 neh
yamaha semakin terdepan………yamaha till death,he….kapan kepastiannya di launching??????????????????????????
Buruan donk,Fz 16 segera di pasarkan…ada yang mw beli ni…dah gak sabar!
buruan Fz 16 segera di Launching,jgn lama-lama….
coba FZ 16 pake teknologi v-ixion… bakal keren banget…
harga kyak tiger pun saya mau…
waduhh kapan nih launching di bandung,.kebelt nih pengen meluk FZ16