Beranda > Informasi, Marketing, Motor > Bajaj Stop Produksi Skuter, TVS Malah Tambah Line-Up

Bajaj Stop Produksi Skuter, TVS Malah Tambah Line-Up

Bajaj Kristal

Maret tahun depan Bajaj Auto akan menghentikan produksi skuternya di India. Dikutip dari mumbai mirror Bajaj mengalami penurunan pasar sebesar 57% pada delapan bulan pertama tahun ini. Satu-satunya line-up skuter Bajaj saat ini yaitu Kristal hanya diproduksi untuk pasar ekspor. Kondisi ini dinilai tidak layak bagi Bajaj untuk meneruskan bisnis di segmen skuter.

Masih terkait dengan Bajaj India, Bajaj Auto Indonesia sendiri tidak berniat memasukkan skuter ke line-up mereka (detik oto). Barangkali ini semacam sinergi dengan perusahaan induk yang melihat prospek skuter tidak cerah.

Tambahan lagi adalah pernyataan Bajaj soal perusahaan mereka:

“If we are to be a motorcycle specialist, we cannot make scooters.”

Sama ya dengan sikap Bajaj Auto Indonesia (BAI)?

Sedangkan sesama pabrikan India, TVS malah menambah line-up skuter mereka dengan meluncurkan TVS Wego bulan lalu. Wego melengkapi jajaran skuter “Scooty” yang sudah ada sebelumnya. Dengan kedatangan Wego ini TVS menjadi produsen India dengan line-up skuter terbanyak.

TVS Wego

Berlawanan dengan BAI yang enggan bermain skuter di Indonesia, TVS Indonesia malah berencana memasukkan skuter ke Indonesia. Hal ini sepertinya sejalan dengan pandangan TVS India yang menganggap prospek jualan skuter cerah.

Idem dengan TVS, Hero Honda juga menganggap segmen skuter menjanjikan dan berencana meningkatkan kapasitas produksi skuter mereka : Pleasure. Begitu juga dengan Suzuki dan Mahindra Kinetic yang baru saja meluncurkan skuter baru mereka. Yamaha India juga berencana masuk ke segmen garapan ini.

  1. Desember 30, 2009 pukul 9:39 am

    sekali nulis langsung rame ya bro .

  2. Desember 30, 2009 pukul 2:30 pm

    tpi kok aneh ya modelnya……sory to say!

  3. Evan
    Desember 30, 2009 pukul 3:31 pm

    kok kayak model2 skitik korea yak??
    cmiiw

  4. Desember 30, 2009 pukul 5:07 pm

    @mario
    kayaknya masih bagusan Yamaha ya om? ngiklan..ngiklan..
    wekekekekekekekekekek…..

  5. SkyrideR
    Desember 31, 2009 pukul 8:01 am

    ring 12 ya..? cuma buat ke pasar donk. klo harga di atas 10jt, ng laku deh. mending mio aja. ya kan om mario..? gw abis ambil mio putih standart lho. biar kayak pak dokter.

  6. Evan
    Desember 31, 2009 pukul 10:34 pm

    Utk semua pengunjung blog, komentator, n yg empunya blog,
    saya mengucapkan “SELAMAT TAHUN BARU 2010” semoga di tahun yg baru dpt kita lewati dgn semangat baru🙂

  7. Januari 1, 2010 pukul 11:47 am

    bentuknya mirip sepeda listrik punya tetangga saia.. he:mrgreen:

  8. penerjemah a.k.a arif rakhman
    Januari 3, 2010 pukul 10:37 am

    hm, ada alternatif… tapi kalo jadi diluncurin di Indonesia, bakal jadi “korban” ledekan.. yang lain jadul ah… gak ya?…

  9. Januari 12, 2010 pukul 9:32 am

    Setelah berhasil mempertahankan takhta sebagai pemimpin pasar motor nasional tahun lalu, kini PT Astra Honda Motor (AHM) siap memecahkan rekor baru pada 2010. Mereka berupaya, penjualan bisa menembus 3 juta unit atau naik 11 persen dari tahun lalu (2,7 juta unit).

    Julius Aslan, Direktur Pemasaran AHM, menjelaskan bahwa pasar motor nasional setidaknya akan naik sekitar 7 persen menjadi 6,2 juta unit dari tahun lalu 5,8 juta unit. Prediksi ini diamini Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Shinduwinata yang justru lebih optimistis.

    “Tren pasar otomotif itu selalu mengacu pada target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah, baik mobil maupun motor. Kalau pemerintah menargetkan 5,5 persen maka pasar motor juga akan naik sekitar 11 persen tahun ini,” ujar Gunadi kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2010).

    Julius menambahkan, prediksi pasar yang dilakukan AHM memang lebih rendah ketimbang AISI karena akan ada kecenderungan kenaikan suku bunga pada pertengahan tahun. Pasar motor yang 70 persen ditopang penjualan dengan skema kredit bisa berpengaruh negatif. “Pasar akan tetap tumbuh, tapi kita pakai angka konservatif sajalah,” kata Julius.

    Terkait persiapan ATPM tahun ini, AHM bakal melepas berbagai model baru untuk mendongkrak penjualan. Namun, mereka enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai produk-produk baru. “Saya tidak dapat menyebut di sini karena kompetitor nanti bakal tahu strategi kami,” ungkap Julius.

    Sepanjang 2010, target AHM adalah menguasai pangsa pasar 47 persen atau meningkat dari tahun lalu (46,1 persen). Sementara itu, hingga akhir 2009, AHM masih menduduki posisi teratas

  10. Januari 15, 2010 pukul 10:25 am

    @atas
    kok cm naek 1% pangsa pasar?
    target 10 gt… kok cm 1..

    dah kaya jaman Orba.. bangga dengan masa lalu..
    tatap masa depan dong..

    tar kaya si pohon beringin, terpaku pada masa lalu.. jadinya tumbang.

  11. September 4, 2010 pukul 12:42 pm
  12. Oktober 2, 2010 pukul 8:01 pm

    MODeLnYA … EnGGa BANget DecH, TAPi kLO WarNanYA YAnG goLD BAgUS

    ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID

  13. Aank wijaya
    November 1, 2010 pukul 1:52 pm

    ya neh…ngapain juga coba nambah line-up!!!
    mahal-mahal buat harga ntar ga laku sepi degh pembelinya!!!
    hehehe…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: