Kenapa Isi Bensin di Shell Harus Turun?
Brother semua yang pernah mengisi bensin di SPBU Shell mungkin pernah mengalami ini terutama yang memakai motor sport.
Kebiasaan penyemplak bebek bersama Pertamina adalah iri melihat penunggang motor sport tidak perlu repot-repot turun dari motor kalau isi bensin. Maklum tangki motor sport yang ada di depan memudahkan pengisian tanpa harus membuka jok. Kebiasaan ini jadi bahan jualan buat produsen motor bebek tertentu, ingat Kanzen Taurus, Kawasaki Athlete dan ZX 130?
Tapi begitu masuk ke SPBU Shell semua sama rata-sama-rasa. Mau bebek-mau sport semua harus turun dari jok bila mengisi bensin.
Cukup bingung juga saat diminta petugas untuk turun dari motor sebelum mengisi bensin. Kenapa ya?
Usul-punya usul ternyata turun dari motor adalah prosedur standar di SPBU Shell. Alasannya adalah oktan tinggi dari bensin Shell bisa merusak bahan pakaian. Selain itu bila terjadi kebakaran pengendara bisa langsung menyelamatkan diri, tentunya menyelamatkan (maaf) selangkangan anda dari cipratan bensin .
Bagaimana dengan di Pertamina, secara oktan Pertamax dan Pertamax Plus sama dengan jualan Shell? Prosedur ini sepertinya ada benarnya juga walaupun kalau memang terjadi kebakaran pasti tangki akan cepat meledak sehingga kesempatan melarikan diri akan sulit.
Tapi kalau di semua SPBU begitu wah bisa-bisa Taurus, Athlete, ZX130 dan matik-matik Kymco kehilangan satu nilai jual dong???
brarti perhatian shell ma masalah selangkangan(maaf) bener2 jeli yak!!! good!!!
kalo bisa gampang kenapa susah2 sih (hehe indonesia banget)
Lu tau sendiri kan orang-orang bule paling perhatian sama yang namanya selangkangan. Tinggal nih yang orang orang melayu cuma bisanya niru. apa kata org bule dianggap baik. Punya pendirian dong
belum perna ngisi di shell,soale ga da spbunya.wkwk
Artikel yang menarik
turun beberapa menit dari motor aja demi keselamatan ga papa khan?. lagian itung2 ngademin pantat yang beberapa lama riding, ngurangin resiko ambeien, buat kesehatan jugag khan.
sama kayak nunggu palang pintu kereta naik setelah lewat
sama kayak nunggu lampu traffic light bener2 ijo
sama kayak berhenti di blkng garis putih
sama kayak bersabar melalaui jalan yang ditentukan, tanpa harus lewat trotoar atau jalur busway.
saatnya masyarakat indonesia sadar dan peduli, jangan norak.
Setuju bgt dengan agan satu ini!!
Saya pernah nanya ke petugasnya dan jawabannya yaitu untuk menghindari kemungkinan terjadinya listrik statis akibat gesekan antara Celana (pakaian) dengan jok atau tangki.
Ada bagusnya juga prosedur itu, itu namanya safety dan jgn dianggap sepele lho.
Kan kawak zx130 lubang tangkinya di depan tebeng/di depan atas headlamp persis, jadi gak perlu turun. Ngomong-ngomong kalo bensin shell kena baju bikin rusak baju, berarti dampak negatif pada tangki bila sudah lama menggunakan bensin shell bisa saja tangki itu kropos/ bolong, mirip isu pertamax bisa bikin bolong tangki dulu…
Spbu pertamina ama petronas gak perlu turun dari motor, entah spbu total soalnya blom pernah nyobain.Cuman sayangnya klo di Shell, yg pake mobil dpt fasilitas kaca dpn dibersihkan, kalo motor kagak dpt, kudunya sih dpt fasilitas kaca helm dibersihkan 😀
Baru tau saya.
Thank’s bro wat info ny..
Maklum spbu shell jauh dr tmpt saya.
@all
Tambahan lagi nih kalo kita mau bawa bensin pakai jerigen harus pakai jerigen kaleng dari mereka (dipinjamkan) karena angka oktan yang tinggi bisa berkurang kalau pakai jerigen biasa…
shell itu ibarat mbahnya HSE . . .
jadi SOP pengerjaan segala sesuatu sudah teruji, soale berhubungan dengan nyawa kita aja yang suka nyepelein safety ( aku juga kadang2 se . . . hiks )
keep brotherhood,
salam,
4 all :
itu semua demi keselamatan anda2 pengendara motor roda 2 khususnya ,,,,,
so mulai sekarang harus kita tanamkan kata ” MULAI-LAH TUMBUHKAN KESADARAN ”
di awali dari diri kita sendiri,,,,,
Saya yakin dengan begitu kehidupan kita akan NYAMAN, AMAN & DAMAI serta SEJAHTERA ,,,,,
” Tambahan lagi nih kalo kita mau bawa bensin pakai jerigen harus pakai jerigen kaleng dari mereka (dipinjamkan) karena angka oktan yang tinggi bisa berkurang kalau pakai jerigen biasa… ”
Mos0′ siechh?
Pa’, kpan kundure?
thanks untuk info nya…..
@Laksito
Penjelasan yang dari sana sih, CMIIW kalau ada yang punya tinjauan kimia mohon nimbrung hehehe
Iya tuh waktu ngisi di shell liat ada larangan untuk duduk di motor ketika mengisi bensin, udah ku foto tinggal upload dan bikin thread di forum eh keduluan kang fanderlart
peraturan konyol tapi benar adanya 🙂
kalo gak mau turun ya jangan ngisi dishell, kek gw 🙂 ngisi pertamina aja itung2 cinta produk dalam negeri dan bisa ngisi sambil ngangkang :p
Cinta produk dlm negeri tp pertamina ga cinta ke qta gan, coba deh isi premium 3 bln kuras pasti kek comberan isinya. Pertamax sama aja msh ada residu + air. Tp look at the bright side beli bensin di pertamina dpt BONUS RESIDU & AIR rotfl
ooo jadi githu tho he he he eh aku baru tau alasan SOP shell ini
Betul kata Bpk Presiden..RK 🙂
Kalo gak mau repot turun.. jgn isi di pom Shell. Toh pertamax harganya sama.. dan yg pasti Pom Pertamina “lebih mengerti kebiasaan para bikers” drpd Pom Shell yg “sok safety” pdhl takut yg beli bensin tiba2 kabur tancap gas tanpa membayar..qiqiqiqiqi 😀
*Beli bensin gitu aja kok Repot..
Gw tambahin gan, klo mau takaran kurang, kualitas krg (bbm-nya & pelayanan) monggo ke pertamina rotfl
oh ngana tha critonyo
PERTAMINA CINTA INDONESIA
Berarti cinta KORUPTOR rotfl
bukannya ga cinta pertamina, tapi pertamina tuh ga bisa nerapin satu standar pelayanan untuk semuanya. ada yang hati2 banget ketika ngankat nozel dari tangki, ada yang asal2 sampe muncrat semua bensin ke tangki (POM BENSIN DI CASABLANCA YANG DEKET ATM MANDIRI), parah banget! gada lap pula, dan pernah ngisi di situ gue harus ngambil bon bensinnya SENDIRI KE KANTOR! walhasil gue maki2 lah tuh orang2 pom bensin. mereka minta maaf, dan ngasih gue DUA BON (BUAT APAAA???) dan masih banyak lagi contoh kenapa gue kadang aga males ngisi di PERTAMINA. bukan ga cinta produk dalem negri, tapi tolong laah.. kadang ada juga pom bensin yang sok tegas, ngliat antrian motor yang udah segitu panjang dan pom yang lain kosong (buat mobil), mereka cuek ajah loh! BODOH!! apa salahnya sih sementara dialihkan ke pom yang kosong. baru nanti di kembalikan lagi. selain itu juga bicara kualitas.. hadooohh.. cape!
oh iya, satu lagi.. setau gue isu soal bensin oktan tinggi bisa ngrusak tangki itu bener2 bullshit deh. gue rasa perusahaan sebesar pertamina, shell, total, ato petronas pastu udah bikin riset tentang reaksi bahan bakar dan kimia yang dikandungnya terhadap metal container seperti tanki bensin. tapi emang ada beberapa jenis motor yang kualitas tangki bensinya rendah banget. pernah terjadi kasus tangki motor sebuah jenis motor sport yang (nyaris) bolong terekspos untuk beberapa saat oleh steam cucian motor. (kebetulan ade punya usaha cuci motor dan hal itu pernah dibuktiin). jadi menurut gue bukan salah bahan bakarnya, tapi emang kualitas tankinya. dan rajin2 lah merawat tanki bahan bakar, dibersihin dan diperiksa korosinya. heheh..
wah baru tau gan, soalnya ga pernah isi di sell, tapi bentar lagi ada di depan gang kosan mo berdiri 😀
nice info 🙂
Ga papa sih kalo emang sop gitu tapi buat anak harley berlaku ga seeh?
jujur saja
gw sebenarnya cinta sama produsen dalam negeri, tp sepertinya sebagai konsumen kita juga bebas untuk memilih dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Bayangkan saja beberapa kali gw ngisi bensin di Perxxxxx yg ngisi selalu ogah2n..ngga lihat bensinya meluber apa ngga, terus ngga ada senyum sama sapaan ramah sama sekali..emangnya pembeli yg kudu ramah karena butuh bensin???
Ini nih yg gw dptkan dari shell..pelayanan yg ramah, kwalitas oktan yg lebih tinggi (berdasarkan pendapat teman2 dan searching di google). memang sih denger2 dari teman2 yg jaga POM shell..mereka selalu mendapat pengarahan dari atasan soal melayani konsumen..
So…pilihan terserah anda.
Tapi yg pasti setiap konsumen tentu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal dari penjual bukan 🙂
Betul bgt gan!!
Menurut temen sy yang kerja d perusahan minyak, ternyata Shell juga belinya dari pertamina.ha
Klo beli dr pertamina ga mungkin gan, tp klo pun iya gw yakin pasti mereka isinya lain (kandungan kimiawinya). Liat di forum HTML yg masalah tangki bensin, premium kotor bgt kek comberan, pertamax msh ada residu & air, shell ada air tp sedikit. Jd klo mau motor/mobil rusak monggo isi di pertamina
kapan tuh pertamina punya standar kerja spt shell??? setuju kalo harus turun demi keamanan… kita mesti mencontoh perusahaan yang sudah menDUNIA.. kapan negara kita mw maju kalo gk belajar dari perusahaan yg besar???
Yang penting selain SOPnya yang ngisi bensin atawa petugasnya harus cantik biar semuanya pada mau turun dari jok trus ajak ngobrol tukeran nomor HP
selamatkan selangkangan dan isinya
pantesan, ane sempet tanya juga tapi dia cuman jawab ini prosedur pak, pas di tanya kelanjutanya cuman bilang “ini prosedur pak”
ya pertamina aja deh,kawasaki athlet
motor sport,kawasaki ahtlet,zx130,kanzen,berati biar ga mubajir pertamina aja deh,pertamax,gituloh,,,,
Kalau kena selangkangan bisa iritasi ya Gan?
he he he
Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!
Mas fanderlart..emang kreatif! info bagus, than q…di bdg walaupun ada shell…tapi lom nyoba aja nehh….tentang SOP harus turun perlu di test nih..btw..per liternya brapa bro?…(Cmiwww…ga gaulz)
BErarti POm BEnsIN SHeLL LEbIH MEnguTAMAkaN KEseLAMAtaN
ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID
Kalo idenya emang safety suruh donk tuh Mobil BUS yang ngisi BBM di Sheel Penumpangnya turun semua + sediain ayunan buat anak anak. Begitu juga mobil-mobil lainnya kalo ngisi bensin luh semua turun mobil. tanpa terkecuali…..
Alasan safety gak masuk akal buat gue.