Beranda > Informasi, Motor > Kenapa Isi Bensin di Shell Harus Turun?

Kenapa Isi Bensin di Shell Harus Turun?

Brother semua yang pernah mengisi bensin di SPBU Shell mungkin pernah mengalami ini terutama yang memakai motor sport.

Kebiasaan penyemplak bebek bersama Pertamina adalah iri melihat penunggang motor sport tidak perlu repot-repot turun dari motor kalau isi bensin. Maklum tangki motor sport yang ada di depan memudahkan pengisian tanpa harus membuka jok. Kebiasaan ini jadi bahan jualan buat produsen motor bebek tertentu, ingat Kanzen Taurus, Kawasaki Athlete dan ZX 130?

Tapi begitu masuk ke SPBU Shell semua sama rata-sama-rasa. Mau bebek-mau sport semua harus turun dari jok bila mengisi bensin.

Cukup bingung juga saat diminta petugas untuk turun dari motor sebelum mengisi bensin. Kenapa ya?

Usul-punya usul ternyata turun dari motor adalah prosedur standar di SPBU Shell. Alasannya adalah oktan tinggi dari bensin Shell bisa merusak bahan pakaian. Selain itu bila terjadi kebakaran pengendara bisa langsung menyelamatkan diri, tentunya menyelamatkan (maaf) selangkangan anda dari cipratan bensin :mrgreen: .

Bagaimana dengan di Pertamina, secara oktan Pertamax dan Pertamax Plus sama dengan jualan Shell? Prosedur ini sepertinya ada benarnya juga walaupun kalau memang terjadi kebakaran pasti tangki akan cepat meledak sehingga kesempatan melarikan diri akan sulit.

Tapi kalau di semua SPBU begitu wah bisa-bisa Taurus, Athlete, ZX130 dan matik-matik Kymco kehilangan satu nilai jual dong???

Iklan
Kategori:Informasi, Motor Tag:, ,
  1. Desember 28, 2009 pukul 5:41 pm

    brarti perhatian shell ma masalah selangkangan(maaf) bener2 jeli yak!!! good!!!

  2. Desember 28, 2009 pukul 7:16 pm

    kalo bisa gampang kenapa susah2 sih (hehe indonesia banget)

    • sundoro
      Juli 28, 2010 pukul 9:19 pm

      Lu tau sendiri kan orang-orang bule paling perhatian sama yang namanya selangkangan. Tinggal nih yang orang orang melayu cuma bisanya niru. apa kata org bule dianggap baik. Punya pendirian dong

  3. Desember 28, 2009 pukul 10:43 pm

    belum perna ngisi di shell,soale ga da spbunya.wkwk :mrgreen:

  4. Desember 28, 2009 pukul 11:27 pm

    Artikel yang menarik

  5. Redbugs
    Desember 29, 2009 pukul 8:17 am

    turun beberapa menit dari motor aja demi keselamatan ga papa khan?. lagian itung2 ngademin pantat yang beberapa lama riding, ngurangin resiko ambeien, buat kesehatan jugag khan.

    sama kayak nunggu palang pintu kereta naik setelah lewat
    sama kayak nunggu lampu traffic light bener2 ijo
    sama kayak berhenti di blkng garis putih
    sama kayak bersabar melalaui jalan yang ditentukan, tanpa harus lewat trotoar atau jalur busway.

    saatnya masyarakat indonesia sadar dan peduli, jangan norak.

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 9:56 am

      Setuju bgt dengan agan satu ini!!

  6. Desember 29, 2009 pukul 10:33 am

    Saya pernah nanya ke petugasnya dan jawabannya yaitu untuk menghindari kemungkinan terjadinya listrik statis akibat gesekan antara Celana (pakaian) dengan jok atau tangki.

  7. Desember 29, 2009 pukul 11:12 am

    Ada bagusnya juga prosedur itu, itu namanya safety dan jgn dianggap sepele lho.

  8. Gendown
    Desember 29, 2009 pukul 2:19 pm

    Kan kawak zx130 lubang tangkinya di depan tebeng/di depan atas headlamp persis, jadi gak perlu turun. Ngomong-ngomong kalo bensin shell kena baju bikin rusak baju, berarti dampak negatif pada tangki bila sudah lama menggunakan bensin shell bisa saja tangki itu kropos/ bolong, mirip isu pertamax bisa bikin bolong tangki dulu…

  9. jeffry
    Desember 29, 2009 pukul 3:29 pm

    Spbu pertamina ama petronas gak perlu turun dari motor, entah spbu total soalnya blom pernah nyobain.Cuman sayangnya klo di Shell, yg pake mobil dpt fasilitas kaca dpn dibersihkan, kalo motor kagak dpt, kudunya sih dpt fasilitas kaca helm dibersihkan πŸ˜€

  10. Mr_lOng'S
    Desember 29, 2009 pukul 4:24 pm

    Baru tau saya.
    Thank’s bro wat info ny..

    Maklum spbu shell jauh dr tmpt saya.

  11. Desember 29, 2009 pukul 4:53 pm

    @all

    Tambahan lagi nih kalo kita mau bawa bensin pakai jerigen harus pakai jerigen kaleng dari mereka (dipinjamkan) karena angka oktan yang tinggi bisa berkurang kalau pakai jerigen biasa…

  12. sabdho guparman
    Desember 29, 2009 pukul 6:16 pm

    shell itu ibarat mbahnya HSE . . .
    jadi SOP pengerjaan segala sesuatu sudah teruji, soale berhubungan dengan nyawa kita aja yang suka nyepelein safety ( aku juga kadang2 se . . . hiks )

    keep brotherhood,

    salam,

  13. ibhenk 045
    Desember 30, 2009 pukul 1:22 pm

    4 all :

    itu semua demi keselamatan anda2 pengendara motor roda 2 khususnya ,,,,,
    so mulai sekarang harus kita tanamkan kata ” MULAI-LAH TUMBUHKAN KESADARAN ”
    di awali dari diri kita sendiri,,,,,

    Saya yakin dengan begitu kehidupan kita akan NYAMAN, AMAN & DAMAI serta SEJAHTERA ,,,,,

  14. Laksito
    Desember 30, 2009 pukul 4:26 pm

    ” Tambahan lagi nih kalo kita mau bawa bensin pakai jerigen harus pakai jerigen kaleng dari mereka (dipinjamkan) karena angka oktan yang tinggi bisa berkurang kalau pakai jerigen biasa… ”

    Mos0′ siechh?

    Pa’, kpan kundure?

  15. Desember 30, 2009 pukul 8:15 pm

    thanks untuk info nya…..

  16. Desember 30, 2009 pukul 9:35 pm

    @Laksito

    Penjelasan yang dari sana sih, CMIIW kalau ada yang punya tinjauan kimia mohon nimbrung hehehe

  17. Rizqi1010
    Desember 31, 2009 pukul 12:38 pm

    Iya tuh waktu ngisi di shell liat ada larangan untuk duduk di motor ketika mengisi bensin, udah ku foto tinggal upload dan bikin thread di forum eh keduluan kang fanderlart

  18. Januari 4, 2010 pukul 8:48 pm

    peraturan konyol tapi benar adanya πŸ™‚

  19. Januari 7, 2010 pukul 12:52 pm

    kalo gak mau turun ya jangan ngisi dishell, kek gw πŸ™‚ ngisi pertamina aja itung2 cinta produk dalam negeri dan bisa ngisi sambil ngangkang :p

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 10:10 am

      Cinta produk dlm negeri tp pertamina ga cinta ke qta gan, coba deh isi premium 3 bln kuras pasti kek comberan isinya. Pertamax sama aja msh ada residu + air. Tp look at the bright side beli bensin di pertamina dpt BONUS RESIDU & AIR rotfl

  20. Januari 9, 2010 pukul 12:38 pm

    ooo jadi githu tho he he he eh aku baru tau alasan SOP shell ini

  21. CB Rawit
    Januari 14, 2010 pukul 9:24 pm

    Betul kata Bpk Presiden..RK πŸ™‚
    Kalo gak mau repot turun.. jgn isi di pom Shell. Toh pertamax harganya sama.. dan yg pasti Pom Pertamina “lebih mengerti kebiasaan para bikers” drpd Pom Shell yg “sok safety” pdhl takut yg beli bensin tiba2 kabur tancap gas tanpa membayar..qiqiqiqiqi πŸ˜€
    *Beli bensin gitu aja kok Repot..

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 10:07 am

      Gw tambahin gan, klo mau takaran kurang, kualitas krg (bbm-nya & pelayanan) monggo ke pertamina rotfl

  22. Lord Ubay
    Februari 2, 2010 pukul 9:46 am

    oh ngana tha critonyo

  23. donadoni
    Februari 5, 2010 pukul 1:29 am

    PERTAMINA CINTA INDONESIA

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 10:16 am

      Berarti cinta KORUPTOR rotfl

  24. benji
    Februari 8, 2010 pukul 10:17 pm

    bukannya ga cinta pertamina, tapi pertamina tuh ga bisa nerapin satu standar pelayanan untuk semuanya. ada yang hati2 banget ketika ngankat nozel dari tangki, ada yang asal2 sampe muncrat semua bensin ke tangki (POM BENSIN DI CASABLANCA YANG DEKET ATM MANDIRI), parah banget! gada lap pula, dan pernah ngisi di situ gue harus ngambil bon bensinnya SENDIRI KE KANTOR! walhasil gue maki2 lah tuh orang2 pom bensin. mereka minta maaf, dan ngasih gue DUA BON (BUAT APAAA???) dan masih banyak lagi contoh kenapa gue kadang aga males ngisi di PERTAMINA. bukan ga cinta produk dalem negri, tapi tolong laah.. kadang ada juga pom bensin yang sok tegas, ngliat antrian motor yang udah segitu panjang dan pom yang lain kosong (buat mobil), mereka cuek ajah loh! BODOH!! apa salahnya sih sementara dialihkan ke pom yang kosong. baru nanti di kembalikan lagi. selain itu juga bicara kualitas.. hadooohh.. cape!

  25. benji
    Februari 8, 2010 pukul 10:24 pm

    oh iya, satu lagi.. setau gue isu soal bensin oktan tinggi bisa ngrusak tangki itu bener2 bullshit deh. gue rasa perusahaan sebesar pertamina, shell, total, ato petronas pastu udah bikin riset tentang reaksi bahan bakar dan kimia yang dikandungnya terhadap metal container seperti tanki bensin. tapi emang ada beberapa jenis motor yang kualitas tangki bensinya rendah banget. pernah terjadi kasus tangki motor sebuah jenis motor sport yang (nyaris) bolong terekspos untuk beberapa saat oleh steam cucian motor. (kebetulan ade punya usaha cuci motor dan hal itu pernah dibuktiin). jadi menurut gue bukan salah bahan bakarnya, tapi emang kualitas tankinya. dan rajin2 lah merawat tanki bahan bakar, dibersihin dan diperiksa korosinya. heheh..

  26. Februari 12, 2010 pukul 2:07 pm

    wah baru tau gan, soalnya ga pernah isi di sell, tapi bentar lagi ada di depan gang kosan mo berdiri πŸ˜€
    nice info πŸ™‚

  27. fery hd
    Maret 15, 2010 pukul 11:03 pm

    Ga papa sih kalo emang sop gitu tapi buat anak harley berlaku ga seeh?

  28. Maret 23, 2010 pukul 12:03 pm

    jujur saja
    gw sebenarnya cinta sama produsen dalam negeri, tp sepertinya sebagai konsumen kita juga bebas untuk memilih dan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Bayangkan saja beberapa kali gw ngisi bensin di Perxxxxx yg ngisi selalu ogah2n..ngga lihat bensinya meluber apa ngga, terus ngga ada senyum sama sapaan ramah sama sekali..emangnya pembeli yg kudu ramah karena butuh bensin???

    Ini nih yg gw dptkan dari shell..pelayanan yg ramah, kwalitas oktan yg lebih tinggi (berdasarkan pendapat teman2 dan searching di google). memang sih denger2 dari teman2 yg jaga POM shell..mereka selalu mendapat pengarahan dari atasan soal melayani konsumen..

    So…pilihan terserah anda.
    Tapi yg pasti setiap konsumen tentu ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal dari penjual bukan πŸ™‚

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 9:59 am

      Betul bgt gan!!

  29. Kuz
    April 17, 2010 pukul 2:58 pm

    Menurut temen sy yang kerja d perusahan minyak, ternyata Shell juga belinya dari pertamina.ha

    • chemonx
      Desember 1, 2010 pukul 10:04 am

      Klo beli dr pertamina ga mungkin gan, tp klo pun iya gw yakin pasti mereka isinya lain (kandungan kimiawinya). Liat di forum HTML yg masalah tangki bensin, premium kotor bgt kek comberan, pertamax msh ada residu & air, shell ada air tp sedikit. Jd klo mau motor/mobil rusak monggo isi di pertamina

  30. rudi
    Mei 23, 2010 pukul 8:55 pm

    kapan tuh pertamina punya standar kerja spt shell??? setuju kalo harus turun demi keamanan… kita mesti mencontoh perusahaan yang sudah menDUNIA.. kapan negara kita mw maju kalo gk belajar dari perusahaan yg besar???

  31. mbah Tresno
    Mei 27, 2010 pukul 12:45 pm

    Yang penting selain SOPnya yang ngisi bensin atawa petugasnya harus cantik biar semuanya pada mau turun dari jok trus ajak ngobrol tukeran nomor HP

  32. jay
    Juni 4, 2010 pukul 10:49 am

    selamatkan selangkangan dan isinya

  33. sumarlinputra
    Juni 7, 2010 pukul 6:55 pm

    pantesan, ane sempet tanya juga tapi dia cuman jawab ini prosedur pak, pas di tanya kelanjutanya cuman bilang “ini prosedur pak”

  34. Juni 17, 2010 pukul 3:47 pm

    ya pertamina aja deh,kawasaki athlet

  35. Juni 17, 2010 pukul 3:52 pm

    motor sport,kawasaki ahtlet,zx130,kanzen,berati biar ga mubajir pertamina aja deh,pertamax,gituloh,,,,

  36. Juli 25, 2010 pukul 9:37 pm

    Kalau kena selangkangan bisa iritasi ya Gan?

    he he he

    Salam Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy!!!

  37. Agustus 19, 2010 pukul 7:29 am

    Mas fanderlart..emang kreatif! info bagus, than q…di bdg walaupun ada shell…tapi lom nyoba aja nehh….tentang SOP harus turun perlu di test nih..btw..per liternya brapa bro?…(Cmiwww…ga gaulz)

  38. Oktober 2, 2010 pukul 8:06 pm

    BErarti POm BEnsIN SHeLL LEbIH MEnguTAMAkaN KEseLAMAtaN

    ArmSTROng_PROduct@YahoO.co.ID

  39. ahonk
    Oktober 17, 2012 pukul 10:32 pm

    Kalo idenya emang safety suruh donk tuh Mobil BUS yang ngisi BBM di Sheel Penumpangnya turun semua + sediain ayunan buat anak anak. Begitu juga mobil-mobil lainnya kalo ngisi bensin luh semua turun mobil. tanpa terkecuali…..
    Alasan safety gak masuk akal buat gue.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: