Beranda > Informasi, Motor, Safety Riding > Belok Kiri Langsung…TILANG!!!

Belok Kiri Langsung…TILANG!!!

Ah masih ingat dulu pernah tanya-jawab dengan pak pulisi polisi tentang ketentuan belok kiri langsung. Katanya belok kiri di seluruh Indonesia boleh langsung kecuali ada tanda ikuti lampu lalu lintas. Dan memang sih selama ini di jalanan, lajur kiri adalah lajur keramat, kalau di perempatan ndak boleh ditempati kecuali yang mau belok, nekat? Siap-siap aja diklakson dari belakang (atau malah diseruduk).

Sekarang tidak lagi…

Menurut UU no 22 Tahun 2009 pasal 112, belok kiri langsung adalah pelanggaran

Pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Kebalikan dari yang dulu dong???

Sebabnya adalah untuk melindungi pejalan kaki yang ingin menyeberang. Seringkali para pejalan kaki kesulitan menyeberang karena kendaraan yang belok tidak berhenti.

Nah bagi anda yang kurang familiar bersiap-siaplah beradaptasi sebab denda yang diberikan adalah Rp 250ribu. Berhati-hati juga karena anda bisa jadi sasaran empuk pak polisi yang bersembunyi di balik pohon :mrgreen:

Butuh sosialisasi

Namanya juga peraturan, apalagi yang berhubungan soal kebiasaan pengguna jalan butuh sosialisasi yang mantap supaya para pengendara tidak kaget. Saran saya sih untuk pertama jangan tilang dulu, bagi pelanggar kasih peringatan dulu sampai batas tanggal tertentu. Lalu sosialisasi lewat media massa perlu juga, koran, tv, spanduk, dll…

Jangan sampai peraturan baru malah jadi lahan nambah uang saku ya…

Iklan
  1. V-ultimateride
    Oktober 22, 2009 pukul 4:37 pm

    Karena Klo belok kiri gak ada dagang pertamaxxx

  2. Tulus Budi
    Oktober 22, 2009 pukul 4:42 pm

    wahhh bakalan banyak yg ketilang nehhh….

  3. Plat_R
    Oktober 22, 2009 pukul 4:54 pm

    sengaja ga diexpose biar pak pulisi dapat banyak mangsa…

  4. anton_ks
    Oktober 23, 2009 pukul 12:02 am

    inget dulu waktu ada perubahan jalur, yg dulunya satu jalur ke arah timur jadi satu jalur ke arah barat, karna nggak ada sosialisasi (meski ada tanda ferboden) gw nggak ngerti masuk aja setelah parkir pak pol lsg datang main sita kunci kontak aja.
    akhirnya gw nyusul dia ke pos polisi, disana gw ‘ngeyel’ nggak mau ditilang sampe gw tanya
    lho td aku sdh parkir kok bapak tahu kalo aku salah jalan
    dia jawab ‘ya tahu karna aku td disana’
    ‘kalo tahu kenapa nggak ngingetin saya kalo bapak nyemprit pasti saya nggak bakalan masuk bla bla bla ….’
    karna korban berikutnya dah masuk pos maka gw dilepas jg ama polisi.

  5. Oktober 23, 2009 pukul 3:08 am

    ijin copas link

  6. Oktober 23, 2009 pukul 8:38 am

    saya kok jadi inget kejadian di grogol, pada waktu itu dari arah cawang mau ke pluit lewat grogol, pas mau ngambil arah pluit kan ada jalan layang, dan macet (sebelum perempatan grogol)! clingak clinguk gak ada polisi, langsung potong jalur busway, pas baru naik jalur busway `ya allah` kaget gua, pak polisi loncat dari semak-semak (pot kembang) kena deh tilang, ha…..ha….ngakak terus inget kejadian itu

    • Oktober 25, 2009 pukul 1:39 am

      wkwkwk….di grogol juga ada tuh, biasanya ngumpet di lokasi ojek2 😛

  7. Oktober 23, 2009 pukul 8:57 am

    udh jadi kebiasaan polisi kita tho maz kalo sembunyi di balik pohon. kalo zaya sih udh siapin 2 kunci kontak. pengalaman kemaren paz berhenti di lampu merah si polizi melihat saya dengan garang. hanya gara2x ban depan nyentuh dikit zebra crossnya langsungdah si polisi datang, salam hormat , bllaaa blaaaa. kunci kontak dimatiin. padahal ada motor yang lebih nyentuh zebra cross. gak terima dengan hal tersebut dengan pura2x dorong kunci kontak satu lagi saya ambil truz nyalain, truz kabur deh. si polisinya melongo doang.

    soalnya si polisinya pilih2x bulu sih. mentang bulu motor saya yang keren.

  8. Febri Aspal
    Oktober 23, 2009 pukul 10:10 am

    nah itulah gmn polisinya pada bokek jd gtlah cara dy nyari duit. ada yang sembunyi didalam posnya, ada yang stand by diatas motor, trus ada yang emg bdiri ditengah jalan… ati2 ama ketiga ciri ini di setiap perempatan dan persimpangan….!!!!

  9. Oktober 23, 2009 pukul 11:14 am

    TOLONG DONG PAK KAPOLRI TINDAK PETUGAS YANG HANYA MENILANG TAPI TAK PERNAH DIBERITAHU APAA KESALAHAN PARA PENGENDARA,

  10. Oktober 23, 2009 pukul 12:23 pm

    yup… tapi wa sering di berentiin.. dan kalimat pertama si pak polisi pasti..

    siang pak!!!….
    dah taw kan kesalahan saudara apa??

    dan paling sering gwa jawab ” tau pak.. saya ga liat bapak”…

  11. Oktober 23, 2009 pukul 1:19 pm

    numpang info ya bro
    Yamaha-Friends.com
    akan mengadakan gathering dalam waktu dekat di surabaya
    bwt friends yang berminat untuk bergabung klik saja link di bawah ini
    http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=13

    oh ya gathering sehubungan dng launching produk baru oleh YMKI juga msh dibuka lho info klik saja di bawah ini
    http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=131

    thanks……

  12. Oktober 23, 2009 pukul 7:06 pm

    Kalo bayar di tempat, yang kena tilang a.k.a terbukti melanggar adalah juga polisinya :p

  13. Oktober 24, 2009 pukul 9:01 am

    Wah, trims info-nya.
    Bbrp kali langsung belok, tapi syukurlah ngga ketangkep 😀

  14. Oktober 25, 2009 pukul 1:36 am

    ijin ngelink bro… 🙂

  15. adul
    Oktober 25, 2009 pukul 8:51 am

    bro… di kota propinsi adul kalau lagi lampu merah lajur kiri dipenuhi angkot jadi gak pernah bisa langsung belok.
    sekalian numpang jualan http://gmgmp.wordpress.com/2009/10/25/seandainya-adul-tak-memakai-helm/

  16. dudi
    Oktober 25, 2009 pukul 5:02 pm

    …pak polisi nyari hepeng ampe ditikungan segala yeeee….gile bener polisi indonesia…maruk bener !! ..ngak sekalian dilampu merah todongin pistol aja, pak ??… pake malu2x…cuih !!!

  17. November 6, 2009 pukul 6:21 pm

    harusnya polisi buat rambu baru disetiap persimpangan “DILARANG BELOK KIRI LANGSUNG”, sehingga peraturan tidak ada nego2 lg…

  18. wah wah wah
    November 11, 2009 pukul 1:54 pm

    hihihihi perempatan tugu jogja kan itu

  19. November 20, 2009 pukul 3:18 pm

    mas dan mbak semua,
    masih ada juga yg memasalahkan kalau ada yg klakson klakson saat mobil didepan berhenti saat mau belok kiri di lampu merah. Pastinya ya bener aja tuh klakson…biar nyaho yang didepanya…soalnya aturan itu berlakunya nanti tahun depan 2010 januari………..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: