Menurut Anda Apakah Suzuki Perlu Ikut Strategi Kawasaki?
Dulu kita bilang “the big four”-tetapi Kawasaki terlalu underdog hingga seringkali “the big four” kita degradasikan menjadi “the big three”. Tapi sekarang barangkali kita butuh “the big two” karena Suzuki begitu suram keadaannya.
Penjualan total Suzuki sampai semester pertama tahun ini, berdasarkan data AISI adalah 198.116 unit, coba bandingkan dengan Honda dan Yamaha yang berada di atas 1,1 juta unit. Sebagai mantan penguntit Honda di awal 2000-an, prestasi Suzuki kali ini mencerminkan keterpurukan.
Lantas kemana Shogun, Smash, Thunder, Spin, Skywave, Skydrive, dan Satria? Praktis terlindas roda zaman kompetitor, bahkan tak ada satupun yang bisa menempati posisi kedua. Thunder yang dulu bisa menyaingi Megapro harus rela digencet habis-habisan tahun ini, Smash yang dulu bisa ngebut kini seakan kehabisan bensin.
Solusi? Facelift sudah biasa bung, gimana kalau Suzuki meluncurkan motor-motor segmented?
Bukan CBU yang berharga ratusan juta, coba tengok Ninja 250 yang jadi kacang goreng. GSR 250 yang digadang-gadang sebagai mini B-King bisa dijadikan andalan. Takut kapok jualan 250cc? Pasang saja harga Rp 28-32 juta, walaupun tak seprestige sport berfairing, dengan posisi harga yang tepat bisa jadi produk mantep. Atau GSX R125 yang masih isu? Ada rencana akan diluncurkan? Saya jamin ini bakalan booming seandainya dimasukkan…
Cobalah produk-produk yang superior…
Jangan berhadapan head-to-head dengan raksasa di medan perang, pasang saja senjata ampuh yang bisa menelisip di sela-sela peperangan. Contoh baik Satria FU yang walaupun penjualan tidak tinggi-tinggi amat tetap bisa memiliki konsumen setia yang terus bisa dimaintenance. Andaikan Suzuki bisa mengirimkan pasukan khusus dengan spek superior tentunya legenda motor mahal-kacang goreng bukan cuma punya Kawasaki…
tes…
ehem…
BOLEEEGHLAGH KALOOO BEGEETOOOO.
Istilahe 0pho, y0?
mini cbu, be’e, y0?
sa’jane Satria iku superi0r, sich ….
Setuju, Dan juga Jadikan motor 250cc sebagai maskot dari merknya. Kayak Kawasaki, Gara-gara KMI berani menjual Ninja 250,sekarang kita mulai ngelirik motor kawasaki. Kalau gak ada Ninja 250 mungkin Berita peluncuran Kawasaki Edge gak bakal terlalu diminati, Yang minat ya cuman Fansboynya aja.
ada kualitas ada biaya ….
kawasaki ajah udha mulai kedoodran dengan 250cc…. emang berapa banyak jualannya CBU ?
Dari segi pemasaran untuk Satria Fu kurang gencar… Suzuki terlihat mengandalkan Maticnya. Variasi produk juga kurang fresh. Tapi lebih mending Suzuki daripada marketingnya Kawasaki dulu.
menurut gw,suzuki kan uda lama tuh “main” motor build up mulai hayabusa,b-king,boulevard,gixxer 600 ampe drz series. nah ke depan mestinya lebih selektif masukin cbu2nya yg lbh terjamah lah (maksudnya cc & harga) kaya gsr250, gsxr125, dr125 sm, gemma 250, vanvan dll. klo ky hayabusa/b-king emg ada aja yg beli,tp lebih2 segmented bgt,ga bs bwt harian ky ninja250/klx series nya kawasaki. mungkin bs lebih laku ky ninja250. tp lineup motor2 suzuki lokalnya jg tetep harus di refresh bos, terutama segmen bebek & batangan nya..
Yap…dan denger2 CBU mogenya lebih mahal dari versi IU ya?
Setuju sama yang di atas. Pokoknya keluarin dulu 250cc nya. Nantinya Image yang lain akan ikut terdongkrak. Tapi kayaknya di Indonesia lebih seneng yang Berfairing deh
MERDEKA!!,, HIDUP MOTOR BERFAIRING!!
Iya soalnya Kelas 30 jutaan ke atas untuk motor, konsumennya udah selektif. Karena mereka bisa beli motor Fairing juga dengan duit yang mereka punya.
mantebh bos… padahal kualitas bahan susuki bagus yo dibandingkan si raksasa
perluuuu…
*ngarep GSR250 dimasukin
Wah buat nemenin ninjanya yo bro??
SUZUKI MANIAK GITHU LOH. DITUNGGU PRODUK YANG BENAR2X HANYA UTK PEJANTAN TANGGUH UTK MENEMANI SATRIO 120
baby b-king . . . kueyennnn. . . .
keep brotherhood,
salam,
harusnya suzuki berani beriklan. akhir2 ini jarang banget lihat iklannya suzuki.
tetap kalah… karena…
“honda tetap yang terbaik” – Ratu Adil.
Kalah-menang itu relatif dalam dunia bisnis. Yang penting konsisten dengan imej-nya sebagai motor “gesit dan irit” (gabungan Y yang gesit, dan H yang irit). Lalu buat motor dengan spek seperti itu, terserah mau cc berapa. Jangan lupa buat advertaising yang cerdas!
Suzuki memang merk aneh. Sering Jawara di trek-trekan, tapi letoy di jalan raya (jualan-nya, maksute).
Honda
tetap yang ” terbaik ” harganya ….
xi hihi ….
@all
ahhh akhirnya bisa kembali… ayo kita tunggu kebangkitannya suzuki
numpang info aj ya bro
bwt friend yang pingin tau motor Yamaha terbaru sekaligus dapat hadiah
Yamaha-Friends.com
akan mengadakan gathering dalam waktu dekat di surabaya
bwt friends yang berminat untuk bergabung klik saja link di bawah ini
http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=13
oh ya gathering sehubungan dng launching produk baru oleh YMKI juga msh dibuka lho info klik saja di bawah ini
http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=131
thanks……
harusnya Suzuki siapin tandingan buat ngejegal vixion, cukup munculin motor berjenis sport tanggung dikasih mesin satria FU, pasti banyak yg beralih dari vixion….
FXR reborn dengan pembaruan di bagian bodi plus mesin sedikit kayaknya udah mantep tuh…. pasang harga 22 juta juga mungkin akan berpadan
nice idea…. FXR retouch mantap kayanya.
memang honda lebih baik.gw prnah ngalamin punya fixsion.tapy banyak masalah..yg dr tarikanya ngadat2.itu slah st nya pdhal pake pertmk plus.gw lmpar deh dler jd tu dwt gw beli aj tiger nyampe skrng tu jos ngk ad mslh.gw tnggu gebrakanya susuki
suzuki brand idola dari zaman kakek buyut..
suzuki brand yg memasyarakat krn harga2 nya terjangkau dan didampingi teknologi yg mumpuni.
Kelemahan cuma di harga jual kembali yg rendah dan imej boros yg seakan2 susah lepas nya, padahal realisasi nya suzuki gak boros2 bgd, di bandingin brand2 yg lain..
Suzuki, keluarkan produk2 handalmu, tetaplah jaya selalu.