Beranda > Informasi, Marketing, Motor, Motor Baru > Skenario Logis Buat Megapro-CBR

Skenario Logis Buat Megapro-CBR

Nyambung dari postingan saya yang ini: CBR Mau Datang-Megapro Kemana-AHM Kemana

Sepertinya tidak sedikit yang heran dengan isu menggantikan Megapro dengan CBR, bukan AHM yang selama ini kita kenal. Meski sekedar kasak-kusuk tapi isu kali ini benar-benar aneh, masak iya sport-standar (kalau tidak mau disebut sejuta umat) diganti dengan sport-tulen?

Bagaimana skenario yang logis buat keduanya?

Terlepas dari isu kehadiran CBR, Megapro sudah layak diganti. Kalau melihat Vixion yang sudah menyerang tak terbendung plus kehadiran Bison, Megapro sudah tidak punya value plus. Lantas? Yang paling tepat adalah mencari produk yang setara dengan Megapro, sama-sama naked bike yang punya jiwa city-commuter.

Honda Unicorn

Unicorn dan Hunk

Keduanya dari India, yang satu keluaran Honda dan yang satunya Hero Honda. Sama-sama berjiwa India dengan khas batok lampu ala Pulsar. Nilai plus Unicorn adalah sudah monosok, sedangkan Hunk lebih kekar dan sudah injeksi. Untuk Hunk sepertinya kalau mau dimasukkan ke sini perlu melepas peranti injeksinya supaya bisa masuk ke pasar yang lebih luas. (artikel soal Hunk ada di sini)

Megapro dengan pengembangan mesin dari CS1

Basis mesin CS1 sudah bagus, apalagi kalau ditempel ke motor sport. Tak salah kalau Megapro dengan mesin dari CS1 bisa menaikkan kelasnnya setara dengan Vixion, apalagi ditambah dengan injeksi. Masalahnya perlu waktu untuk mengembangkan mesin CS1 bore-up, juga masalah rangka dan lain-lain.

Terondolin saja CBR-nya

Ini yang paling saya suka, senada dengan semangat streetfighter yang merupakan superbike tanpa baju, Megapro baru akan memiliki basis CBR dengan tampilan naked bike. Untuk mendukung kemampuan commuter tentu setang clip-on harus absen, posisi riding dibenahi dan juga bodi keseluruhan perlu dipermak. Bukan masalah besar buat AHM yang jago gonta-ganti casing kan?

Terus CBR-nya kemana?

Saya paling suka dengan opsi ketiga. Seperti strategi FZ-16 dan Fazer di India, dengan mengeluarkan CBR-naked dan CBR berfairing AHM bisa memiliki produk yang didambakan oleh orang-orang. Jangan takut pasar yang berbenturan, dengan strategi pricing yang apik new Megapro dan CBR bisa berjalan beriringan. Ambil Megapro tetap Rp 20 juta dan CBR ditaruh di Rp 22-23 juta, sudah bisa membuat keduanya aman.

Akhir kata saya bukan orang dalam AHM yang tau-menahu soal strategi orang dalam. Jadi buat orang luar seperti kita ini cuma bisa menunggu, ya kalau yang keluar bagus monggo dibeli kalau tidak ya ndak usah to yo???

  1. Oktober 7, 2009 pukul 9:12 pm

    saya lebih suka unicorn deh. bagus buat riwa-riwi dalam kota coz menurut review-nya irit banget, ngalahin FZ16. ntar mas Fanderlart yang bikin ya…. maksa banget mode: on

    pertamaxx…

  2. hendra
    Oktober 8, 2009 pukul 9:01 am

    Yup kayaknya it skenario yg pling logis..
    boleh request ga mas… menurut stus http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=131 Yamaha akn melaunching produk baru
    and bkn rahasia umum lgi klo itu bison…
    menurut mas ap it mungkn??krna di sebelah pada ribut&bilang ga mngkn

  3. lordubay
    Oktober 8, 2009 pukul 9:13 am

    kalo harga segitu pasti laris mas,

  4. evolution garage
    Oktober 8, 2009 pukul 9:16 am

    kayaknya bedanya unicorn ma megapro cuma di batok lampu dan shock yg mono, mesin kayaknya bagusan punya mega pro dah

  5. Oktober 8, 2009 pukul 9:45 am

    kalo soal lepas melepas baju,bisa mencontoh ninja.yg telanjang laku,yg fairingan pun juga laku..

  6. Ronkar
    Oktober 8, 2009 pukul 9:54 am

    daripada ganti mesin mending ganti tampang…kalo megy ganti mesin jadi berkelas rada sport jadi udah berubah donk kelasnya…artinya honda jadi gak punya motor batangan entry level…

    saya pribadi sih gak setuju kalo pake CBR di nakedin sebagai ganti meggy…karena kalo CBR mau di nakeddin untuk bikin varian street fighter dengan harga lebih murah (minus fairing) boleh2 aja, tapi bukan untuk pengganti meggy…mesin DOHC itu agak berlebihan kalo untuk bapak2 pulang pergi kantor doank…

  7. triadi
    Oktober 8, 2009 pukul 2:18 pm

    setuju dengan opsi ke-3….

    tp knp ya kalo feeling saya si bison bakal di pakein mesin kalajenking bwat ngelawan macan….

  8. Oktober 8, 2009 pukul 4:08 pm

    SANGAT SETUJU KALO MESIN CS 1 BORE UP 150 CC AND TEMPELIN KE MEGGY DAN DIBUAT BODY NAN SEKSI. SEPERTI UNICORN JUGA BOLEH KOK. KALO OPSI KE TIGA KURANG SETUZU COZ KAYAK BLADE AND REVO SAZA NAMPAKNYA. MEZIN ZAMA HARGA BEDA. MUNGKIN BEDANYA NANTI DI VELG AND CAKRAM BELAKANG.

  9. Oktober 8, 2009 pukul 4:21 pm

    @Ronkar

    Dengan harga yang sekarang (Rp 20 juta) Megapro sudah tidak bisa disebut motor sport entry level, dan kalau mau setia dengan posisi harga yang pas ya Rp 20 juta harus naik level lah. Opsi lainnya facelift tapi harga turun ke Rp 17-18 juta, tapi ini terlalu riskan…

  10. Shogun'er
    Oktober 9, 2009 pukul 3:34 pm

    Bro kalo CBR 20-23 juta , apa gak kasihan Tigernya ? Dengan harga segitu bisa dapet motor 150cc DOHC yang lebih kenceng dari Tiger. Berarti nantinya Tiger akan mulai ditinggalkan

  11. sabdho guparman
    Oktober 9, 2009 pukul 3:40 pm

    @ shogun
    Tiger sepertinya punya pasar tersendiri, jadi kehadiran cbr mungkin tidak akan berpengaruh. rata-rata pengguna tiger bukan speedfreak tapi kenyamanan berkendara jarak jauh yang dicari . cmiiw

    keep brotherhood,

    salam,

  12. Alon2 Asal Kelakon
    Oktober 9, 2009 pukul 3:49 pm

    CBR ditelanjangin terlalu kurus..
    Mesinnya berarti beda kelas sama kompetitor dong om,udah dohc

  13. Oktober 9, 2009 pukul 7:26 pm

    @Alon2
    Yap kalo gitu memang perlu dipermak ulang sama AHM, kalo menurut ane sih ga masalah buat AHM yang terkenal jago bikin baju. Soal DOHC atau SOHC menurut ane ini bisa jadi nilai plus buat melawan Vixion

  14. Oktober 10, 2009 pukul 12:56 am

    NAPE JADI SENENG MOTOR2 INDIA ?????
    Aca aca, Thailand kemana nih… (Kop Kun Kap)

  15. dpouwel
    Oktober 10, 2009 pukul 10:21 am

    CBR ini dulu motor impian saya………ntar kalo harganya di bawah tiger mau deh

  16. fiqri
    Oktober 10, 2009 pukul 2:49 pm

    setuju terondolin aja CBRnya

  17. Desember 3, 2009 pukul 4:50 pm

    ane setujutu kalo neggy d ganti mesin cbr tp harga nya coy bgmana

  18. awas
    Desember 15, 2009 pukul 9:05 am

    bagus tuh sarannya… eMang Honda wajib ngeluarin motor yan kyak gitu gitu, megapro dari CBr yang ditrondolin..pasti siippp neehh

  19. awas
    Desember 15, 2009 pukul 9:06 am

    oiya nambah lagii..Unicorn juga Ok.. tampangnya dah kayk CBR yang di trondoLin.
    kapan AHM ngeluarinyya zz??
    masak mw kalah ma merk yg Lain trus..

  20. DitZ
    Agustus 5, 2010 pukul 11:56 pm

    kami anak muda suka ama motor yang performanya gede…harga oke…body jg oke…kami harap HONDA keluarin produk yang kyk gitu…CBR ditrondoli okelah…tapi performa mesin ama teknologi mesin jangan ditrondoli juga…kami yakin dengan harga 20-21jt bakal laku banget di masyarakat…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: