Beranda > Informasi, Marketing, Motor, Motor Baru > FZ-16 Tidak Akan Keluar (Serius), Gantinya ada Byson

FZ-16 Tidak Akan Keluar (Serius), Gantinya ada Byson

Halah apa bedanya???

Dari informasi di Kompas Otomotif, Bambang Asmarabudi selaku GM Marketing and Motorsport YMKI mengatakan terang-terangan rencana soal FZ-16 atau Byson bukan cuma sekedar rumor:

“Sekarang kami masih uji coba Byson. Jadi, kalaupun dilepas ke pasar, mungkin baru tahun depan,”

Yap, pernyataan promotion manager YMKI di postingan saya yang ini yang mengatakan kans peluncuran FZ-16 cuma 20% harus gugur, 99% FZ-16 akan datang.

Byson dan FZ-16 adalah identik, jadi kalau dikatakan FZ-16 tidak jadi datang tapi gantinya ada Byson sudah pasti kita tertawa. Lah wong basisnya plek podo kalau mau dibilang beda paling cuma sari guard yang nempel di FZ.

Jadi kira-kira apa ya maksudnya pernyataan sang promotion manager tadi? Mbuh…

Tambahan lagi dari komentator bro Deen:

Kayaknya ada informasi terbaru dari warung Mbak Sheila. Nih saya kutipkan:
“Berita ini dari sumber terpercaya yang tidak perlu diragukan lagi. YMKI akan segera mengeluar dua senjata terbarunya pada awal Bulan Desember 2009 yakni Jupiter Z dengan kapasitas mesin 115cc dan Yamaha Byson.” (sumber : Sheila “Dunia Otomotif)
Menurut mbak Sheila, akhir November atau awal Desember akan ada pertemuan Dealer Yamaha seluruh Indonesia di JCC. Saat itulah salah satu atau kedua motor ini akan diluncurkan. Motor baru dikirim ke dealer-dealer pada pertengahan Desember. Lebih awal dari statemen pak Asmarabudi yang katanya lounch pada 2010. Yang pesen saat lounch baru dapat motor dua minggu kemudian…. Harganya sekitar 17.8 juta. Gile. Kalau bener harga Byson segitu berarti MegaPro, Thunder, Apache, Bajaj, CS1, FU, siap-siap masuk keranda…. (Pis!)

Soal Jupiter Z (atau Jupiter ZZ atau Jupiter ZR) kita bahas nanti, fokus dulu ke Byson.

Byson benar-benar disiapkan untuk jadi senjata pamungkas Yamaha. Beberapa bulan sebelum peluncuran sudah ada kepastian akan kehadirannya. Sebuah ajakan psy war untuk para kompetitor terutama Honda yang masih berkutat dengan Megapro.

Harga Rp 17.8 juta adalah strategi yang mengerikan, dengan harga segitu bisa menghancurkan Apache (17,5-18,5 juta) dan lebih-lebih Megapro yang overpriced (20,5 juta). Sebuah harga yang tepat buat motor senjata pamungkas hanya saja jangan sampai kasusnya seperti V-Ixion dulu yang dilepas jauh di atas pernyataan harga awal, apalagi ditambah dengan kasus dealer nakal yang membedakan antara kontan dan kredit.

Iklan
  1. Yamaha 2 tak
    September 19, 2009 pukul 1:34 pm

    Wah, jangan2 ki joko ireng bakal dituker..hehe

  2. Mr_lOng'S
    September 19, 2009 pukul 2:16 pm

    Podium kah,?!

    Mungkin alasan yg plng objektif knp di sebut byson n enggan menyebutkan Fz-16 krn lbh mdh di ucapkan n lbh familiar di dngr krn itu tokoh dlm street fighter n jga nama hewan..
    Coba klo nyebut Fz-16 ky na ribet di lidah jdi gampang lupa di inget..

    Senjata pamungkas
    yg amat berbahaya nich dgn harga 17,8 jt apa lagi di launcing akhir tahun,
    duar, dheer, dhoor..
    Suara kembang api pergantian thn..

  3. penggemar
    September 19, 2009 pukul 3:51 pm

    mungkin memang benar bahwa yang akan hadir memang byson dan bukan fz-16!mungkin fz-16 yang selama ini seliwar-seliwer disiapkan sebagai unit uji coba saja! setelah hasilnya memuaskan mungkin yamaha akan memberi kejutan dengan tetap memakai frame fz_16 namun menggantinya dengan mesin dengan kapasitas lebih besar! kandidatnya mungkin mesin scorpio! dengan cara ini yamaha akan mencoba langsung head-to-head dengan tiger sehingga harga byson mungkin akan lebih mahal dari vixion. jika dilihat, upaya ini memberi dua keuntungan bagi yamaha yaitu 1.adanya common parts sehingga menghemat biaya produksi 2. menyelesaikan masalah pricing strategy yang diperkirakan akan tumpang tindih dengan vixon

  4. September 19, 2009 pukul 5:02 pm

    hem.. tunggu tanggal main aja

  5. Laksito
    September 19, 2009 pukul 7:39 pm

    @ Penggemar

    Hahahaha ….
    Saya menggemari k0mentar Anda, Bung Penggemar. Saya jg punya firasat yg sama dg Bung Penggemar. Badannya mungkin sama dg FZ 16, tp mesinnya Scorpi0 ….
    Coba, c0ba, tanya k Ki Jok0 Ireng e eh, Q Jok0 Bod0 ….
    Kii …. Kii ….
    🙂

  6. Laksito
    September 19, 2009 pukul 7:49 pm

    E eh, bukannya nama Bison uda dipake oleh Isuzu, ya, buat salah 1 produknya!?
    Kerja sama, x, ya?! jd nnti spda m0t0r ini bisa ‘tuk ngangkut sekeluarga, bisa buat mbawa sayurmayur, singk0ng, kates, gedang, buahbuahan, cocok sbg kndaraan delivery, jasa logistik, angkutan umum (ojek), &smcmnya ….
    HwAkakak …. 🙂

  7. September 19, 2009 pukul 10:36 pm

    Byson itu sebenarnya makanannya Tiger. Tapi karena di sini Tigernya udah ompong, Bysonnya bisa bebas petantang-petenteng! Malah bisa-bisa Byson yang nyaplok Tiger! (Piss!)

  8. devilroad
    September 20, 2009 pukul 6:00 am

    wah lucu2 commennya ya..? Tp salut buat yamaha strategi yg hebat banget sungguh tipe motor yang bikin ngiler…walo cc kecil tp penampilannya bro ,..GARANG..abiiizz apalagi bannya rasanya pengen cepet2 nglindes macannya Ahm…

  9. September 20, 2009 pukul 11:16 am

    @Penggemar dan Laksito
    Kalo liat spy shot di sini mesinnya sama dengan yang di India, jadi rencana mesin Scorpio di bodi FZ masih mengawang-awang, moga-moga aja bodi Fazer yang ditempel mesin Scorpio..

    @Yamaha 2 tak
    wah masih mesra dengan Ki Joko Ireng e…

    @Deen
    Salah…Byson itu makanannya suku Apache…hehehe

  10. September 20, 2009 pukul 12:49 pm

    @devilroad
    Thanks bro. Anda benar. Makanan suku Apache itu Byson. Tapi kalau Byson nongol di sini bisa-bisa malah nelen Apache.

  11. Nick69
    September 20, 2009 pukul 1:52 pm

    Byson makan daging
    Tiger makan rumput
    Wkwkwkw

    Mantap bgt 17,8 siap inden nih

  12. OMG
    September 20, 2009 pukul 7:47 pm

    Buset dah gw baru tw info ini, tapi dah kepalang beli v-ixion yah

  13. September 21, 2009 pukul 1:16 am

    @ OMG
    Jual aja bos Vixion-nya…hehehe

  14. September 21, 2009 pukul 8:59 am

    Memang yang paling rasional, mestinya upgrade V-ixion dulu, baru brojolin Byson. Biar ada sphare harga yang cukup jauh, dan gak saling makan. Atau barangkali yang brojol bareng itu bukan Jupi ZZ dan Byson. Tapi Byson dan New-Vixion. Atau tiga-tiganya aja brojolin bareng. Tahun 2010 tinggal keluarin Fazer 250, New-Mio, dan New-MX135. Gimana setuju kan bro?

  15. dany_ar
    September 21, 2009 pukul 9:06 am

    tambh seru euy.bru nbung bwt minang tigy mta picek,eh dtg si byson.bsa brpndah k laìn hti neh..

  16. OMG
    September 21, 2009 pukul 10:17 pm

    yaaaa jd vixy baru gw cuma serasa “baru” dong beberapa bulan trus jadi serasa “motor bekas” gara2 kedatangan si Byson nih. Tapi apa boleh buat deh butuh motornya sekarang sih, gak bisa lah nungguin si Byson muncul.

  17. ides
    September 21, 2009 pukul 11:10 pm

    knp namanya gak puma aja biar agak lincah

  18. GODJIE
    September 22, 2009 pukul 7:26 pm

    @penggemar bisa jadi tuh bro,FZ16 dengan mesin scorpio,mantabh he3
    gw baca di majalah otomotif memang ada indikasi YMKI mau mengorbankan Scorpio karena penjualannya yg g bagus,dan memang ada rencana memperbaharui scorpio di thn dpn,pembaharuannya mulai dari body,sasis sampe mesin jadi mungkin saja scorpio digantikan Fazer 250,g terlalu jauh beda kan.
    nah mesin scorpio kan sayang tuh klo dihilangkan gitu aja,dan gw yakin YMKI dah punya moulding ni mesin jadi bakalan lebih efisien kalo mesin 225cc scorpio itu ditempelin di sasis FZ16,jadi ntarnya jadi Byson 225. dan dari harga pun rentangnya lumayan vixion bisa ada di harga 20jt, Byson bisa di 22-24jt, nah fazer 250 bisa ada di 26-28jt, dan karena setiap tipenya punya keunggulan masing2 gw yakin biar beda harga dikit tapi konsumen bakalan tetap memilih salah satu.

  19. penggemar
    September 22, 2009 pukul 11:12 pm

    sebenarnya masih ada satu kemungkinan agar si byson dan si vixion tidak saling makan yaitu dengan cara mengupgrade vixion sehingga harganya akan lebih mahal dari si byson. dengan opsi ini maka si byson akan tetap menyandang mesin 160cc untuk mengisi kekosongan pasar motor sport entry level, jadi si byson=fz-16 sehingga harganya akan bermain di kisaran 17-18 juta. lalu si vixion akan naik ke kelas ke motor sport medium level dimana harganya akan mendekati atau sama dengan si tiger. nah upgrade vixion ini akan seperti apa? pilihan pertama kecil kemungkinannya yaitu tetap menjadi motor sport naked maka yang perlu dilakukan oleh ymki agar vixion ini tetap laku dan tidak kalah penjualannya dengan si byson adalah merombak habis-habisan bodyworknya yang “maaf” agak cungkring. sehingga nantinya secara tampilan tidak kalah dengan si byson. pertimbangan ini didasari atas karakter konsumen indonesia yang terkadang amat mendewakan tampilan suatu sepeda motor mengalahkan kecanggihan teknologi dan peforma yang diusung
    Pilihan kedua yaitu mengupgrade vixion menjadi motor sport berfairing. ada kabar burung bahwa vixion nantinya akan diupgrade menjadi R-15. sebaiknya menurut saya ymki jangan mengupgrade vixion menjadi R-15, hal ini didasari atas bodywork R-15 yang “maaf” agak pas-pasan untuk motor sport berfairing(fairingnya agak kegedean enggak singkron ama body belakang menurutku)sehingga nantinya vixion malah tidak laku dan konsumen akan beralih pada si byson. akan lebih bijak bagi ymki apabila mengupgrade bodywork vixion berbasis pada R-125.

  20. yahonsuwakanja
    September 25, 2009 pukul 8:43 am

    @penggemar…
    setuju bro…
    dgn chassis seukuran ini mestinya pantas digendong mesin 225cc , dan buat sekalian dua varian…naked seperti foto diatas dan yg satunya semi fairing seperti Fazer250…

  21. September 25, 2009 pukul 8:42 pm

    @Godjie
    Saya juga curiga YMKI bikin jurus tipu-tipu. Buat ngecoh kompetitor pastinya. Yang ditest 153 cc, taunya yang brojol adalah lawan sepadan buat si Tiggi, yakni Byson 225. Saat Honda sibuk nyiapin Unicorn 150 cc, taunya dia punya Macan yang diterkam. Ingat Tiggy adalah lawan yang tak bisa dikalahkan oleh Scorpio (Yamaha gemes banget kayaknya pengen melahap si Tiggy ini) Lagi pula Vixion sudah unggul jauh kan atas MegaPro, bahkan andakata pun MegaPro bermetamorfoses menjadi Honda Unicorn… Vixi masih bakalan unggul. Sayang kan kalau harus saling makan sama Byson. Segmen sport entry lever kayaknya sementara dilepas dulu ama Yamaha. Jadi… siap-siap aja para komengtator ‘dikerjai’ ama YMKI! he he he.

  22. redbugs
    September 28, 2009 pukul 4:16 pm

    Yamaha Byson YMKI

  23. devilroad
    September 28, 2009 pukul 10:21 pm

    Iya betul bro redbugs,gambarnya cuma beda di ciri khas ymki aja,berarti 99.9 % bison hadir…..? O….yes akhirnya demdamku ama tiger picek (tetanggaku Red.) bisa terbalas,tunggu aja di akhir tahun…akan ku seruduk lo pake bison..,huaha…ha,…ha..

  24. v-lover
    September 29, 2009 pukul 12:54 pm

    bisa beli shock breaker depannya gak ya… mau gua pasang di vixie gua. dengan ukuran tube 41 mm. kayaknya vixie jadi cungkring2 amat…

  25. v-lover
    September 29, 2009 pukul 12:59 pm

    emang pantas kalo dikasi nama byson. wong bongkok gitu. cepet dikeluarin! jangan ragu…. the king of city fighter will born !

  26. September 29, 2009 pukul 7:54 pm

    byson bukanlah FZ16?? adalah FZ16 tanpa Sari Guard . . .wakakakakak…’ngguyu tho YMKI

  27. sabila.rosyad
    September 29, 2009 pukul 8:44 pm

    aaahhh ga gila kalo ga keluar…..

  28. AD 1 T
    Oktober 3, 2009 pukul 8:55 am

    setuju bgt kl ymki ngeluarin byson dgn harga sgitu apalagi d tunjang dengan model naked bike.mdh2an ymki bnr2 mau ngeluarin akhir tahun sehingga akan menjadi strategi pasar yg jitu utuk melawan macannya ahm yg picek.pasti ntar si macan kan di lindes ma si byson ini.cepet deh ymki ngeluarin ni motor,keburu keduluan ma yg lain.kan yamaha semakin di depan..

  29. K4z4
    Oktober 4, 2009 pukul 5:42 am

    wajarlah harga segitu, kalo dilihat speknya. Powernya aja cuma 14 HP (FZ16), masih dibawahnya Vixie. Cuma emang modelnya ok. Kalo dikasih mesin scorpio, gak mungkin harganya segitu, dan juga gak sama lagi sama FZ16.

  30. mario_devan
    Oktober 6, 2009 pukul 1:49 pm

    klo emang jadi keluar dng jelas kelas sport akn dipimpin Yamaha nie

    salut….salut
    pngin tau ap yg bkalan dilakukan Honda…

    http://WWW.Yamaha-friends.com

  31. setan kridit
    Oktober 8, 2009 pukul 10:28 am

    aneh mw beli motor cash meni susah, terus diarahin untuk kredit………..
    klo cash meni susah….
    kredit laNGSUNG DILAYANI DENGAN SENYUM LEBARRRRRRRRRRRRRRRRRRR……
    DASAR SETAN KRIDIT

  32. DAY
    Oktober 9, 2009 pukul 2:25 pm

    Knapa motor yang di pasarkan ke Indonesia, yang gtu2 saja modelnya bebek dan angsa terus yang dipelihara kali2 gajah kek….ktinggalan mlulu sama india dan thailand
    Ayo yamaha buktiin yang terdepan…..
    cpet masukin FZ 16 ato sbtan byson apa ke yang penting modelnya yang gut

  33. anwar
    Oktober 15, 2009 pukul 7:22 pm

    mass yg bnr ni.. mu kluar gag ni motor?
    trus vixion yg ada fairingnya keloar kapa?? kirim ke e-mail ya.. plizz

  34. joe
    Desember 21, 2009 pukul 4:30 pm

    klo info yg w dapet dari temen yg kerja di pemasok chasis motor yamaha, yamaha bakal ngeluarin motor 250cc (motor laki) dan 150cc (bebek) dimana chasisnya udah tersedia di subkon-nya si yamaha di daerah cibitung.
    curiga klo yg disebut2 si byson itu bakal di tempelin mesin 250cc untuk upgrade si scorpio yg udah ketinggalan bodynya. nah klo yang 150cc itu kayaknya bakal buat upgrade si mx deh.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: