Beranda > brotherhood, Informasi, Marketing, Motor > Curhat Kesal Antara Produksi dan 3S TVS

Curhat Kesal Antara Produksi dan 3S TVS

Masalah 3S adalah salah satu hal yang membuat saya pusing sebelum meminang TVS Apache. Bagaimana tidak, dengan umur yang hampir sama dengan Bajaj, keberadaan jaringan 3S-nya sangat memprihatinkan. Terutama di Jabodetabek, rasanya miris juga ketika jalan-jalan melihat bengkel Bajaj lalu membatin “kapan saya bisa menemukan bengkel TVS semudah ini?” (padahal motor belum datang hehehe).

TVS sudah membuka satu pabrik di Karawang, tempat produksi Neo dan Rockz, untuk Apache masih impor utuh. Investasi untuk pabrik jelas besar, dana US$ 50 juta bukan angka yang kecil. Klaim pabrikan adalah untuk satu tahun mereka dapat memproduksi 300 ribu unit motor.Β Oke satu poin tambahan untuk komitmen TVS membangun basis produksi di Indonesia.

Namun dengan kapasitas produksi seperti itu mereka masih berkutat dengan bebek saja, Neo dan Rockz. Ada apa dengan Apache yang masih impor utuh? Tidak maksimalkah? Rasanya tidak berlebihan bila saya mengatakan TVS terlalu berharap pada pasar bebek yang kejam itu (ingat bahwa TVS lebih dulu meluncurkan Neo ketimbang Apache?)

Soal 3S TVS sudah melebarkan jaringan sampai kemana-mana (lebih lengkap ada di sini). Yang menyebalkan adalah TVS seakan terlalu naif dengan hanya menempatkan satu-dua dealer di satu kota besar. Jadetabek sendiri hanya kebagian 7 dealer, kurang banyak? Jelas, apalagi sebagian besar berada di luar Jakarta. Memang ada bengkel mitra, tapi berapa kali saya membaca bahwa mempercayai servis di bengel-bengkel tersebut tidak direkomendasikan.

Rasanya wajar dengan keadaan seperti ini orang-orang ragu memilih TVS. Jaringan di kota-kota kecil boleh saja satu-dua, tapi kota semacam Jakarta, Bandung, Surabaya butuh lebih dari itu. Apalagi untuk pabrikan baru semacam TVS butuh kepercayaan dari orang-orang di kota besar.

Tentunya saya masih berharap ada jalan menuju pencerahan…hhhh…

nb: foto dari detik oto

Iklan
  1. Kecret
    Agustus 4, 2009 pukul 11:50 am

    hmmmm… itulah salah satu alasan knapa aq ga ngambil Apache tapi akhirnya ngambil Pulsar, entah strategi apa yg membuat mereka lebih memilih untuk berdarah-darah maen di kelas bebek, bukannya mereka punya motor2 yg bagus di india sono??, slaen Apache mereka punya Flame saingan dari Bajaj Eksidi dan juga mereka punya motor concept Raptor yg menurutku modelnya lebih memikat daripada FU dan CS1 …

  2. apdri
    Agustus 4, 2009 pukul 12:14 pm

    perlu stok moving parts cadangan kayaknya… siapa tahu habis & tempat belinya jauh …

  3. abahbudi
    Agustus 4, 2009 pukul 1:01 pm

    betul skali bro TVS terlalu kagok muat markting nya, gimana orang mo beli, wong delernya cuma dikit.

  4. Agustus 4, 2009 pukul 2:19 pm

    mas, TVS Apache-nya udah nyampe belon di garasi?

  5. petromaxx
    Agustus 4, 2009 pukul 5:57 pm

    ………sorry dab,
    biker di luar ga ada dealer tiap kota pun di jabanin..
    pinggir jalan ga ada bengkel resmi pun oprek sendiri
    sparepart langka pun beli online lho…
    masie mayan di manja lho kita disini πŸ˜€ πŸ˜€

    just another point of view please, no offense
    sing venting wareg eh salah sing venting jiwa nya.. hehehe soul

  6. Agustus 4, 2009 pukul 6:55 pm

    @Kecret
    Tapi sama-sama nyemplak motor India ya boz??? hahaha

    @Apdri
    siapa tau mas, hehehe, siap-siap busi cadangan, kayaknya susah nyari businya

    @Arif
    Belon mas..

    @Petromaxx
    emang bener, tapi itu fakta kan? Orang sini kalau mau beli motor ya mesti tanya nyari sparepartnya susah atau ga? Hehehe

  7. obelix
    Agustus 5, 2009 pukul 10:32 am

    loh ga papa to mas… yang penting di jalan kan beda sendiri kalo pake Apache…. sering dilirik…

    soal sulit cari spare part dan bengkel…. ndak ada itu… ndak ada.. nda ada… ihik..ihik.. πŸ˜€ ga usa dipikirin …

  8. Agustus 5, 2009 pukul 4:41 pm

    yaaaa… khan goyangan india lebih mangstabsss dibanding sedotan jepang to masss…. hehehehehehe…….

  9. Chenko
    Agustus 5, 2009 pukul 4:43 pm

    Masih mending di jakarta masih ada dealer TVS…
    Saya pernah tanya ke Customer Service via telp untuk dealer TVS daerah Bali, kebetulan saya tertarik dengan motor TVS… eh nggk ada tuh di bali, dan yang lebih miris jawab tuh costumer service “klo mau beli datang aja langsung ke dealer terdekat, di daerah jawa timur ada” katanya
    busyeeet jawa timur bukannya deket tapi nyebrang selat.. ihik ihik

  10. Agustus 5, 2009 pukul 4:52 pm

    @Kecret
    Aya aya wae mas…wkwkwkwk…goyang teruss massss!!!

    @Chenko
    PR TVS-nya kayaknya perlu ditraining ulang neh…Tapi di bali memang belum ada, hehehe they lost one consumer….

    Ngomong2 kaber terbaru dari Apache pinangan: besok ga jadi datang…
    duh…

  11. Agustus 5, 2009 pukul 5:38 pm
  12. ben
    Agustus 5, 2009 pukul 9:03 pm

    biarpun kata orang barangnya bagus, tanpa supporting sih percuma ajah…

  13. Agustus 6, 2009 pukul 12:00 pm

    bajaj dan TVS sepertinya memiliki strategi yang bertolak belakang, dulu petama saya kenal motornya TVS terlebih dahulu di PRJ dan sempet ikut lomba foto ( alhamdulilah menang hehhe) tapi di tunggu lama motor yang di pajang di prj itu enggak nongol nongol. Malah tanpa gembar gembor Bajaj mulai dagang menyalip TVS yang repot repot bangun pabrik dulu, ya akhirnya gue milih pulsar hehe. BAI cukup pede enggak main di bebek, kalau TVS masih ngikutin cara jepang dengan memasarkan bebek nya disini…sepertinya sudah banyak banget pemain bebek disini harusnya tvs hanya bermain di kelas batangan soalnya produk mereka banyak banget yang bagus bagus disana

  14. Agustus 6, 2009 pukul 12:11 pm

    @hipotesa
    TVS terlalu naif untuk berharap pada pasar bebek, kalau mau ya bermain di bebek premium, dulu ada TVS Raptor concept yang sayangnya kabarnya hilang ditelan bumi….

  15. Laksito
    Agustus 6, 2009 pukul 12:41 pm

    Sugeng siang, mas fanderlart …. Salam wawuh …. Apache PnJenengan dereng dugi, th0? Kol0 wingi pesen tgl pinten, mas fanderlart? kul0 nggih sami, tgl 10 Jul order ( dteng PrJ ) teras didamelaken spknipun, teras ngantos sa’mniq dereng dikirim. Gregetan aqu ….

  16. Agustus 6, 2009 pukul 1:01 pm

    @Laksito
    Kulo pesen tanggal 11 Juli, sami mas niki dereng dikirim saking dealer. Wonten perkoro saking ATPM, BBNKB-ne dereng diurus

  17. Black V-Snake 150i
    Agustus 7, 2009 pukul 1:26 pm

    Kog gitu ya…wah wah salah konsep marketing neh…padahal Iklannya keren euyyy….angkat roda depan melesat dilirik cewek sexy naek mobil…cuit cuit….

  18. Agustus 7, 2009 pukul 2:09 pm

    Pertama kenal TVS aku tuh mesen nyang namanya TVS Flame, ehh nga taunya salesnya nga ngerti malah ta jelasin, nga taunya lagi Flame tu nga tau kapan mo dijual di indonesia,
    Akhirnya dengan berat hati, 28 juni2008 kumiliki Apechong yg mata nya blo, tapi tak mengapa ternyata pilihanku tepat, ternyata selama ini, ini lah mongtor yang ku cari,
    Tapi tetap ku menanti datangnya TVS Flame, for my second ranger.

  19. atlet
    Agustus 7, 2009 pukul 11:05 pm

    @ chenko
    di Banyuwangi ada mas, deket kok ama pelabuhan ketapang, pas di kota. letaknya disamping mall Hardis, mall asal bali itu loh hehehe….
    Nyebrang gapapa sekalian touring πŸ˜€ masak kalah sama orang banyuwngi,jember,dan situbondo yang pada pake motor plat DK hehehe

  20. atlet
    Agustus 7, 2009 pukul 11:10 pm

    @ 14.bro Fander
    Kan ada TVS rock yang full musik….Jadi keinget iklan apaan gitu agak lupa…cuma disitu digambarin ciri khas angkot di Medan adalah Full musik dengan speaker segede Gaban hahahaha….TVS rock harusnya gencar promosi di medan…buat tukang ojek lumayan biar pangkalan rame..full musik πŸ™‚

  21. Agustus 8, 2009 pukul 4:57 am

    @atlet
    bisa juga tuh bang, atau ga iklannya acara mantenan di kampung, ga pake speaker (yang gede-gede itu lho) cukup pake Rockz hahahaha!!!

  22. Aiman
    Agustus 9, 2009 pukul 4:14 am

    Ikutan nunggang apache dah.. Kmrn dr dealer dpt apache 2008 hrg 13jeti lumayan buat cb produk tn. Takur

    • black_id
      Agustus 20, 2009 pukul 4:08 pm

      waksssssssss?
      13 jeti?
      bekas?
      gag salah ketik tuh???

  23. Agustus 9, 2009 pukul 10:00 pm

    @fanderlart
    wah..serem juga sampeyan,wekekekekekekekekek…
    TVS itu risetnya dalam banget mas bro..

  24. atlet
    Agustus 10, 2009 pukul 9:08 pm

    Maaf oot bro fan, kalau ke dealer liaht2 tvs rock ya, skalian nanti dibikin artikel kalo bisa πŸ˜€
    Meski beda spesies tapi saya terbesit pikiran bndingin Tvs rock sama Bajaj XCD 125 kan harga beda dikit ya??? cuman fitur lebih ok tvs rock Cmiiw.

  25. Agustus 11, 2009 pukul 4:34 pm

    @girifumi
    yah mau begimana lagi??? lagi sibuk nih bro, kayaknya motor kalaupun dateng belum bisa diperawani

    @atlet
    boleh juga, nanti deh kalo balik ke Tangerang gw main ke dealer

  26. Laksito
    Agustus 13, 2009 pukul 1:02 pm

    Sugeng siang, Mas Fanderlart! Kad0s pundi, Mas Fanderlart, jaranipun Pnjenengan mpun dugi? Puji syukur Tuhan, gadahan kul0 mpun, s0nten kolo wingi. nanging, nggih, niku, dereng saget didamel. STNKne dereng wonten. Kolo wingi kul0 kedah gontokgontokan kalih tiang manajmn dealeripun. tiangipun mboten update data pmbayaran kulo. Teras wektos ndereaken jaran cemeng dteng nggene kul0, tiang deliverynipun kad0se mboten cekap diterangaken sa’derenge kalih tiang manajmne, dados kesasarsasar riyin, mumet tiang deliveryne. hWAd uoHh bagaimana, th0, TVS??? HeLL0o TVS??? TVS Sinar Cengkareng particularly! Pleaze , deHh ….

  27. Agustus 13, 2009 pukul 9:40 pm

    malem pak bos, nih saya mau klarifikasi aja sbgai konsumen apache djawatengah saya merasa nyaman tuh soalnya aftersales servis seperti yg dikatakan diatas ternyata salah bos, tvs bengkelnya dah ada dmana2 lho bos, keterbalikannya dengan bajaj wuih kususnya dijawatengah dealer cuma ada disemarang doank, bengkel juga kagak ada, dah parah deh bajaj!! pabrik diindo juga kagak ada,, humm bajaj klaut aja deh..^^

  28. Laksito
    Agustus 14, 2009 pukul 6:56 am

    @ onjot
    iy0, kui, lha’ ndi nggone Sampean. awa’qu ndi Jakarta karo Depok, Jeh! JaDeTaBek, lha’ luwih rumit lan wonge luwih okeh ketimbang JaTeng, Pak!

  29. Motor Bebek
    Agustus 14, 2009 pukul 1:07 pm

    motor india? please dech ach…

  30. epouto yoka
    Agustus 14, 2009 pukul 7:58 pm

    TVS-nya sdh nangkring tuh. Kalo sudah nyante dicoba, udah pada nunggu reportasenya.

  31. aWi
    Agustus 19, 2009 pukul 3:57 pm

    tetap saja, marketingnya gak bergeming…. ayoo gimana Pak Benny.. Mr.Vijay

    bebek lagi, bebek lagi…

    tapi bicara jumlah dealer, TMCI sepertinya lebih gencar (ketimbang BAI)

  32. Laksito
    Agustus 20, 2009 pukul 8:14 am

    @Awi
    Syukur, atuh, A’ AGun, mnawi TMCI ngembangkeun dealerna langkung gencar katimbang BAI. Nanging, taahh, mutu pelayananana eta, taah. Butuh didangd0skeun deui! Hayu, atuh, Inspect0r Vijay, TAaAriK, MAa ANG ! ….

  33. Agustus 20, 2009 pukul 8:29 am

    @all
    motor sudah sampai tapi belum ada STNK tuh…hhh…

    @onjot
    berarti kebalikan sama di Jabodetabek ya, tapi menurut info sih TVS lebih gencar di luar Jakarta, jadi mungkin aja saya kedapatan apesnya tinggal di sini…

    @awi
    sesama Apache rider kan? eh…beneran si bos namanya Vijay???

    @Laksito
    sampeyan orang mana to?? Jawa iya, Sunda iya hahahaha, citra pelayanan gimana menurut situ???

  34. tiktok
    Agustus 20, 2009 pukul 4:14 pm

    kalo beli bekas kayaknya lebih enak ya?
    katanya apache makin lama gede km nya makin enak di pake?
    kalo warna di cat orange harus lapor polisi yah?
    haduh maw modif bayar lagi dund?
    selamat mencoba tvs apache RD/DD/refreshnya…
    ^^

  35. Agustus 20, 2009 pukul 6:09 pm

    @tiktok
    dicat oranye lapor maksudnya ganti warna? kalo ganti warna berarti STNK diubah juga…

    @all
    first impression sudah ada nih di sini

  36. Laksito
    Agustus 21, 2009 pukul 3:09 am

    Kol0 dangu, kul0 smu-ne dteng mBandung, Mas Fanderlart. Citra pelayanan? Hhhh Barange gurung tekan omah ae, wis nggarai mangkel. Namun saya nda’ mau nggebyah uyah, ya, mas Fanderlart. Sem0ga aja hal sprti yg saya alami dg salah 1 dealer TVS ini tidak dialami oleh pelanggan yg lain dg dealer yg lain. jg mudahmudahan kkecewaan saya d masa awal ini terobati dg mutu/performa barangnya. Besok suda bulan Ramadhan, Mas Fanderlart. saya & sebag dari qta, jika Gusti Pangeran ‘ALam bkehendak, akan mjalankan ibadah puasa. Sem0ga dlm penantian STNK & BPKB, ibadah kami, ibadah qta semua nda’ tganggu, ya …. Aamiin ….

  37. Laksito
    Agustus 21, 2009 pukul 3:14 am

    NGgih, Mas Fanderlart, org n0. 1 dteng bag pemasaran & merek TMCI, naminipun Vijaya Kumar .

  38. Agustus 21, 2009 pukul 4:41 am

    @Laksito
    amiiinnn….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: