Beranda > brotherhood, Informasi, Motor, Safety Riding > Lajur Khusus Motor di Tol, Gimana Menurut Anda?

Lajur Khusus Motor di Tol, Gimana Menurut Anda?

Ini adalah isu yang cukup hangat di kalangan bikers sendiri terkait dengan boleh tidaknya motor masuk di jalan tol. Sebenarnya ini isu yang cukup sering naik turun berhembus. Kalangan bikers sendiri ada yang mendukung salah satunya adalah komunitas Harley Davidson-HDCI (sini). Selanjutnya kita harus lihat keterangan di bawah ini tentang PP No.44 tahun 2009:

Berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, jalan merupakan salah satu prasarana transportasi nasional yang diselenggarakan berdasarkan asas kemanfaatan, asas keamanan, asas keserasian, asas keadilan, asas transparansi, asas keberdayagunaan, serta asas kebersamaan dan kemitraan diharapkan dapat melayani kepentingan umum dan dapat mengakomodir semua kepentingan masyarakat.

Kendaraan bermotor roda dua merupakan moda transportasi dengan populasi yang cukup besar, sehingga perlu diberi kemudahan dalam menggunakan infrastruktur berupa jalan termasuk jalan tol.

Dalam PP tersebut pengaturan mengenai motor masuk jalan tol adalah berikut ini:

Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Aplikasi yang paling baru dan satu-satunya adalah jalan tol Suramadu yang belakangan ini diresmikan. Ada lajur khusus motor, terpisah dengan mobil. Alasan keamanan menjadi perhatian, menggunakan motor selajur dengan mobil dianggap berbahaya di jalan berkecepatan tinggi seperti ini. Ok, its fine…

Tapi ini kontroversial, setidaknya dari pengamatan saya di situs-situs berita komentar orang mengenai motor masuk tol cenderung negatif. Banyak ynag menganggap motor bersikap ugal-ugalan di jalan dan tidak pantas masuk jalan tol. Juga ada kelakuan oknum pengendara HD yang arogan menambah citra miring terhadap motor.

Bagaimana menurut anda?

  1. ReRe
    Juni 24, 2009 pukul 10:35 am

    Menurut saya sebelum menentukan sikap pro & kontra, ada baiknya ada uji coba duli gimana sih rasanya naik motor di jalan tol.
    Saya sendiri pernah merasakan naik motor lewat tol, pada saat Jakarta dilanda banjir besar beberapa tahun yang lalu.
    Rasanya jalan 100 km/jam itu pelan banget, gak tahu speedo saya yg ngaco atau karena faktor psikologis karena jalan yang lebar dan mulus, ditambah dengan kecepatan relatif kendaraan roda empat yang lewat di samping kita, ini menurut saya yang berbahaya dan perlu dipertimbangkan lagi.

  2. diar
    Juni 24, 2009 pukul 11:52 am

    setuju aja dengan motor masuk tol. tp memang perlu simulasi dulu. jangka waktunya 1 bulan dan tiap 200 meter ada aparat yg jaga kalau-kalau ada yg kemasukan roh pembalap. setelah itu terserah pemerintah…

  3. Juni 24, 2009 pukul 9:11 pm

    Setuju Bro…!!!
    Untuk menguragi kemacetan…!! Tapi motor harus di upgrade dulu biar kuat jalan di jalan TOL, ada saran gak…?
    =========================================
    Bro… Mohon Dukungannya !
    Stop Dreaming Start Action

  4. Juni 26, 2009 pukul 11:17 am

    bole aja
    tapi yang cc nya 250 keatas……:)

  5. Juni 26, 2009 pukul 11:48 pm

    sangat rawan kecelakaan jika tidak di buatkan jalur khusus, jadi harus di buatkan jalur khusus untuk sepeda motor

  6. nick 69
    Juli 8, 2009 pukul 2:14 pm

    Bagus bgt..
    Gw stuju,tp harus dikasi agak lebar jalana..
    Tp kalo spt gbr diatas mah ogah gw..
    Kek belanja dipasar tuh sayuran

  7. joe
    Juli 30, 2009 pukul 3:53 pm

    Gue setuju, itu terbukti di negara negara lain asia dan eropa juga gitu, Ga perlu jalur khusus , terlalu mahal….
    Yang penting taat rambu rambu mengenai kecepatannya ..klo pelan ya di jalur pelan,…klo cepat di jalur cepat…
    Ga spt saat ini di jalan raya ..ngaco…

  8. EET
    Februari 20, 2013 pukul 12:18 pm

    Website karier nya mana yg uptodate ? Plus contac personnya?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: