Beranda > Informasi, Marketing, Motor > Titik Nadir Suzuki, Suzuki Butuh Produk Fenomenal

Titik Nadir Suzuki, Suzuki Butuh Produk Fenomenal

Sampai April tahun ini Suzuki cuma membubukan penjualan sampai 119.618 unit atau 7.46% dari seluruh total penjualan motor (sumber: bro tri). Angka di bawah 10% ini cukup “fantastis” buat produsen yang pernah jaya dengan Shogun 110-nya. Nadir adalah kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan Suzuki saat ini.

Kalau dilihat lagi Suzuki punya dua produk yang kastanya adalah “bebek pendulang emas” yang berada di pasar gemuk. Namun apa daya keduanya tidak bisa menahan kedigdayaan Honda-Yamaha, dinasti “Supra-Jupiter” masih meraja-duo Suzuki keok.

Suzuki Thunder pernah menempati penjualan tinggi pada tahun-tahun lalu. Kini setelah beberapa penyegaran tetap tidak bisa menahan laju penuaan lantas konsumen bosan.

Well, Spin dan Skywave memang menjanjikan terutama Skywave yang sudah bisa menempati hati para konsumen. Kedatangan Skydrive bisa menambah kuat keduanya. Tapi dengan spek mirip-mirip plus harga yang tidak terpaut jauh kita harus mempertimbangkan faktor kebingungan konsumen.

Suzuki harus melihat lagi akan pentingnya produk yang fenomenal, tidak main-main. Satria FU punya tempat di speed lover, tahtanya sebagai bebek tercepat tidak diragukan lagi. Tapi belakangan Suzuki malah main facelift tanpa memberikan sentuhan yang lebih.

Juga Thunder yang kalau digarap lagi bisa mendapat momentum kedua. Dengan harga yang bisa ditekan murah, beri saja model keren yang memikat. Konsumen motor sport sangat peka soal model, model yang baru dan keren bisa meningkatkan penjualan dengan baik, kenapa tidak dilakukan?

Ada produk-produk yang punya talenta untuk jadi fenomena, namun keberadaanya ditelan laju penuaan, sudah saatnya Suzuki mereborn mereka dan membuat sesuatu yang bisa disebut “produk fenomenal”.

  1. Icaq's
    Mei 11, 2009 pukul 8:58 pm

    Produk seperti FXR harus dikeluarin lagi, titik!

    • Mei 12, 2009 pukul 8:57 am

      setuju bro😀

      • xx
        Mei 18, 2009 pukul 2:53 pm

        setuja banget

  2. core81
    Mei 11, 2009 pukul 10:44 pm

    Suzuki kayaknya butuh nafas buatan.
    hayo siapa yang mau coba bantu nafas buatan untuk Suzuki Motor.

  3. Buaya *_^
    Mei 11, 2009 pukul 10:55 pm

    sudah saatnya sujuki ngluarin mtr sport 150 cc, fairing, DOHC 4 valve, injection, kompresi 10,5 : 1 bore x stroke 65 x 50, double disc, delta box, lampu LED, silencer muffler, spido ala moge, model kayak GSXR 250 , tenaga 25 HP/11000 rpm, harga cuma 25 juta……+_+

    • Arya
      Juni 8, 2009 pukul 1:08 am

      sipp

  4. SkywaveR
    Mei 12, 2009 pukul 12:11 am

    Buat pasangannya FU.
    yaitu MU.
    FU > Female Underbone
    MU > Male Upbone ato motor sport laki.
    kita liat Banyak jg cewek2 yg pake FU keliatan cool seksi. Cowok yg pake MU pasti keliatan cool dan gagah.
    klo bs harganya sama, pasti laris.

  5. Mei 12, 2009 pukul 5:09 am

    Bikin motor sendiri aja deh mas.,

  6. Mei 12, 2009 pukul 5:14 am

    Kirain Manchester United bro.,
    Wakakak
    Situh juga lagi demam FU pake cewek eh, cewek pake FU ya bro ??

  7. Mei 12, 2009 pukul 5:16 am

    Duh, fitur balas-nya ngaco nih.,
    Komen atas:
    @buaya
    Bwahnya:
    @skywaver

  8. tores
    Mei 12, 2009 pukul 7:36 am

    Kalo suzuki ga bisa head to head sm honda&yamaha, lbih baik nyadar diri kaya kawasaki yg maen kelas sendiri? Bktinya kawak ninja 250& suzi FU jg ga da lawan? Lariiis maniiis

  9. Lord Ubay
    Mei 12, 2009 pukul 11:06 am

    thunder 150 injeksi jadi keluar gak ya? kalo jadi & harga gak berubah jauh kayaknya bisa naik lagi tuh.

  10. MArcus
    Mei 12, 2009 pukul 1:42 pm

    KESALAHAN FATAL-1 Thunder 125-nya tidak monosok & sport naked(value sport) tampilan lawas (ga’ progressive), hati2 bila honda keluarin megapro baru, atau Yamaha dgn.FZ150-nya
    KESALAHAN FATAL-2 Shogun pun tidak monosok (value bebek)(ga’ progressive) + isu boros dll.
    KESALAHAN FATAL-3 (paling Fatal) FXR tidak di REBORN (sport mid-end class), Suzuki tidak (salah) mengkalkulasi pasar ini… INGAT org berani beli ninja krr, honda cbr yg hrg-nya masuk angka 29…30jt

    Satu hal bahwa model Monosok di indonesia masih jadi faktor plus/dayatarik utama.
    LIat aja MX, CS1,Athlete… (bebek2 value – mid), bayangin bila shogun / smash didesain lebih progresive tati tetap ekonomis, maka pasarnya supra/vega bisa diimbangi /diambil bahkan dilampaui..

    INGAT pasar kita masih menilai lebih desain bodi / tampilan ( contoh jelas-nya pada merk HONDA / YAMAHA)….Awas juga dgn minerva, Megelli. Minerva 150cbrrrrr mesin pas-pasan aja laku lho

  11. SkywaveR
    Mei 12, 2009 pukul 1:47 pm

    cewek yg pake FU jg keliatan seksi, ng kalah ama ce yg pake matic.
    terutama FU yg 1st edition.

  12. 4dw4rds
    Mei 12, 2009 pukul 2:28 pm

    setuju, FXR harus di reborn !!! depan nya dah cantik bgt, buntutnya perlu di sexy -in dikit hehe… plus klo bikin fairing bawah jangan nanggung berhenti di tengah (di standar), bablasin aja sampe ke mendekati roda belakang, kyk GP, pasti cakeppp abisssss…..

  13. ReRe
    Mei 14, 2009 pukul 8:36 am

    Yang jelas sejak prinsipal (Jepang) menambah porsi saham, penjualan Suzuki malah makin terpuruk. Gak Tahu ada hubungannya apa tidak.

  14. deb-vil
    Mei 23, 2009 pukul 8:56 pm

    cewek yang bawa FU kelihatan lebih keren dibanding bawa matik manapun, apalagi bebek. posisi stangnya bikin punggung ga kliatan bungkok.
    FXR reborn pasti bisa ngalahin vixion dah, FXR lama aja masih lebih cakepan dibanding vixion yang laris manis.

  15. Z
    Mei 27, 2009 pukul 1:23 pm

    Satria jadiin motor laki aja ! Mesin hebat kok body ceking.

  16. Ank Jalanan
    Juni 2, 2009 pukul 10:30 am

    salut gw ma comment kalian..

    Bener tuch,
    produk suzuki udh msk massa penuaan..

    Bukti ny aza
    mtr suzuki ga ada yg laris manis d psr’an tnh air n harga second ny jatuh..

    Apa yg d kta’kn d atas comment gw jga ada bnr ny..
    orng indonesia lbh cenderung liat model ny dlu, klo mesin no 2..
    klo bs bebek ny
    udh pke monoshock..

    gw aza jual supra x 125
    truz gnti CS 1 krn udh pke monoshock..

  17. Shogun'er
    Juni 5, 2009 pukul 6:27 pm

    Kalo menurut gua bukan model, Tapi “NAMA BESAR”. Liat Supra X yang model dan fiturnya hampir sama ama Shogun, tapi Penjualannya Sangat Jauh Melampaui. Padahal Kalo masalah mesin Kita gak usah bertanya sama yang ahli, hasil riset belasan tahun Shogun bisa dipercaya. kalo Monoshock atau nggak kayanya gak terlalu pengaruh, Buktinya MX belum bisa ngalahin Supra X yang desainnya masih In the BOX. Kalo Gitu disini supaya laku yang dibutuhin Kepercayaan Konsumen. Honda udah punya Modal Kepercayaan Konsumen(walaupun kepercayaanya yang dibangun Federal Dirusak oleh AHM). Nah Waktu dulu Suzuki Sempat Menjuarai Peringkat kedua, karena udah banyak yang percaya sama Shogun. Nah Waktu itu Suzuki DIscontinue, mungkin karena Suzuki Ngelihat pasarnya yang dimakan supra x 100 cc dengan body lebih ramping. jadi dibikin shogun 110r yang lebih ramping bodynya tapi mesinnya lebih jelek. Nah jadi Suzuki Pegang prinsip Innovasi tiada henti

  18. Devil
    Juli 19, 2009 pukul 3:33 pm

    Kya’x c gt… Q sbgai suzuki l0ver sangt aneh melhat hsl pnjualn’x…. At0 mungkin k0nsumen melhat d m0t0 gp at0 sbk.. Suzuki jarang p0dium. .jd merka branggapn m0t0r be2k nya jg sma. .bkalan kalh. Hehehe…
    Mestinya skrang suzuki bikin m0t0r yg bgus dgn mesin irit + tnaga bsar + b0dy ciamix + harga sesuai dgn hati k0nsumen + mesin tangguh ama awet. .pasti dh dgn gebragan sedkit aj.. Bsa mend0ngkrak p0puleritas suzuki.

  19. yogyo
    September 3, 2009 pukul 8:37 pm

    kembali ke arashi….q kecewa ama suzuki.mo cari batok kepalanya aja susah setengah mati ( itu yang ada ltempat lampu sign nya)….kalau ada yang bisa bantu …..thank’s……Padahal q cinta banget ama si arash dari pada pendahulunya…,mesinnya untuk harian udah lebih dari cukup.

  20. huey
    Desember 5, 2009 pukul 10:30 pm

    setujuuuu….
    cayoo, fu

  21. shogun
    Desember 11, 2009 pukul 2:48 pm

    skali 2 ngelurain klass 110 yang model baru dong n’ agak murah dikit

  22. sartoyo yasmyanto
    Oktober 22, 2010 pukul 3:05 pm

    seharusnya sekarang pihak suzuki harus ekstra hati2 untuk mengeluarkan sebuah produk baru, seandainya titan kemarin dibikin monosok saya yakin konsumen H. revo + Y jupiter z akan pindah ke titan, menurut saya pribadi H + Y menang pasar + iklan, jadi intinya produk yg mau dikeluarin harus punya kelebihan yg menonjol dibanding motor sekelasnya yg jadi saingannya. nah sekarang motor sport 150 cc yg beredar baru2 ini langsung ada respon + masyarakat seharusnya suzuki ikut ngeluarin yg 150 monosok + dock + injeksi + dibikin akselerasinya yg berani bersaing, tp harus pakai nama motor baru + harga di miringi sedikit yg ke dua ngeluarin bebek metik 150 cc body kaya skywave tp nama dibikin baru, motor ini harus dibuat motor metik kencang harus lbh power dr metk yg ada di pasaran ina. saya yakin pasar motor indonesia bisa di rebut kembali. ( saya pemakai produk suzuki )

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: