Beranda > Informasi, Marketing, Motor > Tata Nano, Next Step Untuk Keluarga Bermotor?

Tata Nano, Next Step Untuk Keluarga Bermotor?

Tata Nano adalah hasil dari proyek mobil murah asal India. Singkatnya dengan harga Rp 25 juta mobil mungil ini diprediksi akan jadi booming ala Xenia-Avanza pada tahun-tahun lalu, apalagi mobil ini dilego sepertiga dari harga awal Xenia-Avanza dulu.

Lalu?

Pasar yang ingin dibidik oleh produk ini adalah sekitar anak muda, keluarga muda, dan para single yang tidak butuh transportasi gede-gede macam family car. Dan juga jangan lupa keluarga pengguna motor yang ingin naik tingkat dari motor ke mobil.

Kalau kita rata-rata para pengguna motor biasanya menggunakan bebek dengan rentang harga dari Rp 11 juta sampai Rp 17 juta. Dan dengan harga Rp 25 juta yang ditawarkan Tata Nano artinya mereka harus nambah sekitar Rp 8-14 juta.

Apa yang mau ditawarkan? Yah dengan empat roda dan atap memang perjalanan terasa lebih nyaman terutama buat si kecil. Ingat juga banyak kejadian keluarga yang memiliki anak kecil menaruh anaknya di depan pengendara-seperti tameng. Alhasil si anak bisa masuk angin sampai meninggal gara-gara kedinginan. Yah intinya memang lebih aman menggunakan mobil terutama buat si anak.

Tapi dengan harga segitu (sisa sedikit) kita juga bisa dapat motor high-end ala Honda Tiger, Yamaha Scorpio, atau Bajaj Pulsar 200.

Sekarang tergantung mau pilih mana? Tata Nano bisa dibilang kastanya rendah di dunia mobil, dan dengan harga yang lebih murah sedikit kita bisa mendapatkan motor “mahal”. Mau pilih motor atau mobil?

Memang relatif dan tergantung dari pertimbangan macam-macam dari keluarga tersebut termasuk soal biaya operasional juga. Sebagai catatan konsumsi mobil ini (tanpa AC-kecepatan konstan) bisa sampai 1:20. Dengan motor kita bisa mendapatkan 1:35-45, siahkan hitung sendiri faktor kenyamanan dan biaya operasional keduanya karena semua tergantung anda.

Pilih mana?

polling saya tutup tanggal 19 Februari 2009

spesifikasi:

  • kapasitas mesin: 624cc-2 silinder
  • transmisi :4-speed manual
  • tenaga :33 hp
  • dimensi :panjang 3100mm lebar 1500mm dan tinggi 1600mm
  1. petromaxx
    Januari 19, 2009 pukul 10:39 pm

    motor aja msa bro..
    ga’ neko-neko eh nano-nao deh..

  2. Fans Triatmono
    Januari 20, 2009 pukul 12:47 am

    Lumayan tuh buat anak muda buat mejeng k sekolah
    Btw muat berapa orang tuh mobil?

  3. Ayago
    Januari 20, 2009 pukul 9:00 am

    Mending tata dado eh tata nano lah…

  4. Al K
    Januari 20, 2009 pukul 9:11 am

    Untuk sehari-hari gunakan motor, nah untuk weekend dan keperluan keluarga gunakan tata nano…

  5. Januari 20, 2009 pukul 9:38 am

    kapan nech mulai masuk ke indonesia…? Hmm… jangan2 masuk sinih jadi 59 jutaan lg… sama aja boong…

  6. jengjengjeng
    Januari 20, 2009 pukul 2:14 pm

    mending nano bgt dunk!!!
    kapan masyuk indo??
    tapi hargany jadi brapa yach?

  7. Paidjo
    Januari 20, 2009 pukul 2:16 pm

    Ah,paling nambah2i macet aja.pilih argo lawu aja deh…eh,motor ding..

  8. Januari 20, 2009 pukul 2:46 pm

    wah… tambah bikin macet Jakarta deh klo dijual di Jakarta…
    tapi ok juga buat keluarga kecil alias keluarga dengan 2 orang anak. pas musim hujan gak perlu bawa mantel mpe 4. cukup Tata dado eh.. Tata Nano dan kunci kkontak..🙂 ngeeeeng…. libas ujan.. keluarga sehat… mertua senang…
    oiya dipastikan bakalan jadi sadar aturan lalu-lintas klo orang Indonesia punya mobil kayak gini… soalnya pada takut nabrak… hehehe😀
    Setuju….???? buat Fanderlart ok banget rewiew and khayalannya… bikin inspirasi hahahahahaha…

    Loh kok saya dibilang ngayal??? hehehe😀

  9. InFinitY
    Januari 20, 2009 pukul 9:24 pm

    xenia dulu 1000cc aja takut kalo jalan2 ama keluarga, jalan nanjak, macet..
    apa lagi ini 600cc.. hahaha. kalo pas lg penuh gimana tuh.. kl motor sih masi bs turunin kaki.. kalo mobil? hahahaha. ga tau jg sih. masi betah jadi biker.. lagi lucu lucunya.hahaha.

  10. Donal
    Januari 21, 2009 pukul 4:25 am

    @infinity
    mobil kan ada rem tangannya mas

  11. Donal
    Januari 21, 2009 pukul 4:34 am

    Beli mesinnya doang brapa ya?? Taroh dirangka motor..lumayan, tenaga setara n250r tp hrga mgkin kurang dari setengahnya..sisa duit bwt beli limbah moge, jadi deh moge 2cylinder 624cc ^_^
    ah,, ada – ada aja..
    Sy pilih tata nano

  12. mbledos
    Januari 21, 2009 pukul 9:36 am

    saya pernah baca nih artikel dah lama sih tp yg jadi pertanyaan ternyata mobil ini sambungan antar bodinya gak pake baut atau dilas tp di kasih perekat/lem gitu. nah lho…kebayangkan kondisi jalan disini bisa2X belum 1 tahun udah jebol smuanya. IMHO.

  13. iwansa
    Januari 21, 2009 pukul 5:18 pm

    beli satu ah untuk semuaaaa… kapan? kapan? kapan masuk ke indo?
    kalo gw mending tata nano karena buat sekeluarga mesti naek 2 motor nah masih kehujanan lagi itung itung kalo satu atap bensin 20 liter dengan motor dua biji ya masih mending pake tata ya ta!

  14. KokoNax
    Januari 21, 2009 pukul 7:52 pm

    Buat negara lain Tata Dado eh.. Tata Nano masuk kasta terendah.. Tapi di India sudah biasa liat Bemo, Bajaj, Tuk-tuk, dan yg lebih parah, banyak gerobak, pedati, dll yg seliweran begitu ruwetnya di sana. Jadi Tata Nano bisa naikin gengsi juga, dan lebih Cantik. Fitur & kenyamanan tdk penting buat mereka. Kalo di jual Indonesia, bisa kena bea 300% plus-plus, jadi 80jt. Kalo cuma pengen mobil kecil, kan ada Karimun, Starlet, Swift, Jazz, 1st, Smart, Mini cooper, Uno, 206, Charade, Civic, Amenity, dan banyak lainnya. Power & Kualitas jelas jauuhh beda.. Tinggal duit yg bicara. kalo belum mampu beli.. jangan maksa. Motor jauh lebih irit, terutama biaya perawatannya..
    INTInya.. Kapan Indonesia bisa bikin Tata Nano sendiri yg Murah?

  15. Januari 22, 2009 pukul 3:34 pm

    kapan sampe indonesia? minat nih, paling nggak kredir lah:D

  16. BlackAssassinEpyu
    Januari 28, 2009 pukul 12:51 pm

    Setuju sama bro KokoNax!!!
    kapan ya Indonesia bisa bikin tata nano sendiri (asal jangan kek timor aja yang katanya mobil nasional tapi ternyata buatan korea yang dibebasin pajak)
    kalo misalnya nie mobil masuk Indonesia, mending pikirkan berjuta kali, cuz dari yang pernah saia baca, mobil ini minim fitur keselamatan, Selain minim fitur keselamatan, Tata Nano juga tidak dilengkapi power steering, rpm meter. Tata Nano hanya punya speedometer, fuel gauge, dan oil light. Versi standarnya pun tidak dilengkapi AC.
    So kalo mau beli mobil murah mending beli yang taun2 lama yang udah terjamin kek model Karimun, AtoZ, ato yang agak keren dikit model mazda astina or starlet kapsul, udah manteb tuh, range harganya juga ga beda jauh ma tata nano, sekitar 40-50an juta, tapi udah lbih terjamin

  17. Fiqri
    Februari 1, 2009 pukul 12:56 pm

    Wah pengen dech lihat secara langsung mobil tata nano, pasti dech ane beli kalo memang standar untuk daerah / jalanan di tempat ane, habis ditempat ane jalannya turun naik dech, jadi mobil yang besar besar saja yang banyak ditempat ane

  18. sahirin
    Februari 3, 2009 pukul 8:40 am

    duhai Indonesia-ku sayang..
    siap-siap jadi konsumen lagi..

  19. rakh
    Februari 3, 2009 pukul 1:41 pm

    yach kalo saya mending pake tata nano.. ga kepanasan.. ga kehujanan… ini yang di tunggu2 selama ini.. walaupun kastanya rendah d dunia mobil… tp apa boleh di kata.. cuma ini pilihan mobil yg murah walaupun bahan bakarnya agak boros… tp demi keamanan diri sendiri biar ga masuk angin n n ga minum tolak angin teyuzzz hehe

  20. eno
    Februari 11, 2009 pukul 11:29 am

    kalo bener 20 jtan ane pasti beli !!!!

  21. udintea
    Februari 12, 2009 pukul 10:40 pm

    semua dah pada nunggu…. tapi kayaknya para pengusaha mobil (ATPM) disini bakalan ga rela.. akhirnya rayu pemerintah, dan dengan bermacam alasan pemerintah akan bikin mobil ini ga dijual disini, ataupun kalo dijual harganya ga 25 juta lagi…
    Nasib orang ‘ga punya’… naek mobil masih mimpi..!

  22. Februari 14, 2009 pukul 8:59 pm

    lumayanlah dari pada jalan kaki

    • testi
      Maret 12, 2009 pukul 8:32 am

      Ini mobil terbaik dalam kelas mobil termurah yang pernah dibuat! Luar biasa! Memang benar klo sampai Indonesia puajaknya gak nahan bow.. Gak lucu khan harga di Indonesianya klo seharga karimun estilo kurang dikit ya orang nanti pilih karimun estilo donk? Anehnya walaupun negara kita ini pajak mahal tapi kok jalanan banyak yang rusak gak diperbaiki2 ya? Tanya kenapa?

  23. Desember 29, 2009 pukul 2:53 pm

    Gua pilih Mobil ini saja deh, nanti motor gua jual aja, sebab lebih nyaman pakai mobil…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: