Beranda > Informasi, Marketing, Motor > Bajaj vs TVS, pilih mana?

Bajaj vs TVS, pilih mana?

Pilih Bajaj atau TVS? Dua-duanya adalah penantang baru the big four yang datang jauh-jauh dari India. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran dari motor-motor China yang mengalami nasib nyaris punah mereka mencoba mencari peruntungan di Nusantara. Intinya dengan menggunakan strategi menawarkan layanan purna jual yang baik daripada mocin-mocin.

Tidak hanya itu. Fakta membuktikan motor-motor mereka menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap ketimbang motor-motor sejenis keluaran pabrikan Jepang. Kita mulai dari panel informasi digital yang hampir selalu menyertai produk-produk mereka. Atau kita selalu ingat Bajaj menggembar-gemborkan teknologi dua busi mereka (DTS-i) yang diklaim bisa bikin irit.

Hanya saja mereka terkadang masih buta akan fitur yang lebih vital buat orang-orang Indonesia. Tutup rantai tertutup penuh ala Bajaj Pulsar 180 sudah jadi tren masa lalu di sini, begitu juga dengan rem teromol untuk roda depan di XCD. Dan jangan lupa tidak satupun produk mereka menggunakan monosok, fitur yang praktis bisa menambah pamor produk di sini. Yah ini sekaligus bahan kritik saja.

Oh ya jangan lupa mereka menawarkan itu semua dengan harga yang kompetitif, cenderung berada di bawah harga motor Jepang sejenis. Cukup menggiurkan bukan?

Hanya saja tidak ada produk mereka yang bisa dibandingkan head-to-head. Yah jadi kita bandingkan dengan kriteria ini saja:

  1. Produk yang ditawarkan secara keseluruhan (menarik atau tidak) terkait dengan harga, fitur, dan performa yang ditawarkan.
  2. Kemampuan mereka melebarkan jaringan purna jual.
  3. Kemampuan mereka dalam membentuk komunitas (klub motor)

Nah jadi pilih Bajaj atau TVS?

polling saya tutup tanggal 1 Februari 2009

  1. SkywaveR
    Januari 12, 2009 pukul 11:33 pm

    Pertamax dulu. Ikut turun ng? Kyk premium

  2. InFinitY
    Januari 12, 2009 pukul 11:40 pm

    sy ada di Palembang, di sini mah cuman ada Bajaj. TVS blm muncul. jadi vote 1 utk Bajaj. pzoo.. hehehehe.. nabung2…

  3. nimorate
    Januari 13, 2009 pukul 9:42 am

    TVS jualannya kurang beringas, salute to Bajaj yg bnr2 serius jualannya.

  4. Masked Rider
    Januari 13, 2009 pukul 10:32 am

    Klao mo beli bebek ya TVS lah

  5. Januari 13, 2009 pukul 9:22 pm

    saya pilih Bajaj karena saya lebih familiar dengan motor Bajaj dibandingkan motor TVS.

  6. Brum2!
    Januari 15, 2009 pukul 2:47 pm

    Bingung ya,TVS lbh halus,tp tenaga lbh gd pulsar,enakan mana ya?

    • Kulyana
      Januari 11, 2011 pukul 8:03 pm

      woi mas,,kalo bingung wenakan ngambil bajaj dech..gw udh ngrsai sendiri neh gmn kuenceng nya bajaj,,p lg yg 200 cc,,yg g klah penting hmat bgt mas..

  7. Januari 16, 2009 pukul 1:37 pm

    Klo maen Voting mah pastinya Bajaj menang dong,..’
    Walau secara kualitas bajaj masih dibawah TVS tapi karena menang di media, n dah duluan muncul ya pastinya

    YAMAHA V-XION yang lain nga bisa ngikutin..’

  8. rachmadi
    Januari 17, 2009 pukul 12:25 pm

    bajaj bajuri lah yaw….

    satu suara buat bajaj…

  9. 4j4x
    Januari 20, 2009 pukul 8:48 am

    @HADIY

    “YAMAHA V-XION yang lain nga bisa ngikutin..’”
    tapi V-IXION selalu dibelakang Pulsar😀 xixixi…

  10. Pro NKRI
    Januari 20, 2009 pukul 1:30 pm

    Mendingan Kita Pilih Motor 100% buatan aseli NKRI.. Kalau kita mau maju kita harus mau pakai kendaraan made in sendiri.. Tar neh Orang terkaya se asia tenggara aseli pribumi bpk. ab. bakrie ( Menteri Kita sekarang yang punya Bakrie Grup) yang sukses bikin jaringan CDMA Esia lewat PT.Bakrie Telecom .. tunggu aje Perusahaan Bakrie Grup bakalan bikin Pabrik Motor roda dua dan roda empat sekaligus dengan satu merek yang masih dirahasiakan.. doain aja semoga ga gagal kaya seniornya kaya kendaraan merek Bimantara dan merek Timor.. Jadilah tuan rumah di negeri sendiri..

  11. KokoNax
    Januari 21, 2009 pukul 9:04 pm

    Bajaj & TVS (kabarnya) sama2 diproduksi di satu pabrik. Misalnya Pulsar & Apache. Seperti Givi dan Kappa. Di Glodok sampe mangga2, cukup pake 1 ruko utk bikin Puluhan merek elektronik. Jadi Masalah pilihan, Sama Saja. Secara Pulsar sudah punya komunitas jadi kelihatan lebih baik. TVS padahal yg duluan promo Apache. Tapi (mungkin) krn merek Bajaj sdh terdaftar di Deperindag, jadi keluarlah Pulsar. Kan jadi gak perlu start dari Nol utk bisa jualan di Indonesia.. Kualitas sengaja dibedain dikit, sesuai harganya.. Ono Rego.Ono Rupo..(artinya: ada harga ada kualitas) Alaah..paling2 yg komen disini gak minat beli satu pun. OmDo..!!

  12. bejoe
    Januari 22, 2009 pukul 8:51 pm

    lain pabrikan bukannya ?

  13. onoy
    Januari 25, 2009 pukul 1:17 am

    “Kokonax”, TVS pabriknya di karawang Timur n klo bajaj blom ada pabrikan di indo mereka awal tahun ini baru akan bikin pabrik, n jgn d samain pabrikan motor sama elektronik…. sotoy dahh lu

  14. onoy
    Januari 25, 2009 pukul 1:21 am

    “Pro NKRI” said “Mendingan Kita Pilih Motor 100% buatan aseli NKRI.”..

    udah ada kali bang produksi anak negri KANZEN!!!!!

  15. MonsMeteobvow
    Januari 27, 2009 pukul 9:49 pm

    The choice will be exposed.
    http://remnd.we.bs

  16. Januari 29, 2009 pukul 8:59 pm

    klo yg saya tau soalnya saya dah bli TVS..wakaka,bajaj dah ampir 3 taon blum punya pabrik, dealer juga masi dikit, saya dah punya apche 1 warna merah garang cuy, TVS mau service dtiap kota juga gampang soalnya dealer 3snya dah ada dmana2……..BRAVO TVS=)

    • Kulyana
      Januari 11, 2011 pukul 8:07 pm

      coba aj loh k sumatera bakalan pun\yeng tu kpala cari dealer TVS

  17. Februari 1, 2009 pukul 5:30 pm

    Polling sudah saya tutup ya…

  18. Februari 6, 2009 pukul 6:10 pm

    klo gua mending pilih bajaj 125 xcd,buat mejeng ok,bt ngojek ekonomis,,,sangat irit2,maka gua menghimbau agar para tukang ojek
    harus memakai bajaj xcd 125 xcd,,ga pa pa dech belinya kredit,nanti bayarnya kan tinggal nyicil,,bensin very 2 irit

    ojekri

    kepala ojek indonesia

  19. nano
    Februari 8, 2009 pukul 10:48 am

    saya pilih tvs apache dari pada pulsar nehh..minggu depan maw beli..Awalnya ga terpikirkan tertarik sama apache, awalnya saya punya tiger 2005 yang notabene banyak keluhan, rantai ngerosok, shock keras, spraepart mahal, mesin biasa aja.

    Ketika hunting motor baru saya langsung maen ke dealer vixy, n pulsar..Gw pandangin n test ride pulsar yang 180 n 200, ada yang aneh di blok mesin ga halus,,ga kayak motor jepin, terus las-an rangka nya parah banget terlihat masih blajar, trus juga stang nya kecil bgt ga sesuai dengan body pulsar

    Ketika test ride..suara mesin terdengar berisik, tapi harus dibilang dari test ride..pulsar lebih oke dari tiger ane..ga sengaja,

    ketika maw kerja, lewat jalan buah batu, ane liat ada display apache..akhirnya saya kesana. Saya liatin n coba test drive apache RTR 160 ini. blok mesin cukup halus mirip motor jepun, rangka juga lebih rapi daripada P180n200.. Saya hidupkan moto suara mesin yang bikin saya kaget..halus banget..Saya coba,,throttle di buka, hentakannya keren, mungkin ini yang disebut teknologi RTR-nya Apache (Racing Throttle Response) jadi akselerasinya bagus. Saya tanya juga spare part..dan ternyata saya di liatin di brosur pabrik nya tvs di karawang seluas 20 Ha, sedangkan pulsar blm ada. Hal ini embuat saya berfikir, kalo dah investasi 20 Ha dan diresmikan SBY, berarti TVS company dah serius bisnis motor ini.

    Dan terakhir yang menjadi pertimbangan dari soal harga, 16.6 jta sangat rasional sekali, mendapatkan motor yang saya bilang cukup bagusm spedo digital, kekar banget apache itu, mesin enak, durabilitas mesin sepertinya akan oke juga, karena besi india kan no 1 di dunia.

    Akhirnya saya putuskan 1 minggu lagi order apache….

    • apit
      September 13, 2009 pukul 10:17 am

      Trus tiger lo dikemanaain bro???? gw dah punya CS1…., keren, enak, n mantap…tapi masih kelas bebek kan…..so gw mau punya motor laki….rencananya si mau APACHE….tapi gw bingung ma CS1 gw…mau dikemanain??? gw jual belum laku????

      • Kulyana
        Januari 11, 2011 pukul 8:12 pm

        g bkalan laku tuch bro..udah museumi aja lah tu mtor..tow g kiloi aj dech..
        wuy jgngn salh bro..mesin bajaj pnya keunikan tersndiri..dsaat lari plan swra mesin emang agak ribut,,tp gt ngbut tu swara bkalan hilang n djamin gtaran msin gd..itulah enaknya bajaj..low msalah rangka boleh adu kkuatan dech ma mtor yang laen..selain itu myot bajaj mudah untuk di modivikasi bro..

  20. kamtam
    Februari 16, 2009 pukul 2:55 am

    Gw sebenarnya tadinya mo bli apache, namun karena ga keluar2 dealernya ga sabar jadi beli p200, not bad lah p200, cuma masih suka kesengsem ma apache.. Walaupun gw owner p200 tapi memang gw akui klo buatan apache lebih rapi.. Tapi p200 juga kren, cwe gw, nyokap gw, n ade cwe gw suka ma ni motor..he3.. Jadi pilih dua2nya..hehehe..

  21. Februari 16, 2009 pukul 7:40 pm

    SOLO – Klaten ~ sering bgt liat Pulsar seliweran
    SOLO – Klaten ~ baru sekali liat APACHE yg Size nya lebih GUEDE dr Tiger apalagi MegyPret
    SOLO – Klaten ~ barengan Pulsar 3 detik doang * nyaris tak terdengar *
    SOLO – Klaten ~ barengan Apache 3 Detik * GUARANG TONGKRONGANNYA *

    Bingung tenan Pilih yg mana coba?

    * nyesel karena STANG dr dua duanya Cepit semua “

    • Juni 5, 2014 pukul 7:57 pm

      guarang apaan bro?
      waahh jon… ane jdi bingung mau pilih pulsar/rtr ? semua bagus tpi klo diliat rtr keren, klo bajaj kurang rapi tpi speed oke ..

  22. Februari 17, 2009 pukul 3:14 pm

    kapan ya apache masuk palembang.. hmmm..

  23. Jalisa
    Maret 17, 2009 pukul 1:52 pm

    Nyoba pulsar kudu yg dah km-nya 4000an ato lebih…
    Klo masih reyen emang ga kluar aslinya… hihihi…

  24. Teguh
    Agustus 6, 2009 pukul 5:36 pm

    Gw sih pilih APACHE RTR 160 donk..
    Menurut gw, Apache memiliki power yang lebih garang… lebih responsif … Tampilannya pun lebih gagah. Lo coba aja bandingin TVS dengan Bajaj pada lntasan lurus and lintasan yang menanjak! Gw yakin lo bisa ngerasain bedanya…

    Memang sih kalo untuk marketing TVS rada kurang greget, tidak seperti bajaj yang lebih berani. Tapi sebenernya TVS lebh mendahulukan menanamkan sahamnya di Indonesia dengan dibuatnya pabrik motor TVS, so gk khawatir kalo perlu spare part and onderdil buat motor, dijamin udah tersedia barangnya. Sedangkan untuk bajaj, elo kudu nunggu barangnya karena musti dikirim langsung dari indianya jk gk ada stocknya di dealer.

  25. Jantra Handoko
    Agustus 30, 2009 pukul 1:30 pm

    Gk minat 22nya…
    diantara YAMAHA,HONDA,SUZUKI,TVS,KAWASAKI,dan sebagainya…
    saya lebih tertarik dengan SUZUKI…karna model2 yg ditampilakn oleh suzuki itu tetap yg terbaru…
    dan menurut saya YAMAHA & HONDA cuma ikut modelnya aja…
    itu menurut saya!!!

  26. Laksito
    Agustus 31, 2009 pukul 3:04 am

    @ Pro NKRI

    Iya, sem0ga qta ngga lama lg poenya merek & barang asli sndiri, ya, Bung Pr0 NKRI. Kayanya, sih, ‘tuk saat ini, yaa, Bakrie yg paling mateng buat proyek tsb. Sampoerna jg bisa, sih ….

    @ Jalisa

    Iya, Bung Jalisa. Apache saya jg demikian, saya rasa. Odo masi 352 km, saya masi belum bisa mmbawanya dg kencang ( sebab masa inreyen ). Belum tampak performa yg sebenarnya ….

  27. Ganny
    September 12, 2009 pukul 1:58 am

    Mudah2n bapa saya lebih percaya TVS coz dy orangY keras klo bajaj tuh pabrikY udah ada dcikarang…
    Padahal udah jelas2 saya sekeluarga tinggal d karawang…
    Dilema nih ga nurut sm ortu gmn?
    Dan besok sabtu tgl 12 september 2009 mu k deiler bajaj sm tvs bwt ngbanding2n skalian cari2 info….
    Yg tentuY saya anak muda lebih agresif cari informasi motor yg udah zamanY serba digital….
    Dilemaaa..dilema…?

  28. sabdho guparman
    September 13, 2009 pukul 12:00 pm

    hmmmm. . . bajaj vs apache
    ane rider pulsar 200 memang kalau saya perhatikan finishing nya lebih rapi tvs,
    kayaknya di indihe sono bajaj dan tvs sebenarnya bukan rival, kalau ane perhatikan baut-baut yang dipasang di pulsar ane ada tulisannya TVS.
    overall ane gak kecewa sama performa pulsar 200, mesin halus dan akselerasi mantab. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    • ma'arif
      Februari 22, 2010 pukul 10:02 am

      ia broo … q jg pake P180 last upgraded.. kluar 2009 oktober kmaren. q blinya nov.. kereeen bgt.. ful upgraded pokokx.. ktx org2 c tmbah lbh halus dr kakaknya P200.. he..
      g kecewa pake PULSAR. keep brotherhood …
      Ronggolawe Iron Wolves …

    • Kulyana
      Januari 11, 2011 pukul 8:18 pm

      salam knal bro..dari COMBAT_JAMBI ( Comunity bajaj toruring_Jambi ).

  29. Oktober 13, 2009 pukul 2:10 pm

    Bro Apin…
    Udah jangan ragu beli Apache yang Dobel Disk aja n jual tuch CS1.
    Kita punya persamaan, sebelum ambil Apache 1 bulan yang lalu saya pake CS1, skarang setelah pake Apache saya baru ngerasain, nyamannya make Techno RTR, tarikan MANTABBBBB… MAKNYOS…

  30. Oktober 13, 2009 pukul 2:14 pm

    @Laksito

    Geber aja mas, gak papa…
    Saya km segitu udah test sampe 118 kpj, gak masalah, mesin sekarang gak kayak dulu, kudu pelan2 dulu…

    Boleh coba cari di google artikel “inreyen geber aja”

  31. Oktober 13, 2009 pukul 10:12 pm

    Saya sudah cari2 info, Kayanya TVS bukan saingan BAJAJ, di India penjualan Bajaj gantian nomor satu dengan Honda, Yamaha aja ga bisa ngelawan apalagi tvs…
    Satu lagi, setelah banding2in semua model sport, untuk beli motor baru pilihan menuju ke PULSAR 180 baru, valueable banget nih motor… (+cc besar, +irit, +ban tubeless, +stang jepit, +MURAH>>>>>)

  32. bAdcOp
    Oktober 28, 2009 pukul 4:23 pm

    TVS, lebih ke akselerasi… (liat aja ring blakangnya, 18 inc, ini karakter sport tulen…)

    Bajaj, lebih ke top speed… ini lebih ke sport touring…

    Anda suka gaya yang mana? monggo dipilih aja…

    kalo gw, dah pake P200.
    mesin awal (0 s.d. 5000 km) ngorok, di atas itu, dah alus kok…

  33. devdan
    Desember 10, 2009 pukul 5:52 pm

    klo gw milih TVS. Secara gw baru beli TVS RockZ.. Tiap hari dikerubutin orang2 di parkiran kampus… bener2 kaya di iklannya aja… hehehe fitur2nya ituloh seabreg n ga mungkin nempel di motor2 jepun..
    TVS Jaya!

  34. Januari 1, 2010 pukul 3:52 pm

    manstab dech cuy tvs !!!!!!!!

  35. adi
    April 7, 2010 pukul 12:24 pm

    klo aku masih pilih tvs apache dah,lumayan enak pakenya buat kj harian,untung gk jd beli pulsar,di batam dh tutup tuh dilernya,gk tau knpa mgkn gk laku kali.gmn tuh rider pulsar?klo rusak kmn tuh cr sperpatnya?

    • Januari 13, 2011 pukul 8:46 pm

      part ilang bisa minta tolong temen2 yang ada di seluruh nusantara…

  36. kucing ustad
    Agustus 30, 2010 pukul 12:10 pm

    saya lebih suka dgn TVS ROOKZ ketimbang bajaj.karna gw suka motor bebek

  37. kucing ustad
    Agustus 30, 2010 pukul 12:13 pm

    saya lebih suka dgn TVS ROOKZ ketimbang bajaj.karna gw suka motor bebek lebih praktis

  38. Oktober 15, 2010 pukul 9:55 am

    APache MANTABBB….!!!

  39. bajoe_oks
    Oktober 21, 2010 pukul 4:20 am

    klo ane sih milih apache dari pda p180 atau p200..
    karena akselerasi dan top speed apache diatas keduanya..
    ini di sudah ujicoba dengan temen ane yg netral (karena motornya pio)..
    sampel yg didapat yaitu rtr160 vs p200 dengan kondisi semua standart..
    pada awalnya kendaran di kendarai secara bersamaan untuk memastikan perbedaan spedo pada kedua motor..
    ternyata trjadi selisih sktr 2-3 kph antara apache dengan p200 yang dimana apache 40kph dan p200 37-38kph.. trus kita bulatkan menjadi 4 kph selisihnya..
    (saat itu spedo yg dipake bajaj hitam bukan yg putih seperti keluaran baru, karena yg putih sudah menyamai apapceh bhkan aa yg lebih cepat)
    tes dilakukan di ring road barat nogotirto yogyakarta..
    dengan joki yg sma yg emg suka ngetrek..
    dengan posisi duduk mendekat ke tangki atau dada menempel tangki (seperti motogp)didapatkan kecepatan apache adalah 137kph dan kecepatan p200 adalah 124kph,
    jika di samakan spedonya berati p200 kecepatannya ditambahkan 4 kph menjadi 128 kph..
    jadi apache 137 kph dan p200 128 kph..
    ini cuma tes sendiri lho..
    jadi yg tidak berkenan mohon maap..
    apache saya aj cuma lari 130kph itu juga karena bobot gw 97kg.
    hhe..
    just share no offense..
    jadi klo bisa vote ane pilih Apache dengan harga yg lebih murah tapi kualitasbisa menyamai bahkan bisa mendahului..
    ini ada anekdot aja yah..
    setiap ane naek apache n ktemu bajaj pengendara bajaj pasti ngeliatin n jga jrak klo jlan..
    apa karena takut bautnya diminta tvs yah..??
    hhe..
    IMHO..

  40. Oktober 27, 2010 pukul 11:57 am

    Gue sempat sampe 128, sekali doang habis itu gak pernah brani lagi…
    Serem banget…

  41. edwin
    November 1, 2010 pukul 2:20 pm

    mening TVS ja bro,,,,

    • andre
      Januari 17, 2011 pukul 10:35 pm

      Ane kesengsrem ama baji… Pulsar 135, bini ane pengen apache, anak ane pengen M**** R150vk gua bingung bro… cuma napa 2 motor masih dobel sok?

  42. November 15, 2010 pukul 11:26 am

    Apache cukup Ganti Busi Iridium, gile…
    Larinya kayak setan, tapi nyata keliatan…

  43. Mei 26, 2011 pukul 5:37 pm

    WAH saya lebih salut sama pulsar saya pengguna tiger tapi saya tertarik sama pulsar 220 tenaganya g begitu garang tapi topspeed nya asik juga ….. saya tidak memilih dan memihak namun menurut saya, pulsar lebih unggul di banding tvs masalahnya pulsar 2 busi

  44. September 19, 2014 pukul 8:01 pm

    Menurut sy jg, pulsar yg lbh unggul n moderen yg psti nya n brtenaga kencang Buaaangeettt….,

  45. win kul
    Desember 29, 2014 pukul 3:47 am

    ane baru mau bli uda bingung duluan…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

