Beranda > Hasil Pemikiran, Informasi, Motor, Pengalaman, Refleksi dan Berpikir, Safety Riding > Belum Hilang Konsentrasi Sebelum Berkendara

Belum Hilang Konsentrasi Sebelum Berkendara

Pernah saya mengalami saat setelah keluar dari warnet demi merampungkan misi di blog ini saya langsung menaiki motor saya. Sebelumnya saya sudah nongkrong di depan layar komputer warnet tersebut selama satu setengah jam. Nah dalam perjalanan saya seakan masih ling-lung dengan keadaan sekitar. Untung saja saat itu jalanan sedang sepi, alhasil saya masih diberi kesempatan untuk sampai di tujuan dengan selamat.

Pernah mengalami hal yang sama? Setelah melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, anda beralih ke kegiatan lain dan anda kesulitan untuk berkonsentrasi pada kegiatan tersebut? Saya tidak berhasil mendapatkan refrensi di internet mengenai hal ini, namun mari saya bahas, meski terbatas…

Saat kita melakukan suatu kegiatan, otak kita akan bekerja dan fokus pada kegiatan tersebut. Fokus yang tinggi pada otak tentunya perlu pada kegiatan tersebut. Namun masalahnya adalah ketika kemudian kita beralih pada kegiatan yang lain, kita kehilangan konsenstrasi.

Hal ini bisa terjadi karena otak belum bisa mengalihkan orientasi dari kegiatan yang sebelumnya ke kegiatan yang berikutnya. Gambaran di otak adalah kegiatan yang kita lakukan selanjutnya masih sama. Namun pada kenyataannya berbeda, maka dari itu kita sering kebingungan.

Misalnya saja adalah ketika kita selesai dari menonton film dari bioskop. Layar yang lebar dan tata suara yang menggelegar menyita konsentrasi kita selama kurun waktu sekitar dua jam. Nah setelah keluar dari ruangan bioskop sering kali kita merasakan suara-suara dari film yang kita tonton barusan membayang-bayangi plus gambar-gambar akan berkelebatan di benak (bayangkan bila kita baru saja menonton film horor). Nah saat itu kita belum bisa keluar dari orientasi “di dalam bioskop”. Nyawanya belum ngumpul, begitulah istilahnya.

Dan bayangkan bila setelahnya kita langsung mengendarai tunggangan kita. Bisa-bisa suara klakson kendaraan lain yang melintas tidak kita dengar. Traffic light yang sudah menyala hijau tidak kita gubris. Lampu kendaraan yang menuju kita tidak kita hiraukan. Alhasil yah…

Sepertinya penting untuk kita buat mendapatkan “nyawa” kita kembali sebelum berkendara. Sebab ini berhubungan dengan nyawa kita dan nyawa orang lain juga tentunya. Bukan cuma soal berkendara, mengetik laporan misalnya, bisa-bisa kita salam memasukkan data dan fatal akibatnya. Yah, soal konsentrasi memang bukan cuma soal di iklan minuman isotonik… :-))

nb:Kalau ada refrensinya tolong dipost ya? Thx…

Iklan
  1. kacamata
    November 12, 2008 pukul 5:59 pm

    nyang penting PERTAMAX.!!

  2. kacamata
    November 12, 2008 pukul 6:02 pm

    sebelum berkendara minum mizone… πŸ™‚ sorry OOT..

  3. kacamata
    November 12, 2008 pukul 6:03 pm

    yess…. Podium

  4. kacamata
    November 12, 2008 pukul 6:05 pm

    horee…. Disabet btw pengen beli pulsar 220 dtsfi kapan masuk indo yaw… Tp model na aga2 jelek msin na ma maknyos

  5. xxl123
    November 13, 2008 pukul 5:51 am

    ^^
    dah punya duid nya lom buat beli pulsar baru?? sory oot hehehehheeh

  6. kacamata
    November 13, 2008 pukul 9:04 am

    @^

    Doit seh da ada tp model na itu loh ky g pke celana,tanggung. Ada solusi lain?

  7. Donal
    November 14, 2008 pukul 2:16 am

    Dlm kasus sprti ini mnrut saya lbh tepat disebut belum hilang konsentrasi sblum brkendara drpda kehilangan konsentrasi sblum brkendara.
    Hal sprti ini paling srg trjadi dan lama bgt ilangnya trutama stlh naik perahu atw kegiatan apapun yg menyangkut keseimbangan badan shgga mmbwt otak kecil bkrja ekstra, shingga stlh melakukan kgiatan tsb tubuh msh terasa trhuyung2 N rasanya mengambang ^_^

    Ah ya, itu maksud saya. OK,ok terima kasih masukannya. Tapi ngerti kan apa yang saya maksud? Thx ya bro…

  8. Donal
    November 14, 2008 pukul 2:40 am

    Kalo tb2 kehilangan konsentrasi ditengah prjlnn trus jd linglung plus rsnya stengah sadar N brasa kyk agak ngimpi saat brkendara sering saya alami saat mnempuh prjlnn jauh dan trllu lama brkendara..
    Mgkin krna dehidrasi, capek, jenuh, dll.
    Antisipasi prtama yg saya lakukan jk mengalami tanda2 tsb adlh dgn menggedekkan kepala dgn cepat smbil berkata “Bbrrrrrrrrhhhh”, (emgnya iklan coca-cola! πŸ˜› ) agr kesadaran diri kembali N bs knsentrasi lg, stlh ksadarn penuh baru saya pln2 menepi lalu istirahat, krna antisipasi saya tsb cm brlaku sesaat N gunanya hanya utk knsentrasi saat mau menepi N memarkir motor.
    Jk mau terus (mls istrht) tntu saya hrs srg mggelengkan kpala agr ttp konsentrasi πŸ˜› tp tetep aja lbh baik parkir sbntr baru lanjut

  9. Donal
    November 14, 2008 pukul 2:54 am

    Kalo mau konsentrasi ekstra penuh mungkin….nonton motogp atw maen game balap dulu sblm brkendara kali yaa biar full konsen dgn keadaan sekeliling, asal jgn kebawa ngebut mulu!
    Tp org yg trbiasa ngebut kok jstru tingkat konsentrasi N kewaspadaannya lbh tinggi mskipun ditengah macet drpda org yg ridingnya trbiasa santai dan leha-leha ya…nah loh…??!

  10. Donal
    November 14, 2008 pukul 2:57 am

    Kalo mau konsentrasi ekstra penuh mungkin….nonton motogp atw maen game balap dulu sblm brkendara kali yaa biar full konsen dgn keadaan sekeliling, asal jgn kebawa ngebut mulu!
    Tp org yg trbiasa ngebut kok jstru tingkat konsentrasi N kewaspadaannya lbh tinggi mskipun lg ga ngebut drpda org yg ridingnya trbiasa santai dan leha-leha (baca: ga trbiasa ngebut) ya…nah loh…??!

  11. Donal
    November 14, 2008 pukul 2:59 am

    @fanderlart
    komen #9 dihapus aja deh :mrgreen:

    Biarin aja, biar itungan komen nambah deh sodara, saya bukan anti ngejunk kok… hahaha

  12. Abon Sapi
    November 14, 2008 pukul 9:24 am

    makanya, minum cerebrovit

  13. ulet_bulu
    November 14, 2008 pukul 1:20 pm

    Minum irex biar bangun dulu,gimana…???

  14. November 14, 2008 pukul 8:09 pm

    Sesuai masukan bro Donal, judul saya ganti sodara-sodara…

  15. Donal
    November 15, 2008 pukul 6:37 am

    Iya, saya mengerti yg dimksud.
    Kyknya otak kalo udh trlalu serius konsentrasi dlm wkt yg lama trus lgsg gnti konsen ke hal yg lain tuh otak rsnya jd hang gtu, kalo mslnya kompi mgkin msti direfres dulu biar bs konect lagi ke jaringan

    Matur tenqyu ats prhtiannya yaa…

  16. Donal
    November 15, 2008 pukul 6:40 am

    @abon & ulet
    kwkwkwkwkwk….
    Minum kuku bima skalian, biar…
    Rossa!
    Rossa!!

  17. Abon Sapi
    November 15, 2008 pukul 10:43 am

    @donal
    rossa mah baru nyanyi nal….btw, itu nasir loe nal?

  18. Donal
    November 18, 2008 pukul 11:33 am

    Iya bon, kpn2 kalo ktmu disolo diklakson2 yaa!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: