Beranda > Informasi, Marketing, Motor, Motor Baru > New Tiger Eksklusif?

New Tiger Eksklusif?

Dan waktu memang benar-benar bicara, setelah pergunjingan macam-macam dimana-mana, lahir juga Tiger baru ini. Meski memang tidak sepenuhnya baru, bolehlah kali ini kita apresiasi dengan memberikan penghargaan buat desainnya.

No comment buat mesinnya yang memang lagi-lagi mengecewakan para penggemarnya yang sudah sekian lama menunggu mesin baru. No comment juga buat rangka dan suspensinya yang masih pakai versi lama. Kita sudah tahu jelas kedua hal itu, tidak usah kita bahas saat ini. Kali ini kita fokuskan saja soal kenekatan Honda dalam menerapkan desain yang unusual ini.

Sepertinya Honda sedang getol mengeluarkan desain yang keluar pakem, nyeleneh. Namanya juga nyeleneh pasti ada yang kontra dengan desainnya. Ambil contoh CS1 yang benar-benar aneh, alih-alih meniru bentuk Jupiter MX yang jelas menjadi saingannya, CS1 mengambil bentuk yang sebagian orang menyebutnya kena tumor atau bebek hidocepalus (ini istilah siapa ya).

Image Hosted by ImageShack.usTak terkecuali new Tiger ini, terutama lampu depannya yang tidak simetris, sangat tidak umum. Bahkan ini sebenarnya trend baru di motor-motor Eropa. Dan Honda dengan nekat menerapkan kementahan desain ini dalam motornya yang dinilai sebagai top of the line.

Ingin tampil beda, begitulah pesannya. Sering disebutkan bahwa desain adalah hal yang sangat berpengaruh dalam pasar motor 200cc ke atas. Bagaimanapun konsumennya adalan orang mapan yang membutuhkan imej yang terceermin dalam tunggangannya. Dan kemapanan sering disimbolkan dengan sesuatu yang eksklusif.

Aneh adalah cermin akan ketidakbiasaan. Terutama tampang depan yang dilihat orang pertama kali. Ibarat wajah, lampu depan Tiger menyiratkan ketidakumuman. Dan dari situlah muncul citra eksklusif. Lampu bulat sudah sangat biasa, yang berkedok sudah ada di motor-motor India. Kali ini ada yang asimetris, tentunya menjadi hal yang unik.

Dan pertanyaan berikutnya adalah bagaimana dengan para konservatif? Bisakah mereka menerima desain macam ini. Bisa iya-bisa tidak. Bila mereka adalah pecinta Honda sejati tentunya perubahan seperti apapun akan mereka lahap. Masalahnya adalah yang memang tidak cinta-cinta amat dengan Honda.

Di sinilah kemampuan Honda akan mendidik konsumen diuji. Bisa tidak mereka meyakinkan calon konsumen bahwa model seperti ini tidak masalah dan terlihat cakep. Ini jadi peer buat tim marketing mereka. Bisa tidak mereka membuat iklan yang persuasif, membuat event yang mendukung ketidaklaziman new Tiger??

Peer yang sama seperti pada CS1…

  1. inFinitY
    November 6, 2008 pukul 11:03 pm

    tapi harganya naik lagi.. naik lagi… 24 jeti.. ga ada versi SW nya lagi..

    kalo vixy kan CW doang, tapi harga ga nyampe 20 jeti…

    laku ga neh?

    Tiger sama Vixion kan beda pasarnya bro…Tidak adanya pelek SW mungkin karena terkait dengan ini

  2. jabul2
    November 7, 2008 pukul 8:02 am

    wah exculisive?.. kira2 bertahan ampe berapa tahun niy design nya ya……..

    Batas waktu buat facelift lagi mungkin sekitar tahun 2010 (melihat jeda waktu antara Tiger Revo dengan new Tiger Revo)

  3. yzfr4
    November 7, 2008 pukul 11:50 am

    biasa aj motor nya.

  4. lightning
    November 7, 2008 pukul 3:06 pm

    satu lampu motor honda.. satu lampu mobil honda..
    atau satu bentuk telor.. satu bentuk sayap ngepak..

  5. sabdho guparman
    November 7, 2008 pukul 5:00 pm

    dari bodi seperti pendahulunya emang keker banget,
    dan eye cathcing,
    tapi sudah rahasia umum kalau honda sangat jarang melakukan perubahan di sektor engine,

    mesin supra fit sama persis ama revo
    vario = beat
    tiger yang terbaru sama persis mesinnya dengan tiger versi pertamanya ( release 1994 cmiiw )

    memang dari segi brand image tidak ada yang berani membantah kalau brand honda diatas angin ( orang kampungku menyebut semua motor roda 2 ya honda )
    perubahan disektor kepala aja memang agak mengecewakan para pecinta honda yang mengharapkan tiger didongkrak menjadi 250 cc , tapi menurut para punggawa honda peningkatan kapasitas engine akan berimbas naiknya harga jual, jadi berdasar riset perubahan minor disektor acesoris lebih masuk hitungan dalam rangka menghadapi para kompetitornya ( terutama vixi dan pulsie dengan kehandalanya masing – masing ).

    so . . .

    we ‘ll see the market response

    salam,
    sabdho guparman

  6. Pengen ganti motor
    November 7, 2008 pukul 11:23 pm

    Mas,ndak dibahas performa nya? Kalaupun mesin sama,misal keunggulan lampunya? Atau yg lain? Wah,nda ada yg SW? Harga mati 24jt dong?

    wah belum ketemu unitnya nih, kalau ketemu ya. Di media aja belum dibahas…

  7. Abon Sapi
    November 8, 2008 pukul 5:54 pm

    performa masih sama wong engine sama kaya yg dulu

    Biasanya ada media yang ngibul…dibilang bedalah..padahal sama…

  8. November 9, 2008 pukul 6:57 pm

    No komen ah……

    Alternatif cc diatas 200 cuma tinggal pulsar 220, fazer 250 & N250R (ini terakhir karena full fairing)
    *maap ya Om Taufik 😀

  9. Jeff
    November 10, 2008 pukul 6:16 pm

    ehm…pada penasaran ya dengan dtailnya????
    dalam minggu ini g posting di sini deh….. 😉
    Don’t miss it….

  10. MongTor
    November 11, 2008 pukul 8:56 am

    ^
    gak terlalu penasaran sama detailnya terutama performa mesinnya, lha emang kaga berubah dari 15 tahun yg lalu je 🙂
    kalo detail body mah ntar aje liat di bonjer paling bulan depan dah nongol..

  11. MoePenk
    November 11, 2008 pukul 9:55 pm

    Xixixi… si Mongtor bener juga. Ngapain beli Tiger baru? lha wong mesin dll sama semua. Walaah..beda cuma Kedok lampu depan, lampu led blkg, sirip robot di tangki & tutup knalpot.. Beli aja ketengan di Bonjer3 buat facelift. gak nyampe 1 juta kalee… kecuali kedok lampu depan komplit dijual 1 jeti.. mungkin loh. kan Honda kalo jualan gokil.. Kawasaki jual mahal krn kualitasnya full import. Honda kan dibuat disini koq mahal ya.?? Apa pembelinya yg guoblookk… (xixixi..sorri loh, ini kenyataan..)

  12. epouto yoka
    November 15, 2008 pukul 9:54 am

    Honda…….. maumu apa sih. Bingung aku. Gak ceto gitu sih. Mungkin sy yang gak bisa ikut jaman, masih bermimpi Honda ngluarin model BMW jadul…….R26.

  13. November 21, 2008 pukul 9:44 am

    sebenarnya jujur aja aku sih lebih ngarepin tiger versi injek, mesin sama ato beda dikit gpp lah asal karbunya dah injek, katanya honda mongluarin sport injek kapan yah..

  14. brembo MAN.,
    Februari 24, 2009 pukul 7:09 pm

    WAH HONDA TU KAYANYA GAK ASAL2AN DEH..UNTUK NGELUARIN VERSI INJEKSI BUKAN KAYA MEREK LAIN YANG ASAL INJEKSI TAPI GA SEIMBANG AMA PERFORMA MESINNYA!!!! GETOLOH….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan ke yzfr4 Batalkan balasan