Beranda > Hasil Pemikiran, Informasi, Motor, Refleksi dan Berpikir, Safety Riding > Menurut Anda Berapa Batas Minimal Menjadi Boncenger

Menurut Anda Berapa Batas Minimal Menjadi Boncenger

Image Hosted by ImageShack.usTerkadang saya melihat satu keluarga dibawa semua dalam satu motor. Sang bapak pegang kendali, dibelakang ada istrinya plus satu orang anak di antara sang bapak dan ibu, biasanya lagi ada yang ditaruh di depan sang bapak. Saya jadi bingung anak sekecil itu kok sudah ditempatkan di area yang berbahaya seperti jalanan di Indonesia ini. Jadi menurut anda berapakah umur minimal bagi seorang anak untuk menjadi boncenger?

Anak kecil pada umumnya memiliki refleks yang baik terhadap kondisi jalan raya. Namun mereka dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan seseorang untuk benar-benar fokus pada jalan di depannya. Meskipun yang menjadi pengendali bukan dia (jelas) namun tetap sebagai pembonceng harus tetap memiliki kesadaran akan keadaan jalan.

Fenomena lain adalah dimana sang anak diletakkan di depan pengendara. Di sini sang anak ditempatkan bagai temeng sang pengendara. Angin jalan langsung menerpa sang anak tanpa perlindungan kecuali jaket mungkin. Pada kondisi ini sang anak rawan terkena Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Dalam beberapa kasus belakangan ini setelah mudik sang anak terkena ISPA. Bahkan kabar yang saya dengar ada anak yang diketahui meninggal setelah mudik karena terpapar angin.

Terkait juga dengan pengadaan helm. Seringkali kita tidak bisa menemukan helm yang cocok bagi ukuran seorang anak. Terkadang ada yang memakaikan helm dewasa untuk anak kecil. Jelassalah karena helm akan longgar dan bisa lepas dengan mudah. Apa jadinya bila terjadi kecelakaan? Helm akan mudah terlepas dan fatal akibatnya. Lagi, kita tidak akan menemukan helm untuk bayi saat ini. Alasannya jelas, kepala bayi masih sangat riskan untuk diberi beban seperti helm. Anehnya seringkali kita lihat polisi menilang pengendara tanpa helm, namun untuk anak kecil sering dilewatkan begitu saja. Padalah perlindungan helm pada dewasa dan anak-anak sama-sama penting.

Nah jelas jalanan bukan tempat yang ideal bagi sang anak. Masalahnya adalah keadaan ekonomi dan transportasi keluarga di Indonesia sering kurang memadai untuk anak. Satu keluarga yang hanya memiliki satu motor bebek dihadapkan pada kenyataan bahwa naik bus bukan pilihan baik juga saat ini. Alhasil mereka memilih motor sebagai transportasi “borongan”. Kita tidak bisa menyalahkan mereka sepenuhnya dalam kasus ini. Keadaanlah yang memaksa mereka.

Tetapi tetap saja yang namanya keselamatan adalah nomor satu dalam berkendara. Nah jadi setelah tulisan saya di atas, menurut anda berapa usia minimal seorang anak untuk menjadi boncenger???

Iklan
  1. adetm
    Oktober 30, 2008 pukul 9:09 pm

    kalo bawa anak umur dibawah 12 tahun mending bawa mobil. nggak sayang banget sih sama anak, nabung paling nggak 30 jt juga dapet lah mobil bekas apa gitu, gw sendiri nggak tega kalo lait ada anak kecil dibonceng motor, mending gw jauh2 deh jaga jarak, takut kalo nyenggol atau bikin si rider ragu2. sayang anak… sayang anak…

    Menurut saya sih sebenarnya 5 tahun cukup, tapi proteksi harus dapet porsi khusus

  2. Oktober 30, 2008 pukul 11:07 pm

    @fanderlart
    salam kenal bro..dari blogger newcomers.
    btw,menurutku 3 tahun cukup lah jadi boncenger,karena umur segitu sudah bisa berdiri sendiri dengan baik.kemudian,soal helm,sudah ada kok helm khusus anak dengan bahan standar ABS yang cukup baik,KYT full face sedangkan NHK/GM half face.
    masalah angin, bisa diatasi dengan wind shield..
    Indonesia kulturnya bukan mobil.tapi motor..

    Tapi saya tetep khawatir sama ortu yang mbonceng anaknya di depan, bahaya bro, betul ga?

  3. xxl123
    Oktober 31, 2008 pukul 8:38 am

    @1
    klo beli motor bebek aja kredit boro2 mo nabung buat beli mobil. klo ada duid sih mereka pasti beli mobil.hehehehhehe

  4. Oktober 31, 2008 pukul 11:24 am

    No komen, vote doank

  5. Wingko babat
    Oktober 31, 2008 pukul 7:57 pm

    Kalo dibwh 1thn,gendong ama ibu,tp jgn pk slendang,ada kejadian di kampung,anak kecil keseret roda krn selendang ibu nya klewer2 msk gear blkg. Kalo mau muatan bnyk pk vespa,dl wkt saya kecil,kalo muter2 kota ber4, sy didpn,pk helm,kc mata,jaket,saputangan buat masker, kakak&ibu di blkg. Fun bgt,tp ga jauh2,paling muter2 kota,ke alun2 beli martabak&mainan,pulang. Kl luar kota bokap pk civic ’76 or vw kodok…

  6. November 1, 2008 pukul 11:41 pm

    harus sudah diatas 5 tahun
    karena agar reflek dirinya sudah terbentuk bila menemukan sesuatu dijalan

  7. Donal
    November 5, 2008 pukul 9:58 am

    Mnurutku minim 5th

  8. Donal
    November 5, 2008 pukul 10:02 am

    3th boleh laagh dibonceng keliling bwt ngenalin lingkungan ke anak, tp dijalan raya yg ga trlalu rame, tntu dgn memakaikn prgkat kslamatan utama spaya dia trbiasa kelak..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: