Beranda > Hasil Pemikiran, Informasi, Marketing, Motor, Motor Baru, Pengalaman, Refleksi dan Berpikir > Bajaj Pulsar 220, ada Alternatif Lain dari Bajaj?

Bajaj Pulsar 220, ada Alternatif Lain dari Bajaj?

Pulsar 220 sudah akan diluncurkan, tinggal menunggu waktu dan kabar yang lebih jelas saja. Namun ada hal yang masih mengganjal di benak saya. Yaitu mengapa sampai sekarang Bajaj terus-terusan mengeluarkan produk yang rasa-rasanya senada, kalau tidak sport touring (Pulsar Series) ya city commuter (XCD). Dan seperti yang kita ketahui interval dari line-up Pulsar adalah 20cc, 180-200-220. Apa rasanya terlalu sempit? Mari kita bahas.

Seperti kita ketahui pasar motor sport di Indonesia berbeda dengan di India. Di negeri Bollywood tersebut, pasar motor sport sangat besar, bebek tidak populer di sana. Dengan besarnya pasar motor sport, lazim bila pabrikan di sana memfokuskan produksi di tipe motor sport. Salah satu indikasinya adalah dengan line-up yang banyak dan rapat.

Kita lihat Bajaj di India menghadirkan motor sport kelas 100cc, 125cc, 135cc, 180cc, 200cc, 220cc. Jelas termasuk rapat bila dibandingkan dengan motor sport di Indonesia. Kita lihat Yamaha Indonesia hanya menghadirkan 150cc dan 225cc. Honda hadir dengan 160cc dan 200cc. Nah strategi Bajaj menghadirkan Pulsar 220 kok rasanya berlebihan bila melihat pasar motor Indonesia, interval antar produknya terlalu rapat (20cc) menurut saya paling tidak interval yang cocok adalah 35-50cc.

Nah bila Bajaj masih ingin menghadirkan Pulsar 220 apa yang harus dilakukan supaya menghindari efek dari interval ini? Salah satunya adalah dengan menghadirkan sesuatu yang baru dari Pulsar 220. Penampilan
menjadi faktor yang penting dalam pasar ini, dan tampang Pulsar 220 terlalu mirip pendahulunya. Nah paling tidak harus ada perubahan yang jelas (hemat saya half fairing tidak cukup).

Kalau mau aman adalah dengan menampilkan sport berfairing. Aliran ini terbilang aman dibandingkan dengan trail ataupun cruiser yang di Indonesia sendiri kurang begitu laku. Setidaknya penjualan Ninja 250R sedikit memberi gambaran akan konsumen Indonesia yang menginginkan motor semacam ini. Penggantian mungkin sebatas bodi depan dan kaki-kaki. Profil ban diperlebar dan pengaplikasian monosok (kok rasanya Bajaj alergi dengan part yang satu ini ya?), diikuti penggantian setang jepit. Soal rangka yah, optional sih tapi bila ingin terlihat lebih ciamik monggo.

Dan semua berpulang pada keputusan pihak Bajaj, ini cuma pendapat saya. Rasa-rasanya Bajaj perlu lebih jeli membedakan pasar Indonesia dan India, produk yang dijual di sini tidak harus sama persis dengan yang dijual di negara asal…

  1. blues
    Oktober 15, 2008 pukul 3:33 pm

    dikasih pertamax pasti ngacir de

  2. Kecret
    Oktober 15, 2008 pukul 4:27 pm

    saat ini strategi BAI mungkin akan mengisi semua level mongtor sport, jadi Pulsar180 untuk mengganggu MegaPro dan Vixion, trus Pulsar200 untuk memberi alternatip slaen Tiger, dan Pulsar220 diharapkan dapat menjegal scorpio….. kalo harus bertempur berdarah2 di kelas bebek dan skutik kayaknya ga mungkin buat BAI, invest-nya terlalu gede, berkaca dari yg dilakukan TVS dalam peluncuran Neo yg dianggep lom berhasil…… saat ini BAI masih mendatangkan mongtor dalam bentuk CBU sementara pabriknya blom beroperasi…..

    Buat saya kok rasanya untuk menjegal Scorpio kurang cocok ya??? Rasanya Untuk Tiger dan Scorpio cukup menempatkan satu produk di antaranya

  3. Oktober 15, 2008 pukul 6:03 pm

    Iya neh, knp ngga sekalian 250cc yaks ??? mungkin dg 250cc tp konf1gurasi mesin V 2 silinder plus DTSi adalah sesuatu yg bernilai sangat plussss,,,,,, emang ada ya mesin V 2 cyl make 4 busi ???

    ****kyknya angan ini terlalu erlebihan *****

  4. Oktober 15, 2008 pukul 6:56 pm

    Konon berkaitan dengan “Hak Paten” nya Om, makanya desainnya mirip-mirip aja, itu cuma butuh modal dikit, desainnya cuma pengembangan saja. Makanya bajaj bisa menekan harga.
    Coba perhatikan framenya, tangki, sama shok belakang.

  5. cep roland
    Oktober 16, 2008 pukul 6:58 pm

    monoshock ato kaga? katanya model knalpot mirip buell yg nempel di bawah mesin, bener kaga?

    Model knalpot yang seperti itu kok rasanya seperti editan bro tekekmeong

  6. Wingko babat
    Oktober 17, 2008 pukul 4:51 pm

    Dah bawa sentul aja P220,tiger,scorpio, thunder 250, kawak zx250, tandingin menang mana. Pulsar itu produk ecek2, thunder 125 aja dah kasar, bajaj tuh harusnya bkn bemo,ga bkn mtr. Liat aja 5thn lg paling dah ga diproduksi..Trus bangkrut. Mati elo pada yg pake bajaj,dikilo in jd rongsokan. Viva Yamaha! P200 Rp20jt? Mdgn Scorpio jauh!

    • Ranj
      Februari 2, 2010 pukul 11:36 am

      lhu jangan asal ngomong bajaj da teruji dinegara asalnya kalau cum,an tuk nyaingi thunder dan yamaha keknya bajaj mampu lah, emank kamu da lihat langsung performance nya dinegara asalnya, blum kan,

    • adibusana
      Maret 17, 2011 pukul 8:49 am

      Ckckckck… Hare gene masih ada orang stress…

  7. si_biru
    Oktober 17, 2008 pukul 7:46 pm

    @6. Wingko babat
    Bah scorpio, hari gini pake motor boros, lo mau lari sekenceng apa siy di jakarta, jalanan macet, yah kecuali elo bukan orang jakarta ya, yg tinggalnya di kampung hehehe. Scorpio bukannya mesinnya cepet rusak tuh, cepet panas, gak kuat jalan jauh, minummnya banyak, sok cepet rusak, waduh engak deh gw siy dengn scorpio. Coba diadu dengan tiger untuk turing jauh, bakalan boncos tuh scorpio hahahaha.

    coba scorpio di jual di luar indonesia dijamin gak bakalan laku, karena udah gak worthed deh orang luar negri untuk beli motor yang boros, gw suka bingung orang yg pada beli scorpio, apa siy yg di liat dari tuh motor selain bisa kebut. Mesin lemah, material jelek klo dibanding honda, trus handling yg kurang enak. apa coba yg hrus dibanggakan dengan scorpio, sodara gw yg udah punya 2 tahun bilang klo scorpio lama2x nyusahin ada aja masalahnya, blm lagi sock nya yg makin lama makin gak enak aja, trus makin lama makin boros halahhhhh. Hanya orang yg gak berpikir panjang yg beli scorpio xixixixix, seminggu untuk besin bisa abis 100rb lebih hahahah makan tuh bensinnnnn….

  8. Wingko babat
    Oktober 19, 2008 pukul 9:34 am

    @7 si_biru, weeks tiger lbh parah lagi,mesin klotak2,knalpot cpt kropos,tangki cpt bocor, boros? Halah tigy jg boros, sama2 boros ya mdgn yg larinya kenceng,torsi kuat,kagak capek oper2 gigi. Lagian parts tiger jg mahal,lokal pula,mdgn Pio donk! Parts mahal krn yamaha msh standar impor jepang. Shock blkg lemah? Memang ini kelemahan pio,tp bs dikasi dudukan tambahan jd gak tll amblas bro. Buat macet ya enak pio,kopling pio empuk bgt,boros relatif,dlm kota 1ltr:28km, emang tigy bs brp? Dah pokoke Scorpio is the best!

  9. RTR 160
    Oktober 19, 2008 pukul 9:55 am

    Mendingan TVS apache 160, lari lmyn,tembus 122kpj, irit 1ltr:58km, mesin halus,harga terjangkau,body oke, 3S dah mulai masuk kabupaten. Yg terpenting, rem mantap bgt, diameter disc dpn 270mm, imbang P200,diatas P180,tiger,pio, bayangin kalo motor tenaga oke tp ga bs nge rem,runyam deh.. Di india,TVS yg mrpkn kompetitor Bajaj, konsisten dgn TVS apache nya,sementara Bajaj membuat macam2 varian yg artinya Bajaj takut kalah bersaing. Coba deh bro perhatikan detail megpro,P180,TVS apache,Vixion, terhalus Vixion,disusul TVS, megapro&P180 imbang. Trus liat mesin megapro,gak ada filter oli,karbu kuno non vakum, blok mesin jg kasar. Pilihan di tgn anda.

  10. asu
    Oktober 19, 2008 pukul 5:37 pm

    klo mo laku tuh mtor hrs lbh murah dr pabrikan jepang yg sdh ada

  11. Oktober 20, 2008 pukul 5:19 am

    @9
    Kayaknya Megapro ada filter olinya bro..

  12. Kecret
    Oktober 20, 2008 pukul 10:49 am

    hehehehehe… koq pada debat kusir ya?…. apa disini arena sales lagi?…. masing2 mongtor ada kelebihan & kelemahan :

    @Wingko babat
    klo scorpio emank larinya mumpuni dibanding mongtor sekelasnya, but borosnya? lagian kayaknya akan segera almarhum ya? lha wonk harganya kesalip ama adiknya vixion……..

    @RTR 160
    berarti anda belom ngerti kategori mongtor ya? anda bisa ngebedain sportbike-touringbike ga? secara tarikan awal apache bisa lebih baik dari P180-P200-ama Tiger secara mesinnya menganut oversquare but maxspeed dan tarikan panjang? apache sekelas ama vixion yg sama2 oversquare…

  13. @ING
    Oktober 20, 2008 pukul 10:51 am

    honda pelit, harganya kemahalan, terus yang pecinta MotoGp di Indonesia, sebaiknya jangan pake honda deh, dulu bertahun2 juara gak pernah jadi sponsor siaran motoGP, jadi sempat entah tahun berapa MotoGP gak muncul di TV Indonesia, dasr pelit AHM

  14. Ahreey98
    Oktober 22, 2008 pukul 7:08 pm

    http://www.productreview.com.au/showitem.php?item_id=40602
    http://www.bikepoint.com.au/tig/yard/yard.aspx?UsedBikeID=2371587&DealerID=31206&NoPBHeader=1

    diatas adalah review product scorpio yg sudah diekspor ke australia bbrp lama, indikasi import dari Indonesia …CMIIW
    dgn kondisi seperti tersebut diatas, apa mungkin scorpio segera discontinue? sedangkan fazer aja makin ga jelas kemunculannya.

  15. Rossi
    Oktober 23, 2008 pukul 9:41 am

    AHM pelit,rakus,jual rongsokan! Iya g dl perhatikan AHM cuma mau untungnya doang. Omong2 AHM itu punya siapa bro? Pejabat punya ya? Dulu wkt msh astra dipegang William suryajaya kan AHM ga se rakus ini ya? Mgkn ini yg bkn AHM beda pola permainan. Bro liat web nya motor2 india, bgs bgt, liat Honda Karisma 223cc nya, P220, R15,TVS, manis2 deh. Oya, Vixion di India namanya R15,tp topspeed 145kph, pdhl viXIOn 120kph,knp ya?

  16. Kecret
    Oktober 24, 2008 pukul 10:21 am

    ^ betol emank R15 make enggine-nya Vixion… but udah di tuneup, tenaga udah lebih besar dan persneling udah 6, trus body lebih aerodinamis dgn pemakaian fairing so bisa dapet speed yg lebih baek, but vixion cuman 120? masak seh?

  17. Oktober 28, 2008 pukul 10:09 am

    adik zaya juga pengguna zi pio juga kok. cuma yang gilanya itu mongtor teruz aza kencing di zalan. zoalnya boroz kali bah. untuk harian kantong zeblok dah untuk zituazi zekarang. mangkanya diambil lagi tu motor bebek 125 honda. jadi dua fungsi kan . xixixixi.

  18. blackpulsie
    Oktober 28, 2008 pukul 4:56 pm

    @wingko
    parts scorpio, setau saya masih ada yang jarang tuh. kmaren aja ada yang mo ganti seal, karena bocor, ga ada barangnya, harus masukin dari luar dulu
    dan, mungkin anda sendiri belum pernah nyobain pulsar ya?fyi, bajaj itu pabrikan besar di india, kalo di jepang, selevel dengan honda, dan produknya sudah beredar ke mancanegara, sampai di amerika latin.
    kalo menurut saya sih, jangan cuma ngomong aja, cobain dulu.
    karena dari penyemplak motor lain rata2 kagum dengan motor ini.

  19. orang pinter
    Oktober 29, 2008 pukul 7:23 pm

    to wingko babat
    jangan bego lo bajaj udah ada dari taon 70an sainganya udh sama pabrikan eropa (contoh piagio) mana mungkin pabrikan motor terbesar keempat didunian bangkrut, gak ada rumusnya tuh.sekarang orang indonesia udah pinter cuma sedikit aja yang bego (kayo loe) yang mau fanatik gak mau menerima perubahan, dunia berputar bro gak ada yang abadi.bukan belain bajaj tapi setidaknya dia yang udah jualan jujur (harga sama kualitas).

    • Ranj
      Februari 2, 2010 pukul 11:41 am

      betul tuh bro

  20. xxl123
    Oktober 30, 2008 pukul 7:57 am

    P220 bocoran harganya 26 jeti OTR jkt mahal ngak yah??? mestinya 24 jeti lah hheheheheheheheh

    mahal karena ada injeksinya pastinya. Worth tidak tuh dengan tampilan dan fitur lainnya? Soalnya penambahan injeksi di motor saat ini tidak terlalu pengaruh (terutama dengan harga tinggi)

  21. bajaj is the best
    Oktober 30, 2008 pukul 1:10 pm

    setelah ditimbang2 g akhirnya pengen beli pulsar, cuma lagi nunggu yg p220 tp klo harganya diatas revo kyknya kemahalan deh, max sih 24 jt menurut g sih.

  22. Wingko babat
    Oktober 31, 2008 pukul 6:14 pm

    @blackpussie… Halah,sebagus2 nya handling&power pulsar,kalo rusak gak ada partsnya mah ama juga boong,bentar lg paling bangkrut tuh bajay, gue testride,p200,p180, kalo mau dibilang istimewa bgt ya gak,lagian harga 17jt (p180) 20jt(p200) gua blg mahal, kalo boros,Scorpio,Tiger memang bkn buat operasional, emang P200 seirit apa? Btw,gue emang goblok,tp apa Valentino Rossi bs juara kalo pake Pulsar 800cc? He2. p200 jajal dah di Sentul,jebol tuh radiator oli nya.. Bajay bgs awalnya doang,kaya mocin jmn dulu,5thn lg Wuzz bablaz kelaut! Mdgn Vixion,Pio,or Tiger..Operasional megapro.

  23. Black orca
    November 3, 2008 pukul 8:50 am

    Wingko babat yth, kami pengguna pulsar adalah orang yg mengutamakan kenyamanan aja soal part yg sulit selama ada duit sampe keujung dunia pun bisa dicari. Walau bajaj bangkrut pun tinggal dikiloin truz beli yg lain habis perkara. Duit banyak kok repot! Biasanya yg jelek jelekin merk lain itu orang yg gak punya motor bagus, orang yg takut buang duit buat beli bensin, takut sparepart mahal, takut uang hilang kalo perusahaan bangkrut. Gitu aja kok repot

    • Ranj
      Februari 2, 2010 pukul 11:43 am

      bener juga tuh bro, emank hari gini kok ada orang yang masih jelekin merek lain ya

  24. Wingko babat
    November 4, 2008 pukul 12:07 am

    Black orca dll…Ngaku kaya beli nya bajay?Ha5! Diketawain monyet di bonbin tuh! Eh,kalo u sales,jgn jualan disini,gak obyektif,menyesatkan! Gue tanya elo,kalo u trn mesin u pny bajay, packing full set ready stock kaga?Seal shock dpn deh,ada ga? Atau kabel gas?U tau bajay 180 th 07 brp? 11.5 jt,artinya ga laku,tanya kenapa?Ya emang beli bajay musti rela jd brg loakan,jd jgn jelek2in mopang deh. Kalo Tiger emang kaga bs lari,ga mgkn tmn gue nge test tuh mtr di kemayoran, kita liat 5thn lg aja,mana yg lbh tahan. P220? Wah,ga usah ama Fazer,ama Scorpio aja jauh. Oil cooler?Gak pernah tuh Tiger macet krn overheat.

  25. pulsa
    November 4, 2008 pukul 12:18 pm

    ^up
    duit-duit orang, selera juga selera orang mau apa sampeyan.
    klo kata orang sunda motor aing kumaha aing.

  26. November 4, 2008 pukul 4:32 pm

    scorpio memang bagus sih tenaganya… sebelumnya juga gw tertarik sama motor ini..
    Tapi overall IMHO lebih baik PZOO (pendapat gw pribadi loh ya.. ngga boleh protes ;)) ) Akhirnya nangkring deh tuh PZOO di garasi (halah kyk punya garasi ajah =)) )
    Lagian masalah bangkrut semua perusahaan punya kemungkinan bangkrut..
    Siapa sih kita bisa yakin itu perusahaan bangkrut😛 anaknya mama loren kali yak xixixi😛

  27. November 4, 2008 pukul 4:37 pm

    tapi setuju sama orang lain bahwa P220 26jt itu = KEMAHALAN !!!😛
    modelnya masih kalah dari tiger revo klo menurut pendapat pribadi gw (tapi ini subyektif sih)
    abisnya fairing nya katro gitu seperempat panjangnya ;))
    tapi techno nya keren😉
    lampu depan projector + kelebihan lain deh
    cuma tetep ajah KEMAHALAN😀

  28. lybranius01
    November 5, 2008 pukul 10:35 am

    Selama kita masih import & gunain produk asing mah, ga bisa comment. Pastinya masing2 punya kelebihan & kekuranganya sendiri. Kecuali lo rakit ndiri tuh motor dan bisa jalan baru bisa dibanggain. Percuma juga ngebanggain motor jepang pun atawa india or zimbabwe sekalipun (jika ada), orang kita juga cuma bisa menang make.

    Lagian klo diadu di sentul apa ga salah tuh, motor cc beda diadu, malah ga objective bgt. Coba aja klo P220 dah keluar diadu ma pio, pan beti tuh cc-nya (cuma 5 cc), mungkin lebih obyektif. Asal siap berbesar hati aja masing2 penggemar,…..

  29. Jabrul
    November 6, 2008 pukul 7:57 pm

    PT BAI, buka dong dealer di kabupaten,kita pgn beli P200 tp susah aksesnya, buka di kabupaten, tirulah TVS, sy tunda deh beli motornya, ngiler bgt liat tmn2 di Jkt pk P200.

  30. Road Runner
    November 9, 2008 pukul 4:47 pm

    Wingko,matamu melek bro,liat tiger baru,mesin jadul dihargai 24jt,gila kalee! Pulsar is the best,BAI kpn buka di Purwodadi Grobogan! Gue antri nih, Semarang suruh buka cabang Purwodadi pasti laku!

  31. awan
    November 12, 2008 pukul 11:48 am

    Bro semuanya, ikut nimbrung nich..gw kebetulan pemakai Tiger tp gw ga pihak manapun juga … Cobalah kita bisa menerima kelebihan & kekurangan produk dari manapun. Yang terpenting adalah kenapa y, s.d saat ini indonesia tidak mempunyai produk yang bisa di nikmati/di jual ke publik, supaya bersaing dgn honda,yamaha,pulsar dll. Percuma kalian2 ngaku dwit banyak kalo cuma bisa di pakai bwat beli produk orang. Sekolahin dong anak,sodara,tetangga dan siapapun yang otaknya mampu, agar bisa melahirkan generasi yang bisa menciptakan Teknologi yang lebih canggih dari yang ada sekarang. Supaya kita semua tidak di ketawaain ama orang2 dari negara laen(negara gede cuma jadi konsumen). Marilah bersama2 kita ubah cara berpikir kita agar kita semua tidak kalah maju dalam hal teknologi …MAJUKAN INDONESIA !!!

  32. Fast Bikerz
    November 16, 2008 pukul 8:08 am

    Bro,ada yg tau pasaran P180 thn 2007? Di blog sy bc 11.5jt,apa betul?

  33. pulsar
    November 22, 2008 pukul 11:09 am

    halo bro
    katanya p220 mau dihargain 24 jt, gmn menurut bro2 skalian worth ga? and katanya akhir bulan ini semua harga pulsar mau di naikin 500k

  34. November 28, 2008 pukul 3:03 am

    Bener bro… per 1 desember 2008, Pulsar bakal pada naik harganya…
    mampir aja ke homebase IBBC: http://www.indobbc.wordpress.com

  35. yuri hk
    Februari 17, 2009 pukul 11:02 am

    mending v-ixion dah,,,pengalaman pribadi pake v-ixion standar baru sebulan :
    -BBM???gw pake pertamax, perbandingan paling boros cuma 1:30, tuh klo lagi digeber abis cilacap – purwokerto 55 kilo cuma 35 menit.
    – tarikan pertama gila2an, ga ada yg ngalahin, tiger dan pio juga lewat.
    – tarikan panjang? tiger, pio lewat, yg ngalahin cuma CBR 150. ga tau klo ninja 250.
    – siapa bilang cuma nyampe 120 km/h? gw pernah nembus 135 tuh,cuman langsung gw turunin coz jarum rpmnya udah nyampe di red zone huehehe,,,

    klo pulsar 220 dts-fi dijual 22 jt, baru tuh gw mikir buat beli, klo lewat dari itu, muahalll kalee,,,

  36. AmateUr
    Februari 17, 2009 pukul 6:41 pm

    ^@
    suka nggedebus ya mas??

    V-ixion 135 kmh? sambil ditarik ArgoLawu ya mas?

  37. frintz
    Februari 26, 2009 pukul 8:02 pm

    @ 35
    vixion tuh mungkin boleh aja 135, tp itu kan spido nya jepang..beda bro ma spido pulsar..
    gw sebenere suka ma vixion,cmn sampe sekarang kalo mo beli kok masih aja kaya beli kucing dalam karung..harus indent dulul..liat fisik nya aja ga boleh..
    p220 menurut gw cc nya pas sih, soalnya kalo masuk ke 250, dia akan termasuk kategori moge/mewah..jadi pajaknya langsung melonjak tinggi de..jd cukup bermain di 220cc.
    cuman, harga nya….kalo dia sampe lebih dari 24 juta, wah..tobat dah…mending jangan jualan di indonesia dah..
    jangan sombong lah pemain baru di lirik dikit aja udah langsung mo main ambil untung sebanyak2nya..
    inget, yang fanatik ma bajaj masih segelintir orang..itu jg karena momen p180 yang sangat tepat aja waktu itu masuk ke indonesia..
    kalo sekarang, gw ga yakin kalo p220 masuk dengan harga >24jt akan mengulangi sukses p180 dan p200………….

  38. apink
    Maret 16, 2009 pukul 4:09 pm

    Wine red pulsy is the best Bro. jangankan dilampu merah ditempat cuci motor aja pulsar gw di liatin terus. klo soal mesin gw rasa masih lumayan bagus enak untuk selap selip. klo soal problem ngorok itu bisa diatasi di bengkel Pondok indah murah kok cuma 35 ribu. tadinya gw juga mau ambil pio Z cw sampai gw dikasih discount 900 rb. eh gw malah kepincut sama pulsar .tapi smua tergantung bro smua

    PEACE WINE RED PULSY 180

  39. alex alfredo
    Juni 12, 2009 pukul 9:08 am

    ngapain bingung milih motor yang ga jelas lebih baik kalau kece dah ada tinggal pilih pulsar aja kan irirt

  40. Motorist Man
    Juni 13, 2009 pukul 8:41 am

    Bajaj Pulsar and TVS apache motornya skala internasional tuh. Produk di India, Indonesia, Amerika Latin ya sami mawon. TVS bahkan udah dapat International Demming Award–pengakuan kualitas internasional–dalam hal kualitas proses produksi dan so pasti produksinya. Apache yg ditawarin di Indonesia lagi uji coba utk masuk pasar Amrik. Teknologi Pulsar=Kawasaki, Apache=suzuki. Kalo Honda bagusnya motor generasi awal, kayak Tiger di bawah taon 1997, Suprax 2005, suprax, Mega Pro awal, dll. yang baru-baru mesinnya dari Cina. Tiger mesinnya dari pabrik mongtor Kaizen Cina, yg notabene anak asuh Honda. Scorpio bagus. tapi kasusnya sama kayak tiger. kudu beli yang generasi awal. produk yg sekarang mesinnya (jeroan) bnyak berubah, jadi kagak oke lagi.

    Tapi yg jelas, hampir semua pabrikan motor; bajaj, tvs, dll (selain pabrikan Jepang) pernah jadi anak asuh pabrikan Jepang (Kymco juga gitu). Jadi kalo diurut genetikanya mah bisa dibilang sama-sama mongtor Jepang; or Japanese Offsprings gitu. hanya dlm perkembangannya ya ada kerjasama dgn pabrikan lain.

  41. bebenz
    Juni 25, 2009 pukul 8:53 pm

    Yah kalo Bajaj Ama TVS dah masuk standar jepang atau eropa buktinya di India Suzuku ama Honda aja keluarin motor yg bentuknya mirip2 ama Bajaj/TVS tp Scorpio ama Tiger khan cuma buat di Indonesia ama Thailand doank… karena ga masuk standar Honda jepangnya sendiri…

  42. bebenz
    Juni 25, 2009 pukul 8:55 pm

    yah yang pentink kita punya pilihan masing2 suka sama yg mana… gw juga pake bajaj 180 ama vixion ko… sama2 enak…

  43. do2
    Desember 4, 2009 pukul 1:51 pm

    P200 mantapz……

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: