Website Pabrikan, Seberapa Penting Kah?
Dulu ketika kita membutuhkan refrensi kita harus mencarinya selama berjam-jam di perpustakaan. Dulu lagi saat kita menginginkan sebuah lagu yang kita suka, kita harus hunting di toko kaset. Dulu lagi saat kita membutuhkan informasi tentang motor sebelum membelinya, paling tidak kita harus datang ke dealer dan tanya-tanya dengan salesnya.
Kini kita tinggal buka internet dan masuk ke situs yang kita inginkan, atau kita tinggal ketikkan kata kunci di search engine. Dan bila kita butuh info soal motor dari satu pabrikan, paling dekat ya kita kunjungi situs pabrikan motor. Betapa keberadaan sarana informasi internet bisa membuat kita lebih cepat mengakses informasi, tak terkecuali saya.
Terkadang saya mengunjungi situs-situs tersebut demi mendapatkan spesifikasi dari satu motor, atau fitur-fitur yang disediakan di motor tersebut. Ha, terkadang saya menilai sendiri apakah situs ini useer-friendly atau tidak, desainnya bagus tidak, dan sebagainya.
Di zaman modern seperti ini kok rasanya aneh bila pabrikan tidak menyediakan situs web demi memuaskan dahaga konsumen akan informasi yang dibutuhkan. Untungnya kebanyakan pabrikan besar saat ini sudah menyediakan situs mereka.
Yang menarik adalah terkadang pabrikan menyediakan situs khusus untuk produk-produk tertentu. Masih ingat dengan situs Yamaha V-Ixion yang sudah diluncurkan bahkan sebelum produknya diluncurkan? Atau situs motorimpian? Nah seperti itulah.
Keberadaan situs independen seperti itu bisa jadi untuk membentuk imej “canggih” bagi produk yang ditampilkan. Paling tidak pengandaiannya adalah “motor kami ada situsnya sendiri loh, keren tidak?” Dengan seperti itu konsumen yang akan membeli setidaknya sudah membentuk pandangannya sendiri akan sebuah produk.
Nah sekarang bagi para pabrikan yang ada, terserah apakah anda ingin mengembangkan situs anda lebih lanjut untuk menjadi sebuah portal yang groovy, atau sekedar formalitas belaka? Yah terserah anda sekarang.
Penting donk….
Tapi sayangnya baru di update kalo produknya sudah di launching.
Ada yang lebih parah seperti situs kawasaki dan kymco.
Kawasaki mungkin baru sebulan ini di update (terutama harga), kalo kymco sampe sekarang bellum di update, padahal dah berbulan-bulan keluar produk baru.
mungkin mereka menganggap remeh internet, secara persentase cuma sedikit orang yg biasa ol, padahal dari sedikit org itu produk mereka akan di kenal, karena menurut pengalaman gw, netter itu pada kritis dalam mencari & menilai suatu produk baru..
Informasi produk di Internet emang Penting Sekali!!!
Artikel yang sangat menarik Bro!!!
Emang bener kalo mau beli motor referensi di Internet seringkali jadi rujukan, apalagi kalo mau beli matic…..wajib hukumnya juga liat rujukan di blog gue tentang matic baru 2009 he he he…
http://www.mygoldmachine.wordpress.com
Sekalian promosi…..
Thanks Bro Fanderlart.
Uhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuy !!!
kanzen juga kayanya sering telat update….kalo YMKI akhir2 ini langganan kena hacker π
