Beranda > Informasi, Marketing, Motor, Motor Baru > Strategi Yamaha Kelas Bebek 110-115cc 2008

Strategi Yamaha Kelas Bebek 110-115cc 2008

Artikel ini adalah sambungan dari artikel yang sebelumnya. Mengapa saya menyebut kedua artikel ini bersambung? Tidak lain karena memang membahas pertarungan Yamaha dengan Honda memang seru, apalagi terkait dengan kelas bebek 100-115cc yang terkenal empuk dan menggiurkan. Nah tidak ada salahnya kan kalau saya membuat kedua artikel ini bersambung?

Langsung saja, Yamaha memiliki dua line-up di kelas ini: Vega R dan Jupiter Z. Selama ini penjualan keduanya terbukti saling mengisi dan tidak mengalami tabrakan. Jujur saya salut dengan Yamaha karena sudah membuat strategi product positioning yang tepat. Singkatnya memang Vega R diposisikan sebagai bebek pahe sejati sedangkan Jupiter Z lebih ke arah bebek pahe dengan tambahan aura muda. Dan pemosisian seperti ini memang terbukti berhasil. Bisa jadi strategi duet Revo-FitX di awal tahun ini oleh Honda terinspirasi oleh Yamaha.

Nah namun karena Yamaha Vega R sebentar lagi akan di-discontinue dan digantikan dengan Vega ZR, lebih baik kita membahas duet Yamaha dengan personil Jupiter Z dan Vega R. Tidak lucu kalau saya membahas Vega R sedangkan kita sedang disuguhi gosip tentang Vega ZR yang masih hangat-hangat tahi ayam.

Nah inilah personil Yamaha untuk kelas ini:

  1. Ternyata memang saya terlalu sombong karena berkoar-koar akan membahas tentang Vega ZR sedangkan saya belum mendapatkan fotonya. Maafkan saya saudara akan kelemahan saya ini. Okelah, tapi mari kita memerkirakan, bagaimana strategi Yamaha akan produk ini. Vega ZR adalah bebek pahe sejati yang diposisikan sebagai penantang Supra Fit (sekarang FitX) dan Smash(?). Nah sekarang Yamaha berniat menambahkan value motor ini dengan menaikkan kapasitas mesinnya dari 110cc ke 115cc. Memang penambahan kapasitas berpengaruh pada mindset konsumen akan suatu produk, baik atau jelek. Nilai plus bagi Vega ZR, dia mengungguli Fit X dalam performa lewat kapasitas mesinnya yang lebih besar. Untuk melawan Revo-pun bisa, mengingat soal performa tadi. Nah terlihat strategi Yamaha yang sepertinya ogah benar-benar head-to-head dengan lawannya. Vega ZR seakan berada di antara Fit X dan Revo dan diset agar efektif melawan keduanya. Namun sisi buruk dari penambahan kapasitas adalah kemungkinan konsumen konservatif akan lari ke Fit X, mengingat paradigma mereka akan kapasitas besar berarti boros belum hilang. Nah di sini memang Yamaha cukup berani dalam mengambil keputusan akan menaikkan kapasitas mesin, terutama berkait dengan poin ini. Soal harga memang masih dikira-dikira, namun melihat harga Vega R yang seharga 11,5 juta, sepertinya Vega ZR akan diharga sekitar Rp 11,5-12 juta. Masih efektiflah melawan Revo yang Rp13 jutaan, untuk Fit X yang Rp 10 jutaan memang agak sulit, tapi masih bisalah…
  2. Yamaha Jupiter Z adalah sebuah pernyataan tersirat bahwa motor Yamaha kencang. Jupiter Z sendiri diklaim memiliki power yang menyamai motor 125cc. Hal ini adalah salah satu jawaban kenapa Yamaha tidak meluncurkan motor 125cc. Nah untuk memperkuat imej kencang, Jupiter Z diset sedemikian rupa lewat model, keikutsertaan dalam kejurnas, dan iklannya yang khas. Nah jelas bukan strategi Yamaha lewat produk ini? Jelas Jupiter Z diposisikan sebagai bebek pahe kencang dan berjiwa muda, berbeda dengan Vega ZR yang masih cenderung konservatif. Nah inilah posisi yang tidak menyebabkan jupiter Z tidak bertabrakan dengan Vega ZR. Harga yang dipatok sekitar Rp 14 jutaan, berbeda dengan Vega ZR yang Rp 12 jutaan. Nah produk Honda yang diincar adalah Revo yang memang berjiwa muda, Supra X125, dan jangan lupa CZ-i. Nah satu produk untuk banyak lawan. Bila efektif untuk membendung semuanya, Jupiter  Z memang terbukti jempolan. Sayangnya untuk Revo dan Supra X125 belum terbendung, entah dengan CZ-i.

Nah begitulah saudara-saudara. Betapa Yamaha seperti ingin irit dengan produknya. Tidak mau mengeluarkan banyak line-up namun yang digunakan adalah pemosisian produk yang efektif. Namun tetap saja konsumen memiliki titik jenuh akan suatu produk, dan saat ini sepertinya menjadi puncak. Untuk sementara bersyukurlah saudara, Yamaha Vega ZR akan diluncurkan, sedangkan  Jupiter Z akan diperbaharui di tahun 2009. Maka selamat menunggu…

Iklan
  1. xxl123
    Agustus 12, 2008 pukul 8:16 am

    jd pertamax dulu dech sambil nunggu taon depan heheheeheh

  2. Agustus 12, 2008 pukul 8:58 am

    theme nya masih bagus yang dulu mas, lebih enak menurut saya.

  3. nawam
    Agustus 12, 2008 pukul 3:01 pm

    ketiga ya?

  4. Agustus 12, 2008 pukul 5:05 pm

    Bro, Kayaknya Vega R tetap diproduksi kok, walau ada Vega ZR, ini strategy yang sama dengan Mio dan Mio Soul.

  5. Agustus 14, 2008 pukul 4:39 pm

    @norkuys
    Penyegaran aja sih, bosen sama yang dulu, tapi okelah masukannya

    @komeng
    OK deh bro, nanti ada artikel pelengkap kalo begitu…
    ditunggu ya

  6. Abon Sapi
    Agustus 16, 2008 pukul 10:58 am

    jadi lom tau kapan keluarnya?

  7. an1k03a
    Agustus 22, 2008 pukul 2:04 pm

    Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://ekonomi-indonesia-bisnis.infogue.com/strategi_yamaha_kelas_bebek_110_115cc_2008

  8. dan
    Agustus 25, 2008 pukul 8:27 pm

    kabar dari rekan garpu tala, vega baru didelay peluncurannya ke akhir tahun. kenapa ???

    modelnya juga malah cenderung konservatif. strategi yamaha untuk mencari celah fit x ?
    mio juga kabarnya mo ganti baju lagi di awal taon 2009. kena beat oleh honda?

  9. Abon Sapi
    Agustus 27, 2008 pukul 2:36 pm

    mesin spec up, body spec down maksudnya?

  10. mon
    Mei 14, 2009 pukul 6:20 am

    yamaha memang edan paling terdepan dan paling dasyat ketimbang honda yang ecek-ecek

  11. Juni 10, 2009 pukul 4:44 pm

    Thax banget atas postingan artikle ini Ya??/

  12. September 9, 2009 pukul 9:46 am

    Harga bekas Yamaha jupiter Z CW tahun 2008 berapa ??? stiker : seperti corak yang anda posting. terimakasih
    dan harga baru di diler-diler berapa ??

    terimakasih atas infonya !!

  13. Jerry
    Januari 21, 2010 pukul 10:21 pm

    Saya dari dulu suka yamaha disamping designnya mesinya jg tangguh

  14. Juli 11, 2014 pukul 12:35 pm

    yamaha oke bro

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: