Beranda > Informasi, Motor, Motor Baru > Honda CZ-i, Serbuan Lagi dari Honda

Honda CZ-i, Serbuan Lagi dari Honda

Honda memang sedang gencar-gencarnya di tahun 2008 ini. Sudah ada dua produk baru yang diluncurkan plus satu produkfacelift. Menakutkan memang bagi para kompetitornya, dan memang sebaiknya para kompetitor menyiapkan strategi baru dan inovatif dalam membendung serangan Honda, karena lagi-lagi produk Honda yang akan diluncurkan sudah terendus kehadirannya.

Bagi anda yang mengikuti perkembangan motor di Indonesia belakangan ini pasti mengerti bahwa Honda masih memiliki amunisi (setidaknya menurut media dan petinggi Honda sendiri). Salah satunya adalah Honda Revo 110, yang sebenarnya baru saja mengalami facelift awal tahun ini. Nah rumor yang beredar adalah mesin yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan akan performa (semoga saja) dan soal rangka (yang bagi banyak mekanik adalah salah satu kendala dalam membangun motor balap berbasis Honda) akan mengalami perubahan dalam soal visi. Revo 110 direncanakan menjadi lawan tangguh bagi Jupiter Z di pasar senggol.

Nah bagi anda yang menganggap ini hoax monggo tersenyum kecut mendengar berita ini. Honda CZ-i yang prototype-nya sudah muncul di Thailand baru-baru ini sudah terwujud dalam sebuah produk yang resmi dijual bebas di Thailand. Soal artikel yang terkait silahkan klik di sini. Apakah ini benar adanya? Nyatanya produk ini sudah muncul di website resmi Honda Thailand.

Nah CZ-i sudah menggunakan teknologi injeksi dan diberi embel-embel khas produk injeksi Honda; “PGM-Fi”. Mesin yang digunakan adalah 110cc berpendingin udara dan posisi tidur. Kalau dilihat dari spesifikasinya memang masih terlihat ciri khas motor pahe. Soal injeksi? Honda Thailand memang berkomitmen bahwa tahun-tahun berikutnya mereka berkomitmen dengan teknologi ini.

Soal desain memang sangat mengingatkan saya pada Yamaha X1, terutama bagian depan. Bagian depannya ramping dengan spakbor depan yang menempel di roda, bukan “menggantung” seperti bebek biasa. Soal bagus-tidaknya sangat subjektif, tapi bisa dilihat bahwa Honda ingin memberikan sedikit sentuhan lain pada produknya kali ini.

Nah permasalahnnya adalah berdasarkan rumor yang beredar, revo 110 tidak menggunakan teknologi injeksi. Terlepas dari apakah Honda mulai pesimis dengan pasar motor canggih ini ada sisi baik terutama bagi mekanik karena teknologi yang dihadapi memang lebih familiar dan tentunya memermudah untuk dibangun tanpa harus belajar lebih lanjut.

Apakah AHM selaku pemegang merek tidak berkomitmen penuh akan teknologi injeksi? Bisa jadi, dan ini merupakan hal yang buruk bila ditinjau dari sisi perkembangan teknologi. Namun dari sisi keinginan pasar pada umumnya, ini tidaklah buruk . Toh sebenarnya pasar Indonesia kurang merespon baik produk injeksi.

Nah soal desain, ada yang perlu disesuaikan dengan pasar Indonesia. Yaitu soal spakbor depan yang ala Arashi. Entah mengapa, mungkin soal selera, Arashi kurang laku. Desain CZ-i memiliki aura yang sama dengan X-1 dan Arashi, jika Honda jeli, kesalahan seperti yang terjadi pada Arashi dapat diminimalisir.

Juga soal waktu peluncuran, ini sangat penting. Honda Revo baru saja mengalami facelifti dan menurut pengalaman, butuh waktu sekitar setahun sebelum produk baru sebagai pnegganti produk lama diluncurkan. Nah apakah CZ-i atau Revo 110 akan diluncurkan tahun depan bila melihat pola ini? Mungkin saja. Tapi mungkin juga Honda meluncurkan CZ-i sebagai line-up baru dan tidak diposisikan sebagai pengganti Revo.

Nah kalau begitu siap-siap saja kasus Karisma kembali terulang.

Iklan
  1. Juli 25, 2008 pukul 9:43 pm

    kalau mesinnya kompresi tinggi, yg pasti butuh PERTAMAX boss !

    menurut gw, Honda (dlm hal ini AHM) gak mau “dideketin” sama Yamaha dalam hal marketshare, tahun 2007 mungkin udah cukup bikin AHM (dan Honda tentunya) kebat-kebit melihat Yamaha mulai “merapat” dalam hal marketshare. Jadi di tahun 2008 ini tampaknya Honda all out dengan produk2 barunya. Denger2 sih mesinnya gress, kan honda di Indo selama ini belum ngeluarin yg 110cc, cuma untuk injeksi atau tidak kyknya sih enggak ya ? apalagi kalau motor ini untuk pasar di kelasnya revo yg bisa dibilang konsumen di segmen tsb sangat price sensitif!

    gw sendiri rada bingung dengan strategi Honda, Revo itu kan lagi laku-lakunya, apa iya mau digantiin sama CZ-1 ini ? kalo iya, berani bener ya?!?!?

  2. Abon Sapi
    Juli 26, 2008 pukul 11:26 am

    IMO revo gakakan diskontinyu & CZ akan jadi line up baru. yah komplitlah dengan mengisi kekosongan pasar antara revo & hsx125. kalopun diterapkan tekno injeksi, gw lebih yakin pasti diterapkan, cuma gak tahun ini, maybe next year-lah kalo gak salah. hal itu lebih buat menjaga & melihat antusiasme pasar dulu terhadap produk ini. jika respon bagus, terapkan. kalo nggak bagus? ya…..gak jadi diterapkan deh πŸ˜€

  3. Ratu Adil Satria Pinandhita
    Juli 26, 2008 pukul 12:07 pm

    bentuknya kurang begitu bagus.

  4. iqilho
    Juli 28, 2008 pukul 12:33 pm

    arashi rasa honda nih, seandainya monosok ….jos lah,

  5. iwan
    Juli 31, 2008 pukul 11:27 am

    akankah PT AHM mengikuti jejak honda thailand? rasanya percuma, revo 110 aja belum nongol. kalo memang jadi revo 110 nongol akankah ada ubahan yang relatif besar? menurut saya pihak AHM tidak akan melakukan hal itu. mesin boleh baru, tapi cover body masih sama dengan yang dulu plus perubahan grafis.

  6. Abon Sapi
    Agustus 1, 2008 pukul 3:34 pm

    @5
    kalo ini merupakan line up baru gmn donk?

  7. bangtomat
    Agustus 2, 2008 pukul 11:41 am

    Mmm..,mtr konsepnya kren,tp standardnya jauh bda!mgkn krn modif ya bro..
    Lampu depan rada2 jadul,cb double lamp meruncing pst karakternya jauh lbh hi-tek..Palagi dg mbelembel PGM-F-i
    Mending kl pun klr yg karburator aja

  8. cinta_mati_honta
    Agustus 2, 2008 pukul 6:14 pm

    Mo diapain kek…klo ada cap Honda, pasti diserap nya bagus…wlpn blom tentu jd leader…wlpn blom tentu bagus….xixixixi….

  9. Agustus 4, 2008 pukul 10:12 am

    Terobosan honda terbilang bagus!!
    buat tim2 motoprix jadi ga keok terus! ma jupieZ & smash..
    dan bisa skalian show force untuk penjualan dengan sendirinya.
    masalahnya honda mau ga ngluarin cz1 thai itu?????
    paling mesinnya aja, bodynya tetep pake revo!
    bodynya baru keluar tahun depan..Hehehe…
    cari gampangnya!!!
    untuk masalah ntar penjualan kayak arashi, honda ga perlu takut, dia sudah punya nama besar kok..buktinya city sport-1 dalam sebulan aja yang inden udah bejibun, pdhl tuh body bener2 aneh!!!
    dan masyarakat sekarang lebih suka yang aneh2 ditambah lebih condong brand besar HONDA bukan ntar gimana ato gimananya!!!
    wassalam!!!

  10. Agustus 6, 2008 pukul 8:48 pm

    kalo dibalap indoprix ini yang honda yang mana ya .. klik herman

  11. claudia
    September 30, 2008 pukul 1:47 am

    Bulan Kapan Honda Cz1 akan ada dipasaran Indonesia?????
    Apakah Mesinnya Revo punya?????
    Berapa Harga Honda Cz1????

    Thank U
    Sukses Untuk Honda selalu + maju kedepan untuk model dan mesinnya…

  12. Kuncrutz
    September 30, 2008 pukul 7:56 am

    bukan mesin revo……masa gak pernah baca sih?

  13. November 13, 2008 pukul 1:59 pm

    wah kok mirip suzuki arashi yaa
    eh kapan keluar nya yaa

  14. Bing-2
    November 27, 2008 pukul 8:06 pm

    Kra2 harga brpa d indo?

  15. November 29, 2008 pukul 6:25 pm

    cupu abizzzz….. ga bakalan bs perang ma MX dweh…. ma shogun 125FI aj kwalah abiz… injeksi kl d Ndaho psti hrg jg mahal, bs dblng Ndaho…tuh pelit techno gt… bkn bgt? yuk mari….

  16. Desember 2, 2008 pukul 7:09 am

    bagus ya

  17. Desember 3, 2008 pukul 9:33 am

    kalau bisa honda buat motor bodinya yang keren

  18. Desember 5, 2008 pukul 4:54 pm

    gitu dong honda bisa ngikutin mode automotif jaman sekarang, gak mentok selalu astrea melulu.

  19. jagung
    Desember 10, 2008 pukul 9:10 am

    akh honda mah gitu gitu aja…cover aja oke tp mesin tetep jadul

  20. mudjan
    Juli 1, 2009 pukul 3:05 pm

    Bady sepertinya sma dengan blade, tampang bole namun bisa lari kencang tidak,sebab aku punya blade keluaran baru tapi gas mentok cuma 90 km/jam. spidometer tercantum 160 km/jam. hal itu agar honda mempertimbangkan angka tersebut paling tidak mendekatilah meski tidak penuh agar konsumen tdk kecewa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: