Beranda > Informasi, Motor > YZF-R15 dari India, Masuk Nggak Ya???

YZF-R15 dari India, Masuk Nggak Ya???

Bagaimana gambar sebelah? Keren nggak? Inilah YZF-R15 yang gres dari India. Dengan konsep motor sport berfairing R15 diharapkan mampu memikat para penikmat motor sport di India.

Tapi mungkin di antara anda ada yang merasa tak asing dengan R15, terutama bagian tengah sampai buritan? Bila anda jeli, anda akan menemukan garis-garis desain yang sama dengan Yamaha V-Ixion di Indonesia. Ya, R15 dibangun di atas platform yang sama dengan V-Ixion termasuk rangka dan mesinnya.

Mesinnya masih menggunakan mesin 150cc SOHC 4-valves dengan sistem pendingin cairan ala V-Ixion. Namun R15 dilengkapi dengan gearbox 6 percepatan plus sistem pengabutan injeksi. Terasa teknologi yang digunakan lebih advanced daripada V-Ixion, dan ini adalah nilai plus. Tenaga yang dihasilkan adalah 18ps @8500rpm dan torsinya 15Nm @7500rpm.

Secara desain sebenarnya sangat subjektif. Tapi di sini saya melihat bahwa perancangnya seakan kurang berimajinasi pada bagian buritan motor. Sengaja atau tidak, bagian belakang motor ini sangat V-Ixion, dilihat dari bodi dan lampu belakang. Jujur saja, bagian buritan ala Vi-Ixion ini agak mengurangi efek sporti pada bagian depan, bodi belakang dirasa terlalu gemuk untuk motor semacam ini. Akan lebih baik bila bagian belakangnya didesain ramping ala sesama kaumnya, R125. Untunglah kekecewaan itu sedikit dikurangi oleh desain jok yang berundak, terlihat manis.

Juga soal dimensi roda belakang yang lagi-lagi sepertinya terlalu mirip V-Ixion, terlihat cingkrang, apalagi saya nilai desain R15 memiliki aura kekar dilihat dari fairing depan. Roda belakang yang seperti ini malah membuat tampang R15 terlihat aneh (setidaknya menurut saya).

Apakah ada harapan untuk dimasukkan ke Indonesia? Sama dengan tulisan saya yang sebelumnya, pihak YMKI selaku ATPM Yamaha harus melihat potensi pasar sport tulen di Indonesia secara optimis. Jika tidak, ya tidak akan dimasukkan. Pengalaman membuktikan bahwa Yamaha seakan trauma atas yang terjadi pada TZM. Tapi memang produk dengan pasar yang terbatas seperti ini perlu penggarapan pasar yang baik.

Tapi bagimana dengan V-Ixion? Mudah saja, V-Ixion pada dasarnya memiliki tipe yang berbeda dengan R15. V-Ixion cenderung ke sport touring sedangkan R15 sport tulen. Tipenya saja sudah berbeda, juga harganya (simpelnya R15 pasti dibanderoli lebih tinggi). Jangan takut penjualannya saling makan deh.

Nah bila memang masuk, apa yang harus diperhatikan? Tentunya selain masalah purna jual dan hmm, inden, penyesuaian desain sesuai dengan yang saya tulis panjang lebar di atas sepertinya perlu diperhatikan benar oleh Yamaha?

Memangnya jadi masuk? Mari berharap…

Iklan
Kategori:Informasi, Motor Tag:, , ,
  1. Masked Rider
    Juli 4, 2008 pukul 1:08 pm

    mari berharap jadi yamaha berfairing NOMOR SATU di indonesia4 tak

    • Huhe..
      November 25, 2010 pukul 8:41 am

      gduprak.. pada mimpi disiang bolong.. he..

  2. rupepe
    Juli 4, 2008 pukul 7:22 pm

    wah menembus 55000
    edan… memang mbakat nulis motor

    iya betul, blakangnya jelek
    depannya kaya cbr 150 eropa

    yamaha memang jelek
    wkwkwkkkwkwk nggak2…

  3. rupepe
    Juli 4, 2008 pukul 7:39 pm

    FANDERLART
    yang hanya brusaha menulis motor

    wkwkwkkw
    bcanda2…
    aku tarik yang kemaren2 ul
    keren kok

  4. Juli 4, 2008 pukul 7:44 pm

    @^
    hehehehee…

  5. Juli 5, 2008 pukul 8:25 am

    JUST INFO…

  6. Kecret
    Juli 7, 2008 pukul 10:04 am

    klo YMKI mo ngeluarin nih mongtor, mau kasih harga brapa? lha wonk Vixie ajah udah nyampe 19.5 lebih mahal dari pio yy hanya 19.3 ?, stress juga ya YMKI? paling produk yg mo dikeluarin adalah pengganti Pio yg udah ga enak diliat – butuh penyegaran, paling banter ya Fazer…..

  7. Juli 7, 2008 pukul 10:09 am

    @Kecret
    Ya monggo berharap, saya sendiri masih meraba-raba strategi YMKI dalam hal ini. Soal Fazer itu sudah isu lama ya, belum ketemu tuh titik terangnya. Mungkin kalau sudah jelas infonya saya tulis

  8. ano
    Juli 7, 2008 pukul 10:58 am

    Wes…
    Keren… aku kemarin tanya ke bengkel modif di malang.
    tanya, kalo pesen fairing kayak gini (YZF-R15 india) kayak diatas, dijawab 2,2 juta…
    gimana ini?
    mahalkah? atao ada alternatif yang lain? mungkin ada part dibawa dari india?

  9. greenking
    Juli 15, 2008 pukul 2:33 pm

    22 juta kayaknya harga yang pas.plus cakram belakang, buntut lebih runcing, tapi DOHC ajah biar nyampe 22 dk
    saya beli satu dah!

    • Huhe..
      November 25, 2010 pukul 8:40 am

      Masa si? 22 jutaan.. murah amat broww.

  10. Juli 15, 2009 pukul 9:53 pm

    kapan sih yamaha fazer di indonesia akan di pasar kan dah gak sabar nunggu nih

  11. samping butut
    September 28, 2009 pukul 8:54 pm

    menurut gwe desainnya jelex..coba perhatiin dari atas,kalo diliat panjang tanki bensin ama panjangnya jok gak imbang, joknya panjang banget..kayak meja setrikaan, tidak mencirikan motor sport tulen, berbeda ama desain RR, NSR, FZR, atau yamaha baru belajar kali ya ngedesain motor sport kecil, jadi bentuknya garing wwwkakakakaka uhuk..uhuk..uhuk mo nyetrika dulu ach…

  12. vixion sejati
    Desember 30, 2009 pukul 7:47 pm

    haha semua banyak omong mang motor lo apa siihh

    • Huhe..
      November 25, 2010 pukul 8:39 am

      ha.. ha..
      motor yng kita punya KTM,..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: