Beranda > Hasil Pemikiran, Marketing, Motor, Motor Baru, Refleksi dan Berpikir > Bajaj XCD-125, Untunglah Bajaj Masih Bersenjata

Bajaj XCD-125, Untunglah Bajaj Masih Bersenjata

OK, biar fair tulisan ini saya tulis sebagai lanjutan dari tulisan saya yang ini. Dan di sana saya menulis soal ketiadaan fitur rem cakram depan. saya menilai Bajaj kurang jeli dalam melihat kebiasaan dan selera masyarakat Indonesia, terutama soal keberadaan rem cakram depan.Tapi untunglah Bajaj masih memiliki senjata yang sekiranya dapat menutupi kelalaian Bajaj. Mari kita lebih lanjut meninjau strategi Bajaj dalam memasarkan XCD.

Bajaj memasarkan XCD dengan banderol Rp 13,5, lebih murah daripada pesaing terdekatnya, Suzuki Thunder 125 yang dihargai Rp 14,3 juta. Hmm, terlepas dari minusnya fitur rem cakram depan, jelas XCD memiliki keunggulan di sektor harga. Bagi mereka yang tidak melihat fitur dalam membeli motor, melainkan hanya terpaku pada murah-tidaknya suatu produk, XCD memiliki keunggulan dibandingkan dengan Thunder. Yap, poin pertama bagi XCD untuk mengalahkan pesaingnya.

Kedua, soal konsumsi XCD yang diklaim 100km lebih untuk 1 liter bensin. Sebuah angka yang menakjubkan dan fantastis. Inilh poin utama yang menjadi amunisi andalan untuk menggempur pasar motor sport murah. Simpelnya di masa BBM sedang mahal-mahalnya, XCD dengan efisiensi bahan bakar yang menakjubkan dapat mengambil hati konsumen dengan tepat. Bagi para konsumen yang sangat mementingkan konsumsi bahan bakar, XCD memiliki poin plus. Yap mungkin inilah yang akan dijadikan senjata utama Bajaj, terutama dalam advertising. “Bajaj XCD, dengan konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 100km, fantastis!” mungkin begitu bunyi iklannya.

Nah dari kedua poin tadi sudah terlihat bukan, konsumen mana yang akan dijangkau oleh XCD? Jelas konsumen yang sangat mementingkan nilai ekonomis menjadi sasaran utama Bajaj untuk produknya kali ini. dan menurut saya pribadi terlepas dari tulisan saya yang sebelumnya, strategi Bajaj sangat jitu untuk menggaet konsumen tipe tadi.

Apakah XCD akan menuai kesuksesan? lagi-lagi sesuai tulisan saya yang lalu, hanya Tuhan yang tahu. Namun Bajaj tentunya harus giat menggarap pasar agar XCD tidak menjadi barang yang mubazir, tidak ada yang mau beli. Bagaimana caranya? Ya dengan advertising yang gencar, acara-acara yang melibatkan konsumen, dll. Masih banyak jalan…

  1. Kecret
    Juni 11, 2008 pukul 9:49 am

    yup XCD emank muantabssss…. tapi denger2 ada XCD Sprint ya, katanya akan rilis di india agustus 2008, bentuknya pasti jauh lebih memikat buat konsumen indonesia, udah cakram lagee…. nunggu yg sprint ahhh…..

  2. Abon Sapi
    Juni 11, 2008 pukul 10:43 am

    sprint kapan masuknya??

  3. Juni 11, 2008 pukul 5:45 pm

    @Abon
    sprint sendiri baru diluncurkan di India tahun ini bulan januari…
    Kalau kita harap akan masuk, mungkin masih lama, XCD baru saja diluncurkan, dan kalau kita berharap Sprint menjadi pendamping, masih harus menunggu…

  4. Juni 13, 2008 pukul 5:56 pm

    baca yang sini ya…

    terima kasih

  5. Narlidza
    September 7, 2008 pukul 12:34 pm

    Wah,kapan si keluarnya. .bnr2 da pgn bli yg sprint. .
    Tp dngr2 top speednya sm ky yg xcd biasa.yaitu 94kmph. .masa seh?!
    Capunk deh’

  6. noel
    November 11, 2008 pukul 8:36 am

    bajaj pulsar oke…

    • jason
      Mei 8, 2009 pukul 12:24 pm

      boleh nanya gak??klo masalah tarikan gimana yahh??soalnya gwe pengn beli tapi gw kurang info thx be4

  7. Al_ammini
    Januari 22, 2009 pukul 11:53 am

    sayang motor ini tidak kencang kalah sama motor lain yang CCnya sejenis seperti thunder125 supra125

  8. deddy
    Februari 28, 2009 pukul 12:57 pm

    motor ini loyo banget kalo di pake tanjakan susahnya nembus 100km/jam berat banget bro padahal barusan ku servis di dealernya…😦

    • jason
      Mei 8, 2009 pukul 12:22 pm

      klo masalah berat di tanjakan sih menurut gwe emng hrus turun gigi bukannya gitu yah??? tergantung tanjakan nya juga kaya apa

  9. Maret 4, 2010 pukul 8:09 am

    udah ada yang sprint belum ? heheheh

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: