Beranda > Informasi, Motor, Motor Baru > Bajaj XCD 125 Sprint, Bagaimana Menurut Anda?

Bajaj XCD 125 Sprint, Bagaimana Menurut Anda?

Tidak sedikit yang kurang puas akan Bajaj XCD yang baru saja diluncurkan oleh Bajaj Indonesia. Soal mengapa, bisa dibaca di sini. Lantas, apakah Bajaj XCD adalah satu-satunya alternatif dari Bajaj untuk motor sport murah di Indonesia? Ternyata tidak, Bajaj masih memiliki sport 125cc lainnya, dan kali ini poin minus di XCD dapat diperbaiki, mari kita sambut Bajaj XCD 125 Sprint.

Kali ini XCD tampil dengan embel-embel “Sprint”. Yap, ini motor terbilang baru. Sprint baru saja diluncurkan di India Auto Expo Januari lalu, masih terbilang gres. Dan marilah kita bedah motor ini.

Mesin yang digunakan masih sebasis dengan XCD “non-Sprint”. Dilihat dari blok mesinnya yang sebelas-duabelas dengan XCD, sepertinya pihak Bajaj menempatkan Sprint sebagai premium grade dari XCD. Mungkin seperti Honda Vario dengan BeAT, meskipun keduanya dibedakan oleh ada-tidaknya fitur radiator.

Oh ya, Sprint sudah dilengkapi dengan teknologi 4-katup per silinder. Tidak jelas apakah menggunakan DOHC atau masih SOHC. Tenaga yang dihasilkan adalah 12.5ps pada 9000rpm. Sedangkan torsinya sebesar 10.3nm diperoleh pada 6500rpm. Transmisinya masih manual 4-percepatan seperti XCD. Menurut informasi yang saya peroleh, Bajaj tidak menempatkan Sprint sebagai motor yang “ngejar irit” meskipun sektor tersebut masih mendapat perhatian. Tenaga yang dihasilkan juga lebih besar sedikit dibandingkan dengan XCD, meski dengan konsekuensi torsi yang lebih kecil.

Soal desain, wah ini menarik sekali. Berbeda dengan XCD yang masih ada kesan membulat meskipun masih ada aura modernnya, Sprint benar-benar memanjakan penggemar desain runcing-runcing. Batok depan mengingatkan saya pada V-Ixion prototype yang sempat dipajang di Indonesia. Dilanjutkan dengan tangki yang lebih runcing ketimbang XCD, sekilas mirip tangki Pulsar 200 DTS-i. Knalpot yang digunakan lebih pendek dan mendongak, plus spakbor roda yang mirip dengan kepunyaan Pulsar. Desain bodi belakang tak kalah ciamik, dengan pola garis lurus dan sleek, sangat sporti.

Jangan lupa soal keberadaan rem cakram depan yang menggantikan rem tromol pada XCD. Meskipun sebenarnya diameter cakram tidak sebesar milik Thunder, tidak jadi masalah serius apalagi bila Bajaj Indonesia berniat medatangkan Sprint dengan cakram depan yang lebih lebar.

Nah, apakah Sprint benar-benar akan diluncurkan di Indonesia? Saya tidak tahu persis namun mengingat XCD baru saja diluncurkan, kita masih harus menunggu dengan sabar sebelum Sprint diluncurkan. Mungkin saja Bajaj menghadirkannya sebagai upgrade version dari XCD, jadi kita tidak perlu menunggu sampai XCD di discontinue. Yah yang jelas Sprint memiliki banyak hal yang menjadi nilai plus untuk melawan kompetitor. Apakah pihak Bajaj akan menanggapi dengan positif? Mari kita berharap…

Iklan
  1. Abon Sapi
    Juni 11, 2008 pukul 8:05 pm

    kalo ini dijual 13 juta, saya mau beli 😀

  2. SuTraDaraX
    Juni 12, 2008 pukul 10:43 am

    hm………………….
    Lbh Baghuzzzz……..

    ah…….

    pling kLuarny jg 2 taon Lg……!!!!!!!!!

    aLnya di sOno ja ru nongoL…..
    (jd BAI bkln liat dlu pKmbngan dcono)…

  3. bet
    Juni 12, 2008 pukul 6:35 pm

    nah ini baru oke.

    pake cakram.

  4. Juni 13, 2008 pukul 9:50 am

    highlight motogp
    http://motogp46.blogsome.com

  5. Juni 13, 2008 pukul 9:06 pm

    najis nih mtor, spatbor blakangnya jLek abiz..
    rangkanya sih oke…
    lampu depan, kyanya terlalu besar (sm ky ninja norak).
    bntuk tangki jg kalah sm thunder.
    joknya terlalu dpaksa nungging…
    kasih nilai 5 ajah (1-10).
    accelarasi gmana? topnya brp?
    kyanya masih bagus bajaj pulsar yg sbelumnya.

    • AZIZ_PAKP0H@ Lomp0Err
      Januari 22, 2010 pukul 2:14 am

      kalaw ngomong yang sopan boozt ni forum umum. hormati karya orang lain!!!!!!!1
      emang situ bisa buat motor yang kaya gimana?
      paling cuma bisa nongkrongin doank,…. ???
      basi loe!!! juancog raimu!!!

  6. Juni 16, 2008 pukul 8:15 pm

    @^
    jangan dibandingkan ama Pulsar atuh mang…
    lah wong kelasnya aja beda, kalau soal performa memang ndak begitu menonjol, maklum, basis mesinnya irit.

    soal desain subjektif lahh…tapi ya secara sekilas memang menonjolkan unsur tajam, itu saja…

  7. wede
    Juni 17, 2008 pukul 3:11 pm

    Siip lah !!
    Dulu waktu terdengar kabar pihak bajaj mau launching yang 125 cc saya sudah sangat kepingin memilikinya… namun sistem dts-si yang terbukti irit harus diiringi dengan kecepatan maksimum yang kurang memuaskan (-+ 95 km/jam)
    nah … mungkin saja dengan dikeluarkannya versi sprint ini dapat memuaskan calon konsumen yang umumnya (munurut saya) masih mementingkan faktor kecepatan disamping faktor keiritan, dll. semoga dalam waktu dekat sudah dipasarkan di Indonesia. sekarang masih nyantai dengan vespa Ps 86 dan sprint 75 aja deh.. 😉

  8. Juni 21, 2008 pukul 1:26 am

    top Bajaj… bisa lebih bergoyang nih ane…

  9. WIN-SERIGALA HITAM
    Juni 21, 2008 pukul 3:40 pm

    tambah siipp aja nihhhhh!!!!!

    bajaj jaya!!!

  10. Ian
    Juni 21, 2008 pukul 4:04 pm

    yang penting murah abiss…

  11. telat
    Juni 21, 2008 pukul 11:33 pm

    ya….
    nggak dapat sepuluh besar lagi nih…
    but bajaj is OK (walau belum pernah nyoba !)

  12. 333
    Juni 25, 2008 pukul 1:34 am

    eh….mas bukannya di india masih blom dijual, kan di india auto expo baru dipajang aj, bareng ma blade n discover 150.

    baru akan dijual tahun 2009 diindihe sana.

    wah yang bener mana ni?

  13. Juli 9, 2008 pukul 2:41 pm

    Yg jelas motor kenceng tu ga mungkin irit.
    Dan motor irit tu ga mungkin kenceng.

    Apapun mereknya sama.

  14. Agustus 3, 2008 pukul 10:29 pm

    Thanks for the post

  15. permadi
    Agustus 20, 2008 pukul 11:52 pm

    wAch mank nech motor sesuai bgt ma keinginanku, nGk kayk 125 yang awal kluar.

    ku dach rencana mo beli nech motor, tp kapan kluarnya motor yang sprint ke iNdonesia…?
    bUruan yach coz dach ngk sabar pengen beli yang sprint…

  16. MX135LC
    Agustus 21, 2008 pukul 12:31 pm

    Naagh ini baru lawan setara Thunder…!!

  17. lingling_cihuahua
    Agustus 21, 2008 pukul 12:51 pm

    neh baru motor hehehehehe

  18. ferdix
    Agustus 23, 2008 pukul 12:28 pm

    kloo garga pelajar sih bleh2 aja sekitar Rp.2.000.000 gtu

  19. awal
    Agustus 26, 2008 pukul 2:22 pm

    kayaknya lumayan tp kira2 kpn yach???? minta infonya dong

  20. September 1, 2008 pukul 11:23 pm

    kykx gw kepincut jg sama modelx, klo nih motor irt n top speed bs capai 105kmj dah lumayanlah, asal hargax gak lebih 14.5jt, cakram depan lebih besar lg, gw yakin pst byk yg kepincut n saingin thunder yg modelx udh katrok

  21. September 1, 2008 pukul 11:25 pm

    nih motor di india aja kira2 dpasarkan pada kuartal pertama 2009, jd kita kira2 kuartal kedua paling cepatx, sabar aja bro. ni motor kykx paling asik buat gaya

  22. September 2, 2008 pukul 2:14 pm

    cakramx hrs sama ma thunder

  23. Narlidza
    September 7, 2008 pukul 12:44 pm

    Ayolah cptan di release ke indo. .aq da kblet maw bli neh..
    Msi bgng maw bli pulsar 200 ato sprint.
    Mikir financial jg si aq..haha●_⊙
    Bdw,ada yg jual p200 g?!taon 2008. .

    Hub gwe y.085643192688
    Bnr2 minat aq..q di jogja. .

    Slam damai pecinta puLsar!

  24. Narlidza
    September 7, 2008 pukul 5:50 pm

    Mas2 yg uda pnya pulsar 200. .
    Mhon infox dunk. .apa kelbihan dan kekuranganna.
    Kl untuk saya yg masi mhsiswa smster 1 cocok g y?!
    Aq naksir bgd ma pulsy.
    N ntar kl da bli,kira2 bs dinaekin lg g y power ma torsinya.?

    Mhon bimbinganna om2 pulsarian. .
    MaKlum ni awam tntang part mtr..hehe

  25. wewwew
    September 18, 2008 pukul 3:44 pm

    searching aja google, banyak tu artikel pulsar

  26. Oktober 31, 2008 pukul 9:32 am

    coba tengok
    http://www.xcd.or.id

  27. November 3, 2008 pukul 2:38 pm

    Ayo pihak Bajaj, segera datangkan sprintnya…
    Jangan lupa diameter piringan cakram perbesar, kalo perlu seperti cakramnya Shogun.
    Ane beli atu ah…..

  28. Narlidza
    November 6, 2008 pukul 10:55 pm

    Hohoh. .sip. .makasi bro. .kl ada kbr pulsar 200 bekas yg dijual,kbri y.
    jogja. .

  29. udin
    November 11, 2008 pukul 8:45 am

    pusing milih yang mana…

  30. Narlidza
    November 15, 2008 pukul 8:36 am

    Kelamaan nih keluarna. .keburu beli yg laen gwe neh. .

  31. Narlidza
    November 15, 2008 pukul 8:37 am

    Kelamaan nih keluarna. .keburu beli yg laen gwe neh..
    anchur bnner!!

  32. November 17, 2008 pukul 4:23 pm

    Tertarik bajaj ni, segar dan terjangkau…
    Ditunggu 3 bulan, kalo ga ada , terpaksa beli yang laen….

  33. indraes
    November 27, 2008 pukul 8:21 pm

    india hebatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt….
    bisa bikin motor yg bentuk KEREN bro… setuju g?
    (setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu)

    indon mana nech…? kok gag ada produk nya?
    sy mah suka ama pulsar200cc nya…..
    udah ada tuh di garasi… kerennnn men…

    pulsar dan mendapat PENGHARGAAN =
    http://www.bajajautoindonesia.com/index.php?mn=news&id=14

    bensinya kacau irit bangat = 1 lt=50km
    mantap… itu mau kenceng-pelan-ngebut….

    kok india bisa gitu yah…. inovasinya tehnologinya mantabp….

  34. Desember 5, 2008 pukul 9:49 am

    bocoran dari semarang, sprint blm akan masuk indonesia dalam waktu dekat, kemungkinan terbesar malah pulsar 220 cc.

  35. aroul
    Desember 8, 2008 pukul 1:45 pm

    euhh
    knapa datangnya telat??

    padahal bru beli xcd
    ehhh
    kluar versi sprint

    nyesel belinya
    tau gni gw tungguin ampe kluar versi sprint

  36. Januari 10, 2009 pukul 9:51 pm

    berapa nih harganya?
    gw yakin nih keluar pasti laku d indonesia klw harganya 14 juta ke bawah

  37. yoan
    Januari 29, 2009 pukul 11:30 am

    XCD 125 Sprint Cepetan donk, keburu beli CS 1 neh…

  38. jukir
    Januari 29, 2009 pukul 12:02 pm

    kayaknya gak mungkin kesini de ! p220 aja ampe sekarang gak nongol

  39. April 8, 2009 pukul 6:48 am

    Untuk motor bajaj 125 sprint keluaran 2009 saya dapat pastikan sangat cucok dengan penampilan saya sebagai seorang Bapak Guru di daerah ter-pencil ……..Smoga motor bajaj 125 sprint keluaran 2009 dapat menjangkau masyarakat ter-pencil yang ingin berpenampilan keren dengan kondisi keuangan seperti saya ini yang hanya seorang guru didaerah ter-pencil ……..trim’s……

  40. September 2, 2009 pukul 2:12 am

    bajaj sprint ga kan keluar di indonesia……
    yang bakalan keluar xcd 125 yang pake cakram depan itu pun kemungkinan awal 2010
    barengan dengan releasenya pulsar 220 versi karburator….

    soal motor pulsar khususnya pulsar 200cc, gw dah pake 1,7 tahun, so far ga da masalah berarti, baik ketahanan mesin yang sempat gw ragukan sebelum beli, soal peforma ga pernah kalah sama motor sekelas, FC nya yang irit bahkan lebih irit dari motor sport injeksi…(udah gw coba)…

  41. ismedtf
    Oktober 31, 2009 pukul 3:50 pm

    udah nyampe di Indonesia BLM?? kapan nih XCD Sprint kluar di Indonesia???? mantap abis dah XCD Sprint!!!!!!!!!!! i like it

  42. AZIZ_PAKP0H@ Lomp0Err
    Januari 22, 2010 pukul 2:19 am

    gwe gak banyak bicara buat mas BAJAJ> acungin 10 jari,…………
    maksdx 10 jempol(gk tau jempolx spa aj? hehehehe)
    OKELAH KALAU BEG..beg..beg..beg..beg….GITU

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: