Beranda > Informasi, Motor, Motor Baru > Kawasaki Athlete, Siapa yang mau Dilawan?

Kawasaki Athlete, Siapa yang mau Dilawan?

Kawasaki Athlete masih jadi perbincangan, sosoknya memang sudah kelihatan, tapi kapan akan dilaunching masih belum ketahuan. Terlepas dari itu semua, ada sesuatu yang agak janggal, mengingat jenis motor ini yang dirasa belum jelas. Hal itu terlihat dari desain yang sangat sporti namun tanpa ada fitur-fitur mesin yang mendukung aura sporti (katakanlah mesin tegak, radiator, DOHC, injeksi, dll). Nah maka dari itu belum jelas manakah yang ingin dilawan oleh Athlete.

Saya menyediakan beberapa produk yang sekiranya dapat dibandingkan dengan Athlete. Sekiranya produk-produk ini bisa dijadikan kompetitor yang sepadan dengan Athlete. Produk-produk tersebut dilihat dari desain, kapasitas mesin,atau perpaduan keduanya. Khusus untuk kali ini kapasitas dikhususkan >=125cc dan harus bebek.

  1. Yamaha Jupiter MX dan Honda CS1: Keduanya dikategorikan sebagai bebek super non ayam jago, bebek dengan DNA sport, dilihat dari mesin, desain, dan fitur. Keduanya bisa melawan Athlete secara desain karena sama-sama punya aura sporti dan radikal, secara desain bisa dianggap imbang. Namun secara mesin jelas MX dan CS1 di atas angin, bisa dilihat dari speknya yang beda jauh.
  2. Satria F150 (FU): Kenapa dibedakan dengan kedua bebek di atas? Karena kali ini difokuskan ke arah ayam jagonya. Bisa dilihat FU akan memiliki saingan sesama ayam jago. Konsumen akan memiliki pilihan kedua selain FU. Secara desain bisa dianggap setara karena sama-sama mengusung tema ayam jago. Athlete mungkin menang tipis karena lebih fresh dan fitur-fitur semacam tangki di depan dan monosok tidur. Namun lagi-lagi secara mesin Athlete harus bertekuk lutut karena kalah spek.
  3. “Duo bebek normal” 125 (Supra X125 & Shogun 125): Secara mesin dianggap imbang bila mengingat mesin Athlete mencomot milik Zone. Nilai lebih pada Athlete adalah pada desain yang dirasa lebih sporti (mengusung genre ayam jago). Selain itu ada fitur-fitur yang tidak terdapat pada “duo bebek normal” 125 khususnya soal tangki bensin dan monosok. Soal cakram belakang, Supra X125 dan Shogun 125 sudah memiliki fitur ini. Kali ini Athlete bisa dibilang unggul.

Dari tulisan di atas, dapat dilihat bahwa kelas yang paling efektif untuk dimakan oleh Athlete adalah bebek 125 “normal”. Hanya dikelas itulah Athlete mendapat nilai plus. Jadi seterusnya bagaimana? Tentunya harus menetapkan harga yang sesuai dengan kompetitor di kelas itu, katakanlah 13 juta. Kalau menyentuh angka 14 juta bisa-bisa dilibas Jupiter MX. Dengan demikian Athlete bisa menjadi produk yang efektif menembus pasar.

Iklan
  1. April 19, 2008 pukul 4:27 pm

    hoi
    emang honda baru yg aneh itu uda keluar??

  2. iwansa
    April 21, 2008 pukul 11:48 am

    Harganya mendingan 12,5 sampai 13,5 saja lebih dari itu untuk kelasnya mending Shogun baru deh.

  3. denbaguse
    Mei 7, 2008 pukul 3:25 pm

    Hai..lam kenal..
    Di tablo M+ no.480, harga athlete 125 sekitar 12 juta-an.. ini bandrol yg cukup murah dilihat dari speknya..dobel cakram, sok depan laki, monoshock tidur, tanki BB tengah.. yg jelas motor racikan kawasaki terkenal stabil dari zaman kaze 110cc dulu. tinggal liat gimana riding positionnya, nyaman gak utk dalam kota..juga konsumsi bensinnya, BBM kan mau naik nih..:D
    motor ini cocok utk mereka yg mencari kestabilan, kenyamanan berkendara, spek maksimal sesuai dgn harganya, suka tampil beda namun gak terlalu mikir harga jualnya nanti..
    Saingan athlete:
    – honda..mesinnya irit tapi relatif kasar (sampai2 baut besi pemegang footstep depan karisma/supra 125 dikasi ring karet, coba bandingin dgn mesin shogun & jupiter yg relatif halus),
    – suzuki..mesin kencang & irit tapi sasisnya kurang mantap (sampai2 tim balap hendriansyah memodif sasis shogunnya dimiripin ama sasis jupiter utk mengejar kestabilan).

  4. prayogi
    Mei 8, 2008 pukul 12:24 pm

    Setuju sama den baguse, yang penting bbm tetep premium , ga wajib pertamax / pertamax plus. Kalo mau ngebut kenceng, jalanan makin macet, mau ngebut dimana? lagian kopling bebek, jadi istri masih bisa pakai, kan demi penghematan , 1 motor bisa dipakai suami dan istri.

  5. Mei 23, 2008 pukul 8:18 am

    widih.. kalo athlete 12-13 jutaan…

    bisa kemakan itu bebek normal….

    athlete kan belalang sembah… bukan ayam jago…

  6. funkyz
    Juli 8, 2008 pukul 9:16 pm

    setuju… athlete bukan ayam jago bukan bebek tapi bllg sembah hahaha… jadi inget bllg tempur satria baja item wkwkw…

  7. agus irawan
    September 1, 2008 pukul 12:57 pm

    bukan ayam jago tapi burung sikatan….hidup kawasaki…

  8. Marcel X BKRC Jakarta 2004
    September 3, 2008 pukul 3:16 pm

    Memang MX, CS1 adalah DNA SPORT namun DESIGNnya KAGA BAGUS, Memang FU Ayam Jago namun sering KEOK, Memang Supra X125 & Shogun 125 paling top dikelasnya namun mirip TUKANG OJEK, Memang ATHLETE ada kekurangannya namun GWE PAKE. Let The Good Time Roll

    • Juni 10, 2013 pukul 4:08 pm

      KEOK apanya mas bro? tes aja sama fu , 800m jalan dluan 100M boleh dehh wkwkw

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: