Beranda > Marketing, Motor > Nasib Bebek Baru Honda (2)

Nasib Bebek Baru Honda (2)

Melanjutkan tulisan saya yang berjudul Nasib Bebek Baru Honda yang cenderung pesimis, sekarang saatnya berpikir optimis.

Selain FU sepertinya masih ada pangsa pasar yang ingin direbut oleh Honda. Bermesin tegak, 135cc, liquid cooled, yah siapa lagi kalau bukan JupiterMX. Bukan tanpa dasar, coba lihat spesifikasi mesin bebek crossover (BC). Sama-sama beradiator dan bermesin tegak, pembeda mungkin ada di klep dan kapasitas mesinnya, tapi untuk yang kedua tidak begitu jauh, 10cc-Honda saja bisa merebut pasar Vega R dan Smash yang kapasitasnya sama-sama terpaut 10cc bukan? Intinya kedua bebek ini sama-sama bebek tercanggih di pabrikannya.

Berbeda dengan FU yang penjualannya sedikit, MX mampu membayang-bayangi kesuksesaan Supra X125 yang menjadi raja di kelas 125 ke atas. Mesin canggih, tampang keren, imej kencang Yamaha, harga yang lebih terjangkau daripada FU, apalagi coba? Modal yang sangat bagus untuk memperoleh kue yang besar di pasaran. Dan semuanya itu dimiliki oleh BC.

Lho bukannya BC diperkirakan lebih mahal daripada MX? Sekitar 1 juta bedanya. Ingat bung, ini Honda. Honda bisa menempatkan motor yang berharga lebih mahal daripada kompetitor. Ingat Supra X125 lebih mahal 500-600 ribu dibandingkan dengan new Shogun di tipe yang sama. Jadi keadaan MX dan BC saat ini bisa kita anggap sebagai produk yang setara.

Kembali ke soal penjualan di mana MX mampu menuai angka yang bagus. Artinya pasar MX layak untuk digerogoti, beda dengan penjualan FU yang kecil, buat apa digerogoti, wong sudah kecil kuenya. Pasar yang menggiurkan ini sepertinya ingin diincar oleh Honda, dengan bermodal BC, Honda punya senjata kuat untuk mencuri potongan kue dari MX.

Melihat dua kompetitor BC (FU dan MX), Honda seakan memiliki senjata multi-fungsi guna membunuh dua musuh sekaligus. Mungkin juga BC memang didesain untuk ditempatkan di antara MX dan FU untuk membunuh kedua kompetitornya. Berhasilkah? Entah, tunggu saja tanggal mainnya.

Iklan
  1. Maret 22, 2008 pukul 9:24 am

    skrinsutnya mana bro

  2. rinaldi_narlis
    Maret 24, 2008 pukul 4:00 pm

    sepertinya pangsa pasar bebek akan rame sama MX dan FU

  3. hart
    Maret 30, 2008 pukul 3:33 pm

    honda crossover keren abisss…….

  4. Agus
    April 1, 2008 pukul 10:41 am

    Kalau saya lihat sepertinya Honda kelabakan dan tidak siap menerima serangan dari Yamaha. Karena Honda sudah terlanjur terlena dengan jumlah penjualan yang selalu paling tinggi. Terbukti dengan dikeluarkannya banyak produk dalam waktu singkat yang hampir sama baik tampilan atau mesinnya. Tetapi Honda akhirnya sedikit tertolong dengan hadirnya Vario. Kalau Honda tidak segera berubah yaitu mengeluarkan produk yang inovatif dan terjangkau, bukan tidak mungkin Honda akan ditinggalkan oleh konsumennya.

  5. sji
    April 7, 2008 pukul 4:19 pm

    sekarang pangsa motor… merek bukan menjadi satu pilihan utama. masyarakat melihat jangkauan harga, model dan kualitasnya…. so, memang benar jika honda sudah seperti (atau memang sangat) ketakutan terhadap kompetitornya. khususnya yamaha. produkbaru bermunculan dengan tampilan mirip adalah buktinya. dilain pihak suzuki juga tidak mau kalah untuk bangkit mengejar yamaha dan setara dengan honda… lihat aja iklan-iklan suzuki yang hampir mirip konsepnya dengan yamaha… yang jelas, masyarakat pasti ingin yang murah dan berkualitas…

  6. ian
    April 13, 2008 pukul 7:56 pm

    Banyak komentar yang dilantunkan
    baik itu baik atau buruk tentang honda
    yang pastinya honda selalu irit bensinnya.
    Siapa mau lawan!!!
    Kadang2 org malas minjamin motornya karena masalah bensin yang terutama, ya ga??!!!

  7. Bram
    Mei 5, 2008 pukul 9:23 am

    Kalo HONDA ngeluarin motor baru…, Pasti lku keras di banding yamaha atawa suzuki, masyarakat sebagian besar lebih percaya sama HONDA…, orang yang duitnya pas2 an tapi belagu pasti beli MX, tapi kalo punya duit pasti beli HONDA CS 1

  8. Desember 18, 2009 pukul 1:35 pm

    Mau bagaimanapun juga, honda bkalan klah saing dr yamaha.
    Hal ini mlai kelihatan smnjak thn 2004 slam dimana pnjualan jupiter mlai mngkat.Mngingat barometer tknologi motor nomor1 di dunia(motogp) tlah mnemukan motor juara baru yaitu yamaha

  9. Juli 1, 2013 pukul 1:59 pm

    My developer is trying to convince me to move to .
    net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses.

    But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on various websites for about a year and am nervous
    about switching to another platform. I have heard good things about blogengine.

    net. Is there a way I can import all my wordpress content into it?
    Any kind of help would be greatly appreciated!

  1. Maret 21, 2008 pukul 9:51 am
  2. Maret 27, 2008 pukul 2:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: