Beranda > Marketing, Motor > Nasib Bebek Baru Honda

Nasib Bebek Baru Honda

Seberapa sering anda melihat FU berseliweran di jalan? Sering? Kalau begitu lebih sering mana, melihat Honda Supra Fit atau FU?
Membandingkan kedua motor tadi jelas tidak adil, lha wong pasarnya saja sudah beda. Jelas itu, mau diapakan lagi kedua bebek itu berada di tingkat yang berbeda. Supra Fit cenderung lebih ke motor sejuta umat, sedangkan Fu memiliki pasar yang sempit.
Lalu? Yang perlu dipertanyakan adalah apakah nasib motor baru Honda ini (selanjutnya akan disebut sebagai BC-bebek crossover) akan seperti FU? Terjebak dalam pasar yang sempit?

Secara perkiraan harga, BC layak head-to-head dengan FU. Memang diset demikian atau tidak entah, namun jika perkiraan harga ini benar, jelas akan ada konsumen motor bebek sport yang mempertimbangkan motor ini selain FU. Artinya ada perebutan pasar antara FU dan BC.
Angka penjualan FU sebenarnya tidak jelek, bagus malah untuk pasar bebek sport, mengalahkan ZX130 di semester pertama 2007. Namun jelas angka yang ada jauh di bawah Supra X125 yang sama-sama di kelas 125 cc ke atas. Bahkan JupiterMX yang teknologi mesinnya mirip dengan BC (radiator, mesin tegak) berhasil mengekor Supra X125.
Jelas Honda tak ingin produknya kali ini kalah dengan FU, wong ditempatkan di kelas yang sama. Setidaknya BC sudah memiliki modal yang lumayan kuat. Secara performa mesin mungkin akalah, namun performa yang ada tidak akan cemen-cemen amat, teknologi mesinnya sudah lumayan bagus. Secara tampang memang selera masing-masing, tapi melihat tampang FU yang terlalu performance-oriented, sepertinya BC punya modal lebih, plus kondisi yang lebih fresh bila dibandingkan dengan FU. Lalu secara imej di masyarakat, yah tahu lah Honda, belum lagi jaringan servis yang lebih banyak daripada Suzuki.
Yang jelas saya optimis dengan jagoan baru Honda ini, asalkan jangan ada masalah-masalah seperti yang terjadi pada Vario dan JupiterMX.
Ngomong-ngomong launchingnya kapan ya?
  1. Maret 17, 2008 pukul 11:43 am

    Gambarnya manaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………

  2. Maret 17, 2008 pukul 2:24 pm

    srinsyut gambarnyah manah? 🙄

  3. fanderlart
    Maret 17, 2008 pukul 3:59 pm

    udah tuh…

  4. Maret 18, 2008 pukul 3:43 am

    Untuk pangsa pasar mungkin ini tujuanya justru bukan untuk ngelawan FU tetapi memakan lahan Jupie MX. Dengan kisaran 17-18 juta memang pasarnya ndak terlalu besar tetapi dengan nama besar AHM Honda itu dirasa cukup untuk turut memanskan persaingan

  5. Changcuters
    Maret 19, 2008 pukul 11:07 am

    FU emang keren, tapi kalo untuk motor harian ( jarak 18 KM pulang pergi = 36 KM), gue kapok dech, pegel banget…
    jadi, gue tunggu motor baruu Honda aja dech…

  6. Abon Sapi
    Maret 21, 2008 pukul 9:20 am

    @^
    se-7

  7. fanderlart
    Maret 21, 2008 pukul 9:49 am
  8. apalah arti sebuah nama
    April 7, 2008 pukul 1:52 pm

    Setelah acara launching CS1 di mall,diadakan poling dadakan bagi para konsumen/pemakai motor.
    Kategori konsumen masih kita bagi lagi menjadi :

    – Kaum wanita ( mulai dari remaja,sampai ibu2,jika perlu nenek2)
    1. “wah,naek motor ini susah nih kalo pake rok,bisa jadi tontonan”
    2. “harganya mahal amat ya?aku kan cuman butuh buat transportasi,cari yang murah saja…”
    3. “kalo habis belanja di pasar,ga bisa bawa barang banyak donk?mau ditaruh mana coba?”
    4. “posisi setang kok sepertinya tinggi amat ya?ga nyaman nih kalo”
    5. dll nya….
    kesimpulan : Jelas bukan motor buat kaum wanita

    kaum pria ( mulai dari remaja,sampai bapak2,jika perlu kakek2)
    1. “harganya kok mahal amat ya?dibandingin sama merek lain kayak nya bisa dapet lebih bagus”
    2. “letak plat nomernya itu loh, kenapa ga di bawah aja sih…”
    3. “mahal…nanggung,tambah dikit udah dapet motor laki,lebih macho”
    4. “kaki depannya kok kecil amat ya?jari2 pelek juga kecil…”
    5. “mendingan gua beli y****a, dapet spek lebih tinggi dan yang pasti harganya lebih murah”
    kesimpulan : Jelas bukan motor buat kaum pria ( mungkin yg minat cuman banci kali ya?)

    Melihat hasil poling di atas sepertinya motor jenis ini ga akan bertahan deh…hangat2 taik ayam, kayak janji2 para pemimpin kita…
    selain harganya yang tinggi dibanding kompetitor merek lain sekelasnya, keunggulan utama cuman di bodi sama brand aja.jaman sekarang udah ga jaman beli brand

  9. amant
    Maret 21, 2009 pukul 12:47 pm

    supra fit dan fu emang keren tapi lebih keren legenda sebab sampai saat ini legenda menjadi sepeda yang 45

  10. Agth@
    Juli 6, 2009 pukul 2:42 pm

    Mnurut gw supRa x 125 injecti0n lbiH Q-reen dr FU

  11. Desember 12, 2009 pukul 12:14 am

    gmbarnya ko’ kurang jls y??

  12. putra
    Mei 15, 2010 pukul 2:08 pm

    bgusan cs 1 dripd jup mx….
    lebih irit cs 1..

  1. Maret 20, 2008 pukul 5:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: