Beranda > Informasi, Motor > Kuartet bebek Kawasaki (bag 2-Kaze ZX-130)

Kuartet bebek Kawasaki (bag 2-Kaze ZX-130)

Setelah Blitz R kini saya akan menulis tentang Kaze ZX-130 yang lebih dikenal dengan nama belakangnya: ZX130. Bebek gambot ini digadang-gadang sebagai “Baby Ninja” oleh pabrikannya. Ditambah dengan pemakaian nama “ZX-130″ yang terkesan sangat Ninja (ZX250, ZX-10, dll). Secara tampilan juga disebut-sebut sebagai jelmaan Ninja. OK terlepas dari segala stempel dan tempelan yang diberikan oleh pabrikannya, mari kita lihat ZX-130 secara lebih mendalam.

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi dari ZX-130, diambil dari situs resmi Kawasaki Indonesia:

Type Mesin : 4 langkah, SOHC 2 Katup
Diameter x Langkah : 53,0 x 59,1mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 130cc
Perbandingan Kompresi : 10 : 1
Daya Maksimum : 7,4 KW ( 10,1 PS ) / 7.500 RPM
Torsi Maksimum : 10,7 Nm / 5.500 RPM
Karburator : Keihin NCV24
Sistem Starter : Electric&Kick Starter
Jumlah Transmisi : 4 speed
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Centrifugal, Wet multi disc
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.694 @ top gear
Sistem Pengapian : DC-CDI
Sistem Pelumasan Oli : Forced Lubrication ( Wet Sump )
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan udara
Sistem Penyaringan Oli : Double Filter
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,1 liter ( kering )
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 3,7 liter
Busi : NGK C6HSA / ND U20FS-U
PanjangxlebarxTinggi : 1904mm x 709mm x 1050mm
Tinggi Tempat Duduk : 752mm
Jarak Poros Roda : 1.248mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Berat kosong : 104 kg
Tipe Rangka : Pipe Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ukuran Ban Depan : 70/90 – 17M / C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 – 17M / C 44P
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Drum / Tromol
Pelek Roda : Spoke / Jari-jari, Cast Wheel
Battery MF : Sealed Battery ( B.Kering ) 12 V 3.5 Ahs

Di masa awal peluncurannya, ZX-130 memiliki kapasitas terbesar, dibandingkan dengan rivalnya yang berkapasitas 125cc. Tenaga yang dikeluarkan juga lebih tinggi dibandingkan dengan lawannya yang pek ji go. Pantas saja Kawasaki menonjolkan inej kencang pad awal peluncurannya, maklum kapasitasnya di atas angin. Meskipun saat itu Satria FU sudah ada namun karena saat itu penjualannya dirasa belum mampu menandingi bebek 125 plus harganya yang termasuk mahal, pantaslah ZX-130 menjadi pilihan yang tepat bagi Kawasaki karena harga yang ditawarkan tidak begitu jauh plus kapasitas mesin lebih besar.

Meski demikian mesin yang digunakan masih teknologi lawas tanpa radiator dan injeksi. Kawasaki hanya menawarkan kapasitas yang di atas rata-rata. Soal transmisi juga masih 4-percepatan tanpa kehadiran kopling manual.

ZX-130 terkenal gambot dan kurang lincah di perkotaan. Namun konsekuensi dari bobot “berlebih” itu adalah stabilitas di jalan lurus yang menurut pengakuan banyak orang sangat memuaskan. Karakter pengendaraannya khas Kawasaki seperti bebek Kawasaki sebelumnya (Kaze 110) yang dikenal stabil di kecepatan tinggi.

Desain plus Fitur

Di masa awal kelahirannya, bebek ini memiliki desain yang sangat radikal. Tidak seperti biasa, garis tajam bertebaran di mana-mana, kesan sporty dan agresif muncul di motor ini. Penggunaan lampu di tebeng depan juga dirasa unik karena model seperti ini tidak ada sebelumnya. Namun semua itu masih belum seberapa dibandingkan dengan inovasi tangki bensin di depan. Letaknya di bawah setang dan terlihat dari tonjolan yang mengarah ke pengendara, tangki ini juga yang membuat tebeng depan terlihat sangat menonjol.

Sebelum diluncurkan muncul pertanyaan dari banyak pihak yang meragukan keamanan fitur tangki ZX-130. Pertanyaan terbesar adalah apakah bila motor ini terjatuh dan bagian tangki berbenturan akan mudah terjadi kebakaran? Hal ini ditampik oleh pihak Kawasaki dengan menerangkan bahwa ZX-130 sudah mengalami uji dengan dijatuhkannya motor dari ketinggian tertentu berkali-kali.

Kemudahan yang ditawarkan dari fitur ini adalah saat pengisian bensin tidak perlu turun dari jok, cukup memutar kunci kontak dan tutup tangki terbuka. Sangat memudahkan bila kita menaruh barang di atas jok. Lanjutan dari tangki di depan adalah ruang bagasi yang super luas karena tidak tersita oleh keberadaan tangki bensin. Selain fitur-fitur tadi kunci kontak motor ini dilengkapi pengaman magnet yang mampu menghambat kerja maling motor.

Penjualan

Di awal kehadirannya, ZX-130 menjadi booming karena desainnya yang sangat unik. Bahkan menurut informasi yang didapat, inden motor ini menumpuk di berbagai daerah. Kawasaki mendapat cukup sukses dari ZX-130 pada awal kehadirannya.

Namun sayang, kini ZX-130 tidak begitu bertaji lagi penjualannya. Kini konsumen lebih tertarik pada bebek-bebek super lainnya: Satria FU dan Jupiter MX. Bisa jadi selain karena desain keduannya sama-sama sporty, keduannya dilengkapi juga dengan teknologi yang  mumpuni. FU bisa bangga dengan 150cc dan DOHC-nya, MX bisa bangga dengan radiatornya. Sedangkan ZX-130 masih berkutat dengan teknologi lawas sehingga mungkin hal ini membuat penjualannya meredup.

Selain itu juga ada masalah klasik soal Kawasaki yaitu masalah jaringan purna jual yang tidak sekuat rivalnya. Hal inilah yang rasanya menjadi momok bagi penjualan bebek-bebek Kawasaki. See? Kawasaki harus benar-benar serius dalam menanggulangi masalah ini.

About these ads
  1. andygoblin
    Mei 15, 2008 pukul 7:31 pm


    AYO LAH LIAT SITUS: Axxyc.com
    (Komunitas Indo, ga perlu register)

  2. Mei 23, 2008 pukul 8:22 am

    keunggulan punya zx pas baru loncing…

    serasa artis waktu ngisi bensin… semua orang liatin…

    hauhauhuahaa

  3. Juni 10, 2008 pukul 5:41 pm

    Kasian ya!…. apa sekarang dah direnovasi ato gimana niy kabarna :-?. Pi kayakna masih mikirin yang 250 cc nya tuh :-)

  4. ZRC18_R
    Oktober 4, 2008 pukul 3:45 pm

    enak bgt handlingnya,permofanya agak lemot diawal,tp dah sampe putaran atas,rasanya mesin nambah terus tenaganya,,,,

  5. ZX-er no club
    November 28, 2008 pukul 12:29 pm

    enak to … makin sedikit yang punya … makin eksklusif :D~
    daripada motor ojek …. hayoo …. (di gang depan rumah gw ojeknya banyak yang pake MX :p) … sama kayak jaman dulu orang ogah beli ford laser karena mobil taksi? (mew … berarti sekarang vios jg dunk :D~)

  6. djaja
    Februari 9, 2009 pukul 10:51 am

    huahahahaha….motor kesayangan gwa…
    aneh di mata masyarakat…

  7. eqie
    Februari 24, 2009 pukul 2:51 pm

    gua punya niat buat nambah kopling manual motor zx gua.pi yang gua pinginnin hasilna g’ asalan.lau bisa lebih terkesan asli
    gua butuh informasina dung…thank b4

  8. Hari
    April 7, 2009 pukul 11:23 pm

    Bisa coba make piston set sonic, pasti mantap mengingat stroke zx panjang bener…, pasti Dahsyat…

  9. Razax Foo
    April 8, 2009 pukul 2:02 pm

    Ni…motor manteb bgt…..
    saingannya: MX, Supra X 125, Shogun 125….ane lebih pilih ZX-130
    karena:
    1. Stabil !!!
    2. Speed sampe 130 kpj (std)
    3. Irit…1:50 km
    4. Design berkarakter tajam = Futuristik
    5. Bensin di depan…..gak plu turun..he.he

    • William
      Mei 4, 2009 pukul 4:56 pm

      1:50km?
      kenapa motor aq, meternya tunjuk E setelah 130km?
      motor aq punya masalah?

  10. ZX130
    Juni 8, 2009 pukul 12:41 pm

    Waduh punya gue aja bisa sampe 1:60 km :D

    • Robert Anggoro Budiman
      November 3, 2010 pukul 4:40 pm

      gan… aku pemakai Kawasaki ZX 130 CW….plat nomer jogja….warna nya langka banget…silver….biasanya kan merah..biru..hitam..hijau… hehehehe…^.^

      gue suka banget sama ni motor…meskipun ada MX yg posisi nya di atas ZX…gak peduli… ZX masi menang irit… MX itungannya lebih boros…

      aq pengen kawasaki ngeluarin/merilis ZX terbaru….seperti yamaha…dari Jupiter Z jadi MX…teknologinya beda banget…
      aq pengen ZX di bkin gitu juga bro….
      pasti nyaingin MX banget tuhh….bila perlu ngelurin yang pake kopling manual….

      pokoknye meniru dari MX aja…
      hahahahaha….

  11. zildan
    Juni 23, 2009 pukul 11:31 am

    ganti klanpod yoshimura evo n ear blkng,,bisa ampe 140an,,kenceng,,
    stabil,,MX,shogun mah lewattttt…
    top bgd dah….

  12. Juli 9, 2009 pukul 9:15 pm

    aq bangga naik ZX-130
    cos trikan.nya mantap …….
    wlopun awl.ny agk berat…..
    d.bwa klur kta gag krsa cpe.ny….

  13. Agustus 9, 2009 pukul 5:01 pm

    motor gua kawasaki kaze zx 130 cc, kendala sy bahwa motor tersebut do saat pendakian sepertinya kurang tarikan, sy udah mencoba untuk mengganti gear belakang dengan no 40 namun masih kurang ditanjakan, alhasil kecepatannyapun berkurang, trims

    • jum
      Agustus 31, 2009 pukul 7:01 pm

      Gua pake pelek sprin MX Gir 43 blkg dan depan 13 tanjakan jadi oke …..

  14. Agustus 23, 2009 pukul 5:16 am

    Motor saya ZX130. Dulu pake karisma, jadinya tidak perlu adaptasi karena karakter akselerasi keduanya sama2 lembut. Tapi dengan stroke dan bore yang lebih besar dari karisma kok nafas si ZX130 kok malah pendek2 ya. Dulu waktu pake karisma gigi 3 bisa sampe 100kpj, dengan Zx130 80kpj mesin sudah teriak minta ganti ke gigi 4. Kalau pas keluar kota pasti kalah dengan akselerasi dengan si karisma. Memang kalau dipaksa topspeed bisa sampe 130 tapi mesin sudah teriak banget. Dulu pernah pake gir belakang 40 (turun 2 mata dari standar 42), kecepatan 130kpj mesin lebih halus tapi gigi 1 getar pas mau jalan. Ada yang tahu gak cara manjangin nafas ZX130 tanpa ganti gir? Please, help me.

    • bmw
      Oktober 25, 2009 pukul 11:41 pm

      ganti aje gear blkng ame pny blitz

  15. red zx
    September 6, 2009 pukul 2:53 pm

    saya minta tolong da yang tau tempat accesoris zx130 tdk ya murah..

  16. agoes
    September 10, 2009 pukul 9:33 pm

    Ini dari pengalaman saya, sekarang saya pake zx130. Sebelumnya saya pake supra X 125, Jupiter MX 135, Jupiter Z, Shogun 125. Kesemuanya itu ada kendala. Jarak rumah saya ke kantor (p.p) 110 km, itupun kalo saya gak keliling lagi. Saya kerja dari Senin s/d Jum’at. Waktu saya pake supra X 125, pada km 13 ribuan ring seher sudah jebol, pernah mogok 4 kali. Waktu pake Jupiter MX 135, pada km 9 ribuan kopling jebol, katanya kanvasnya sdh kemakan, begitu juga dengan Jupiter Z, suka mogok dan klo boncengan terasa banget goyang. Pake Shogun pada saat rem mendadak saya terbalik. Dan kesemua motor tersebut dipakainya pegel alias sakit badan untuk jarak jauh. Tetapi setelah saya pake ZX 130 rasanya tuh mantab bin markantab. Perlu dicatat saya beli ZX 130 bulan Agustus 2008 hingga sekarang sdh menempuh 33.100 km. Tetapi alhamdulillah motor tidak pernah ada masalah. Yah cuma ganti kanvas rem, filter oli. Dan soal kecepatan memang di awal lemot, tapi begitu jalan betz, saya pernah ngasepin mx yang lagi balapan ama supra x 125 di lintasan BusWay Gatot Subroto ( dari putaran arah balik rasuna said sampai ke depan komdak ), mereka bengong begitu disalib si bebek montok (ZX 130).

  17. adji parikesit
    September 30, 2009 pukul 8:50 am

    sy dh staun pk zx130, sy beli second buatan th 2007…tiap hari rmh kntor pp 100km..rasanya nyaman bgt…ergonomis…ga cpt cape…mesinnya bisa diandalkan…blm pernah ada kndala dan blm oversize pe skr,pdhl sya pk staun jarak temphnya 53.000 km…soal mlayu OK punya…sy pernah nyalip JupiterZ anyar yag lg gas pool…enyong mlayu 130Kpj…ora goyang…stabil…jd pngen punya kawak ZZR1200..sssttt .only in my dream

  18. September 30, 2009 pukul 3:22 pm

    zx…. motor impin yang lama kaga kebeli…

    eh pas dapet rejeki nomplok malah beli athlete.. heuheuehe.

    nabung lagi wat beli zx..

    • monster
      Oktober 9, 2011 pukul 12:43 am

      senasib kita bro,., :ngiler ama zx

  19. bmw
    Oktober 25, 2009 pukul 11:52 pm

    pny gw zx thn 2005 beli pas lg launcing, gw mo tny kalo motor kluaran lama ame baru biasanya ada yg beda ga sih…, misalnya bahanny… , kalo motor baru kadangkan bhnnya dah laen, biasanya bahanny bagusan yg motor lama bener ga sih ..? please jwb ?????????

  20. bmw
    Oktober 25, 2009 pukul 11:57 pm

    oya gw pernah lawan tiger 2000 versi lama, hasilnyu gile….? imbang men pd hal kynya die dah gas poolllll bgt. gmn tuh yg bw bego atow emg mtrny??

  21. Dalijo
    Oktober 31, 2009 pukul 10:31 am

    Inyong pake kaze dari th 95 s.d. 2009 tuk perjanln 130 km /hr. eh.. kerasa capek juga. trus lirik sana-sini mo ganti tuh motor, nyoba sana nyoba sini, yang supra X125lah, yang MXlah. Ee… ujung-ujungnya kembali ke kawasaki lagi,akhirnya pilihanku jatuh ke ZX si baby ninja.emang uenaak. tarikannya kuenceng and kalo dibuat nguebut anteb & muanteb. 130 km/hari gak ada capeknye….

  22. hari
    Oktober 31, 2009 pukul 12:48 pm

    Sip lah..

  23. Ainal Fitra
    November 3, 2009 pukul 5:50 pm

    Gue lagi ada masalah di Kunci Kontax Zx yang rusak. Ada yang jual ngx ya.. please info, tx de .. zx memang luar biasa tapi kunci kontaknya kelewat mahal untuk yang orisisil siapa tau temen-temen ada solusi

    • aditya
      September 10, 2013 pukul 5:21 am

      aku pernah punya masalah dg kontak zx 130, bisa diperbaiki kok.

  24. hari
    November 3, 2009 pukul 6:01 pm

    coba di ramayana, kebon jeruk IX jakarta Barat, jual khusus onderdil Kawasaki, barangkali ada yg imitasi …

  25. corex
    Januari 16, 2010 pukul 9:49 pm

    KAZE ZX,
    KEAJAIBAN ???
    BIKIN BENGONG WAKTU pertama x nyoba, ni motor kayak kebo, enak dinaikin, mantap ‘d stabil bgt, top speed-nya bs bwt ngimbangin mega pro…
    ajaib n’ aneh.g salah bapak beli ni…

  26. Maret 22, 2010 pukul 2:55 pm

    crita dari boz teman, juragan besar percetakan di Klaten. pindah ‘agama’ dari honda n yamaha gara-gara ZX130 ini. waktu kaze 110, doi belum ngelirik, coz ga beda ama yg lain. Waktu dibilang, Kawasaki mantap stability-nya, doi tetep menggeleng, katanya, “yg penting speed, apaan tuh stabilitas!” qe3 namanya juga seumur2 taunya motor identik dengan kecepatan, poko’e wus wuss wusss…

    Nah, kayak brader yg lain, pertama liat ZX ya karena lutu, ampe kebahak liat brosur-nya. eh pas liat ZX ijo polos-pelek RC jari-jari belah (generasi pertama) nyalip doi diruas Prambanan-Solo, jatuh cinta deh. Katanya, jarak jauh kayak duduk disofa sambil melintir gas qe3 saking stabilnya.

    Ealah, sekarang keterusan mbesut Kawak 250 qe3 btw aq ndiri pake kawak 110R 99, yg mboncengin n pemboncengnya ndak pegel. salam Kawak :)

  27. Zxdream
    April 13, 2010 pukul 4:52 am

    Halo semuany
    cm pgen komen kl zx emang ajaib, biar jarang yg punya tp byk yg memuji nih mtr
    mungkin kekuranganny cm spareparts sm dr taun ke tahun blm ad perubahan pd mtr ini
    ato ud ad?
    Ad yg bs ks info?
    Thx

  28. hari
    April 13, 2010 pukul 9:31 am

    Hmmm…., zx emang gitu deh hee..

  29. ZX_5097
    April 28, 2010 pukul 10:40 pm

    He.. he… tiap kali baca komentnya ZX130 di berbagai blog pasti hasilnya positif, emang kudu coba dulu naik deh baru kasih koment.
    Kalo belon pernah naik mending gak usah koment dulu ya…
    Saya punya ZX tahun 2008 dan testinya ya sama seperti empunya ZX130 yg udah pada nulis diatas.
    - Tarikan awal lelet, handling oks, putaran tinggi tenaga dahsyat, gak cape (nyaman), yang paling penting kualitasnya sangat bagus, kalo udah naek ZX, naek bebek laen rasanya udah gak enak, tau deh knapa….

  30. Danang
    Mei 2, 2010 pukul 7:15 am

    Aku beli zx130 dah mo 5 tahun ni…sempat pake 3 tahun buat nglajo solo-klaten (30 km). Mantapf, handling ok, enak dinaiki (ergonominya ok banget), irit, mesin bandel, suspensi empuk. Trus dipake istri (padahal orangnya kecil) n katanya enak dipake, praktis (bagasinya gede) buat belanja dll, stir-stirane (handling) enak. walau keliatan besar n berat tapi kalo dah dinaiki mantap n mudah….
    Sekarang sih aku pake Bajaj 180…ini juga motor mantapf.

  31. ruhyana
    Mei 7, 2010 pukul 6:11 pm

    aku pengin banget nyoba … di rumah aku pake HONDA SUPRA F1PGM, YAMAHA MX, SHOGUN 125, MIO … biar komplit aku mau nyoba KAZE ZX130, gimana nich ? … kalo liat2 comment yg udah make, kayaknya makin mantap nich, tapi harganya tuh cukup mahal juga !

    • ali f
      November 17, 2010 pukul 10:35 pm

      Cb aja.. dijamin si Y & S bakalan nganggur ga kepake… asli aku keterusan pake, begitu pake yg lain kayak ada yang kurang aja… zx 130 mmg muantafbbh…

  32. Hari
    Mei 7, 2010 pukul 6:17 pm

    Cobalah Kawasaki… heee ^^

  33. MasUnt
    Mei 10, 2010 pukul 9:22 am

    Tepat oktober nanti Kawasaki ZXku berusia 5 tahun. motor yg handal sangat jarang sekali rewel. Benar kata sebagian orang bahwa mesin Kawasaki semakin terasa mantap ketika diatas 30.000 km. Tentunya dg perawatan rutin dan oli mesin yg bagus. 12 tahun malang melintang pake Kawasaki benar2 memberikan kepuasan tersendiri.

  34. Hari
    Mei 10, 2010 pukul 9:26 am

    Hmmm.. 12 tahun.. mantaaap
    lako gw dah 21 tahun hee… ^^

  35. MasUnt
    Mei 10, 2010 pukul 9:27 am

    Karena usia yg sudah 5 tahun, saya berencana tukar tambah dgn ZX tahun terbaru atau produk Kawasaki lainnya, Edge, tetapi saya dengar akhir tahun 2010 Kawasaki hendak meluncurkan betiknya sbg ganti skutik Kawasaki Curve yg tak jdi diluncurkan. Better wait n see..

  36. eci riyant
    Mei 17, 2010 pukul 1:00 am

    waw.pada kasih opini positifnya mulu nih..mana negatifnya??ni,gw kasih deh,gw baru beli ZX130VR seken taun 2006 (peralihan dari kazeR110)yg gw rasa,handling emang mantap,tp getaran nya itu lho,KAGA NAHAN..SAMPE 7.2 SKALA RICHTER.gila,bikin tangan ksemutan.wajar gak tuh?masih lebih halusan kazeR110,plis help 4 da info!!biar gw gag nyesel..hiks

  37. Hari
    Mei 17, 2010 pukul 11:09 am

    kemungkinan bearing krukas udah musti ganti bro

    • ali f
      November 17, 2010 pukul 10:41 pm

      ya benar… ganti nti tenang lagi

  38. eci riyant
    Juni 11, 2010 pukul 10:01 pm

    bearing kruk as?mahal gak mas bro hari ?? kalo bener bearing kruk as nya,ada ciri2 lain ndak? misalnya bunyi bunyi tertentu di RPM tertentu gitu?karna mesin masih halus!!saya rasa rasain,getaran muncul di RPM 3500 sampe 5000an,maju terus ke 6000rpm,getaran ilang,baru ada getaran lagi di 7500 rpm keatas?plis help all.tengkyu

  39. Hari
    Juni 14, 2010 pukul 11:35 am

    Hmmm, getaran muncul emang biasanya gara2 bearing krukas ngeceknya ya musti buka bak kopling ataw magnet nah goyang2ni deh tuh magnet atw sentrifugalnya kalo oblak ya bearing krukas nya yg kena
    Bisa jg bearing camshaft yg oblak, ini jg menyebabkan getaran yang menyebalkan, ngeceknya ya musti copot camshaft tersebut Bro..
    Ataw yang gampang dulu deh, cek baut2 pegangan mesin, kali aja pada kendor.
    semoga bermanfaat

    • Juli 4, 2010 pukul 7:50 pm

      KALO MAU NYERVIS PROBLEM KAYAK GITU DIMANA YA ?

  40. Hari
    Juli 5, 2010 pukul 11:53 am

    Bisa langsung ke bengkel resmi aja .

  41. tyo
    Juli 27, 2010 pukul 12:51 pm

    sblmnya sory ya bro,mgkn emg zx stabil,ok di putaran atas.pi ttp aja bebek,dgn sgla keterbatasannya,tnpa kopling manual trutama.jd mnrt gw,nmnya motor ya motor laki,stabilnya absolut.

  42. Agustus 2, 2010 pukul 4:37 pm

    cocok uat touring

  43. daru prabowo suko
    Oktober 20, 2010 pukul 6:32 pm

    buat agan agan bisa bantuin saya cari knalpot yg bisa nambah peforma motor zx 130 ane biar motor ane jadi motor bebek pualing kenceng dikelasnya dibanding motor merk lain. posisi ane ada di jogja. tkx banyak atas bantuan agan agan pecinta zx 130, o iya kebetulan ane ni hobby touring hehehehe….

  44. zaldy
    November 8, 2010 pukul 9:22 am

    ane pke zx 130 sejak tahun 2007….gak ada masalah dengan mesin…instrumen mc ok…semakin kencang semakin halus suara mesinnya….jalan jauh kecepatan 100km/jam gak bergetar stabil dan mantap…..tp sedikit masalh gan…karet pelindung rantai agak rapuh,sehingga rantai dan chasis bersentuhan ..menimbulkan suara gemericik….nah..klo agan-agan punya solusi kasih dug ane info…..

  45. zaldy
    November 8, 2010 pukul 9:23 am

    siapa tahu ada yang mau kasih solusi…ini no ane 08115403275

    • atumasane
      November 24, 2010 pukul 11:31 pm

      stel rantainya bro. pasti udah olor banget tuh.!! pnyku gak pake karet jg ga masalah..asal rantainya kenceng.

  46. hari
    November 8, 2010 pukul 10:54 am

    ganti aja karet nya itu, biar rante ga nempel arm

  47. Atleter's!
    November 20, 2010 pukul 3:15 pm

    Jd pengen ni pny baby ninja, dr koment2 yg ad positif smua! Skrng gw pke atlete yg gw rasain klo jln pelan kog ga enk bgt y, aplg boncengan lelet bgt! Tmbh lg klo d tnjakan ga ad tnagany! Bro2 smua,Ad yg bsa ksh solusi? Ap tuker guling am zx aj y? Bro gmn klo kwski zx buat touring boncengan trus naik d tanjakan kyk d puncak?

  48. Gede Jana
    Januari 27, 2011 pukul 12:17 am

    ZX saya 2007, pernah ada yang mau tukerin pakai MX 2006. Saya jawab ”nggak”. Karena kalau MX nya tak jual lagi buat beli ZX yang lebih baru, selisih harganya nanggung, repot lagi. Kecuali langsung tuker tambah Zx 2009 (maunya).

  49. Gede Jana
    Januari 27, 2011 pukul 12:27 am

    mau coba tes kestabilan zx lebih ekstrim?
    Saya sering jalanin sampai pool 120kpj,
    terus kedua pegangan tangan tak lepas, biarkan jalan sendiri tanpa direm atau digas,
    boleh juga sambil injak persneling seperti kopling,
    Rasakan sensasi kestabilannya, tetap lurus dijalannya tanpa goyangan berarti!!!
    Kalau bebek lain pasti sudah geal geol seperti bebek aslinya, bahkan ngedubrak.
    Benar benar rasa ninja!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  50. Idea
    Februari 17, 2011 pukul 12:05 pm

    motor ZX saya thn 2005 keluaran awal, sekarang kampas primernya kayanya sudah aus. susah cari sperpatnya (Kalteng). Oh iya ada gak CDI unlimiter yang cocok utk bisa mendongkak rpm? Saat ini kecepatan mentok 120 kpj aja.

  51. Hendro
    Maret 24, 2011 pukul 11:17 am

    ZX 130 isi bensin dr depan “ga ngerepotin”, bagasi paling gede dibanding bebek lain “bisa utk belanja2 banyak”, larinye ngacir and stabil, body keker & montok, ada RPM, bensin irit,sarung jok bagus “air bisa turun sendiri tanpa di lap”, ada pengaman kunci. Ane kasih saran u/ KAWASAKI Perbanyak jaringan purna jual & Perbaiki strategi pemasaran, Bikin bebek ZX terbaru dg spesifikasi lebih bagus (sperti CC lebih tinggi,ban tubles, spion racing,tanpa meninggalkan ciri ZX sebelumnya sperti bagasi besar & isi bensin dari depan… Ane mau beli lagi…!
    Ane Yakin Kawasaki Bisa Berjaya Di Nusantara, karena Kawasaki punya Produk Bagus…

  52. ian
    Maret 27, 2011 pukul 12:33 am

    gue punya kawasaki zx,cuman klo sperpat part,sama servis nya untuk daerah cikampek,d mana yah????

  53. Arif
    Maret 29, 2011 pukul 6:17 pm

    pertama naik kaze 110 tahun 1997 sampai 2006 lalu pakai kaze zx 130 sampai sekarang MOTOR INI NGGA ADA TANDINGANNYA , MANTAB, STABIL TARIKANNYA OK BANGET IRIT LAGI GUE PAKAI DI SEMARANG YANG MEDANNYA NAIK TURUN NDAAK ADA MASALAH – SAMPAI SEKARANG MESIN MASIH OK OK LAGIIIIIIII

  54. adi
    April 8, 2011 pukul 7:48 pm

    wahh…bener-bener motor impian q…we pengin beli…ada yg mau dijual…ga? hubungi 083726063334 by.adi purwokerto..

  55. adi
    April 8, 2011 pukul 7:55 pm

    ZX-130…TAK PERNAH DIBELAKANG,TAK PERNAH KETINGGALAN…..HEHHEHEEH
    BRAVOOOO KAWASAKI…..!!!!!

  56. abrari
    April 9, 2011 pukul 11:31 pm

    salut buat kehandalan ZX dari cerita2 diatas, ZX 130 saya sdh 52000 km, mungkin karena kondisi jalan di kalimantan yang banyak kerusakan, diawal pemakaian bearing roda belakang kena, harus ganti 1 buah. skr sdh dibubut, dengan piston 0,25. clutch oneway dan rantai kamrat barusan diganti, ada yg bisa bantu, kenapa ya aki tekor terus, pdhal baru ganti, kayanya arus ke pengisian aki lemah, dihidupin tanpa aki mesin bisa hidup, tapi gak bisa di gas poll, awalnya lampu redup, pas dibuka spul ada yg kebakar pd 3 bagian lilitan, udah dibetulin tukang dinamo, kira2 yg gak beres apakah bagian kiprok or spul or cdi or ada yg lain…..tolong info utk saya …trims before…wass

  57. ucrit
    April 12, 2011 pukul 12:14 pm

    halo mas bro,pengen bantu jwb ya,ane pernah ktmu ama sesama pengguna zx wkt servis dibengkel resmi,tanya sana sini ke diam gmn rasanya selama make zx dia bilang muantap bro,stabil,trus dia jg prnah ada kerusakan yg hmpr sama kyk yg dialami ama yg koment diatas ane,dia blg itu krn kiproknya dah rusak jd akinya ga bs keisi,lah kalo didiemin bs menjalar sampai ke part yg lain.

  58. hari
    April 12, 2011 pukul 12:21 pm

    yang enak sih diganti spul dan kiproknya bos, yang orisinil yah biar tetap mantap he he

  59. Shawn
    April 30, 2011 pukul 11:17 am

    Ane pake Kaze R 110 th.1997 dah turun 3 generasi tp masih manteb.,
    Ane pernah lg jalan tiba2 ada MX yg nyoba nyusul Ane.,
    Terjadilah susul-menyusul.,
    Namun ketika Kami sudah imbang, kelihatannya MX dalam keadaan poll Gas, dan saat itu Ane masih gigi 3 (Speedometer Ane mati jdnya ga bisa liat dlm kpj)
    Langsung aje ane oper ke gigi 4, alhasil MX pun ketinggalan jauh.,
    Yg error MX nya atau Ridernya ya??
    Wkwkwkwkwkwkwkwk.,

    ^_^
    Jd pengen upgrade nweh ke 130cc.,

  60. Duke
    Mei 5, 2011 pukul 9:36 am

    Mas Bro2,. katanya Kaze 130 ZX ini produk gagal ya??
    Cz temen Ane bilang kalo Kaze 130 ZX ini jarang yang pake karena dinyatakan produk gagal., belum tau sih gagalnya kenapa.,
    Tp yg pazty, ga berselang lama stlh motor nie keluar, Keluar lagi Kaze R 112 yang lama itu tp tampil dgn desain kyk Kaze 130 ZX.,
    Dan ternyata produk tsb jg jarang yang berminat dikarenakan mesin dan teknologi yang sama aja dari Kaze R 112 hanya diganti casing Kaze 130 ZX.,
    Mohon Pencerahannya Mas Bro2.,

    • Kang Gus
      Agustus 7, 2013 pukul 5:39 pm

      Ga’ kok.. Malah ini moped terbaiknya Kawasaki!! Sayang banyak masyarakat yg kurang melek sm ni mtr, pdhl “is the best”.

  61. hari
    Mei 5, 2011 pukul 2:57 pm

    Setau saia sih bukan produk gagal, malah dahsyat, beberapa temen saia pemakai zx 130 mantap lari skaligus handlingnya
    soal kaze 112 diralat, maksudnya kaze 125 ya? ini motor mesin blitzjoy berbaju kaze kurang peminat he he..

  62. stepen
    Mei 13, 2011 pukul 11:45 am

    Saya bari beli zx feb 2011 sejak awal pemakaian sdh bergetar di kecepatan 60 – 80 bahkan sdh di claim ke pabrik tapi getaran masih tetap muncul bahkan jika mesin panas getaran muncul lebih keras lagi terutama di stang sebelah kiri mungkin teman teman punya solusinya?

  63. adi
    Juni 17, 2011 pukul 9:07 am

    masih layakkkah beli zx130 sekarang?/ itu kan motor keluaran 2005…teknologinya ketingglaan jaman g?

    • adi
      Juni 17, 2011 pukul 12:59 pm

      tau ada motor ini telat, pengen beli baru, di dealer masih ada (buatan 2010), tp kok tanya2 sejak 2005 teknologinya ga di update…lah gmana itu? beli ato nungu kawasaki ngeluarin model baru?….
      zx kan udh roler rocker arm, karburator vakum, tortle position sensor, ada rpm meternya, ngisi bensin ga perlu turun, bagasi gede….motor jaman skrg setauku yg beda itu revo pake offset silinder, terus udp pada pake engine stabilizer…..
      jadiii beli g? ada pendapat lain? ada penglaman, handal ga motor ini? yg udh punya sejak 2005, apap kbr motornya sekarang? rankanya kuat ga? bodinya ngeter kah? liat di jalan kok zx catnya pada pudar y?hehe/..

  64. hari
    Juni 17, 2011 pukul 9:34 am

    menurut ogut, motor ZX130 termasuk exclusive, soale ga banyak yg beredar di jalan, tunggu aja 5-10 taun lg pasti dicari orang dah alias banyak yg minat, contoh mobil macam corolla twincan GTI, daihatsu winner, taft rocky dll, pada jaman munculnya sih biasa2 aja alias kurang dilirik, tp skrg? setelah beberapa tahun malah dicari para penggemar he he..

  65. hari
    Juni 17, 2011 pukul 9:35 am

    maksudnya twincam he he ralat yee

  66. harlezz
    Juni 24, 2011 pukul 3:13 pm

    @Adi
    udah bro beli aja….
    teknologi ketnggalan? loh motor kan emank begitu2 aja toh
    malah supra yg ketinggalan, cuman ganti baju doank toh?

  67. sumardi
    Juli 10, 2011 pukul 6:35 pm

    mo nanya bro,
    gue punya kawak zx 130 tahun 2010, sejak dari awal diapake rasanya kok getar banget, terasa banget di pijakan kaki sama stang, jadinya terasa tidak nyaman, trus gimana seting udara karbunya, berapa kali putaran, terima kasih atas bantuannya.

    salam,

  68. Agustus 10, 2011 pukul 2:43 am

    Ampe sKrg Gw Msh pKe Mtor Kawak Blitz (KOHAR) ..
    dan bOKap Gw Pnya Kzx 130..duLu Suatu Hr Gw dI Suruh Bokap Bwt Srvice Zx dI BngKeL Resmi KawasaKi,,Mklum Usia Mtor Wkt itu Baru sKtr 3bln !!
    Lanjut Mekanik’a Gw suruh setting Yg Mantab Ya Bos pOkok’a Kuenceng..seiring Tips ga Lupa w Ksih,Hhee ..
    Nah puLang’a Gw Liat dI dpan Gw ada Mtor honda GL-pro NeoTECH Lg Ngbut Bgt,,iseng” Gw saLip dy…dan rupanya dOi lngsung Menyambut ..
    BayangKan..wktu Kcptn sKtar 125Kpj gw Liat dr spiOn NeoTech Udah Ngos”an dan Ga Mampu Lg NgudaK ZX130 ..
    Mtor ini HEBAT ..
    Handling stabiL,,TOP Speed Mantab dan Wktu Rem Mnddak shock dpan EmpuK Bgt serasa Ky Mtor scorpio !!
    Salam aja Bwt smua pgna KawasaKI ..
    Go Green !!

  69. September 12, 2011 pukul 1:38 pm

    qo mtor zx 130 ane lemot di tnjakan yah ?? masalh nya apa ?? pdhal kampas kopling udh di ganti

  70. Cew
    September 15, 2011 pukul 8:02 am

    Zx130 mantab tab tab tab

  71. m1ch
    September 20, 2011 pukul 6:46 am

    zx aku sejak okt 2005 sampe skrg masih enjoy2 aja :) :) :) Klu kecepatan jgn d tanya lagi pst tdk akan mengecewakan di jamin 100%. “Kawasaki ZX130 is the best”
    Mana new ZX,,? hallo kawasaki Ind,,, bangun jangan mau kalah sama yg lainx yg selalu mengupdate seri2x

  72. ebbes
    September 28, 2011 pukul 12:08 pm

    dr dulu sy pengin zx-130, tapi pending , karena besar, berat, bongsor….walau memang pada pada bilang bagus performanya….dan sekarang setelah beberapa pabrikan pada mengusung motor berbagasi lebar, akhirnya sy ambil zx-130(second) , …… wuih emang mantaffffff, brum-brum, sy dapat 2007, belum diapa-apain, sebatas ganti seal2 yang bocor…langsung geber….br berani nyampe 100, jalannya gak memadai……malah sy pengen ngambil lagi, klo ada yang mau tt sama bebek saya yg satunya lagi ( merk lain)….zx-130…muantaf puol.

    • umar
      September 29, 2011 pukul 11:14 am

      Siang Bro Ebbes, kl boleh tahu nich, dapat zx tahun 2007 harga berapa? sy juga pengen nyari lagi, punye gw tahun 2010

      salam.

      • ebbes
        Oktober 2, 2011 pukul 10:22 pm

        wah, gak tau ya ?…orang kemarin sy TT, saya nambah 1 jt, di korann sih minta 5,3 jt… malah hari apa sy lupa, ada yang pedagang mau TT, th 2008, plat F(pikir sy, plat F gak papa,asal body lebih bagus dr zx sy), di koran cuma di tawarkan 3,5 jt, eeee pas sy tengok, bodynya gak karuan, bagusan bebek(merk lain ) yg mau sy TT-kan, sy mundur aja, takut diomelin istri ( anggota ISTI bro, hehehehe)…rajin2 tengok iklan aja boss, siapa tahu dapet yang siap pancal…met hunting aja.

      • Jet Razer
        Oktober 17, 2011 pukul 1:11 pm

        alow bro umar, kalo mau nyari lagi di dealer grisenda jakarta masih ada yang baru, kemaren liat di price listnya, terus nanya ke orangnya, kalo cash 14 juta. di dealer kawasaki bekasi barat juga masih ada 2, satu biru silver, satunya lagi merah item.

  73. Herry-su
    Oktober 23, 2011 pukul 12:35 am

    Saya dah naik zx 5thn satu hari rata2 100km lebih,yg bisa ngalahin lari zx: satriafu,cs1,mx135,supra125injeksi,shogun sp,fiz-r.selain bebek itu,lewat semua,shogun125,jupiter,supra125,thunder,lewat deh.Mesin bandel,asal gak telat oli.
    Yg sering rewel: kabel2 konslet,bearing,spul,karbu,rantai,
    Kekurangan untuk dibenahi: mesin kurang gedhe(kalah dari fu),gak ada radiator,gak dohc,,cakram belakang gak ada,onderdil mahal,sulit dicari.

  74. indra
    November 9, 2011 pukul 1:16 am

    bro seklaian, ane pengguna motor kaze zx gzk sengaja beli. waktu itu beli seken tapi ketika pake itu motor, ternyata luar biasa. muantab banget. ane gak pernah ngarasain stang motor yg seperti zx ini.kaya ada power steringnya. shock breakernya juga mantab. jika dibandingin kalw pake honda juga Suzuki (ane punya kedua merk motr ini). walaw 130 cc ternyata ni motor irit bahan bakar loh. sayang dah susah dapartinnya lagi. ane mau beli atu lagi. ada yg mw jual sekennya ga’ ya…?

    • umar
      November 9, 2011 pukul 3:42 pm

      bro indra, ane punya zx 130 th 2010 bln 12, jarang ane pake, baru km baru 5ribuan, rencana mo sy lepas, krn jrg ane pake, service ke 2 dan 3 sampe telat krn km blm cukup.
      tertarik reply disini dulu aja bro, tks

  75. Desember 11, 2011 pukul 10:40 pm

    gimana mau modisifkasi enjin kaze130 supaya boleh potong dan tingalkan jupiter mx135?
    tlg tunjuk ajar ya..

  76. mamase
    Januari 24, 2012 pukul 7:54 pm

    hehehe… jd gatal neh baca treat ini.. gw jg make zx bro dari baru taon 2005 mpe skarang.. 2006 gw pasng kopling manual (jedhek) mpe skarang lancar jaya no problemo… paling ganti fast moving partnya aja… macam lampu2, ban, rantai ma aki … yang laen ga da masalah, oia… pernah ganti per kopling sekali… ini nih kelemahan motor ini, tp ckp skali aja gantinya.. hehe.. gw make pertamax ma motul 5100 dari pertama… kalo cm bejaban ma motor seangkatan seeehhh… ga da lawan lah.. knalpot jg mc ori.. ga gw ganti cz ga enak ma tetangga… hehe… masalah harga spare part setau gw dmana klo asli tuh mahal bro… ga tau jg kalo kw, cz setau gw jg kawak ga da kwnya… mending beli yang asli aja awet truz muantap bgt… BRAVO KAWASAKI… let’s the good time roll…

  77. benny rafido
    Januari 24, 2012 pukul 11:06 pm

    ZX130? handling mantab, knalpot standar suara udah ngebass, ngisi bensin ga usah turun jok.. pernah dipakai boncengan ma istri jalan-jalan Magelang – Pekalongan pp lancar jaya, bagasi besar banget bisa nyimpen mayat.. hehehehe…

  78. Februari 4, 2012 pukul 4:32 pm

    Ada yang mau jual Kawasaki ZX 130 nya? wilayah jogja… ASAP …call/sms ke 0853 6060 3898

  79. Zigits
    Februari 22, 2012 pukul 10:05 pm

    Ehmmt ,tukan karakter transmisinya yg jauh, kayak karisma,supra x 125,
    ,gigi 1:40 kpj
    gigi 2: 70 kpj
    gigi 3:95 kpj
    gigi 4:120 kpj
    ,itu kelebihannya.
    Tpi kalo dtrak luruz,nanjak yg panjang dan berb0ncengan trasa bgt pnurunan tnaganya.

    Tpi kmren q pake new MX gigi 3 djalan luruz yg nanjak panjang b0ncengan bertiga, enteng..
    Dan masih tetep brtenaga.. Smuakan menyesuaikan k0ndisi jalan.. Smua ada kelemahan dan kelebhan

  80. Mei 10, 2012 pukul 10:20 am

    aku lagi mo nyari nih.. .
    ada yang mau jual??
    nih emailku apick.afif@gmail.com

  81. dheny
    Mei 21, 2012 pukul 11:21 am

    bang saya mau nanya nich klo mau beli step motor zx130
    d’mana y bang soalnya step belakang saya patah & harganya brpa bang

  82. asevpit
    Juni 11, 2012 pukul 4:21 pm

    kalian gak usah ikut2an. biar ane aj yg pake zx 130.

  83. Oktober 10, 2012 pukul 2:56 pm

    Broo ZX-130 ada yang pernah tau ganti oneway bearing buat dibagian kopling ganda…. ane pernah ganti dah 2 taon yang lalu tapi harus beli sama mangkoknya kopling ganda, sekarang pengen ganti oneway bearingnya doang bisa nggak yaa..??? mohon infonya…
    Thanks

    • mungkur
      November 20, 2012 pukul 6:14 pm

      Bisa bos.. Harganya oneway 140rb dah ikut jasanya di beres

  84. aria Silversonics
    November 27, 2012 pukul 6:14 pm

    Dear All Kawasaki user.

    Ane mau sedikit berbagi pengalaman.. ane sering ngobrol sama beberapa temen-temen yg engineer.. baik dari lokal maupun interlokal ( luar negri :p ) kawasaki memang diakui sebagai motor yg berkualitas. bahkan kawasaki di negara asalnya, jepang. adalah brand yg sangat dihormati melebihi H & Y sekalipun. Ga heran klo di Amerika dimana rider disana sudah cerdas dan tidak Brand Minded, kawasaki adalah motor jepang yg paling laku. karena kestabilan dan kenyamanan. bahkan market shared mereka mencapai 40% lebih… angka yg cukup tinggi.. karena disana kandangnya motor-motor keuncengggggggg……..
    hal ini yg di turunkan hingga produk cub (bebek) produksi mereka..
    sebagai info kawasaki motor adalah sub divisi dari Kawasaki Heavy industries.. mereka membuat Alat-alat berat dan kapal tanker super besar bahkan salah satu kereta tercepat dunia yaitu shinkasen atau bullet train di jepang, adalah hasil rancang bangun kawasaki…. karena itulah kualitas material bukan hal sulit bagi mereka.. wajar jika mesin motor mereka tahan bantinggg… Bahkan rumornya, produsen motor jepang lainnya menggunakan material hasil ramuan kawasaki. karena dasar nasionalisme, kawasaki “membagi” teknologi material mereka. Bagi ane pribadi, pengguna kawasaki adalah rider yg cerdas.. karena mengedepankan kualitas bukan Branded… Karena kualitaslah ada 4 motor kawasaki di rumah kaze 110 (2002), ZX 130 (2008), ninja R (2001), 250 Injection (2012) semua tangan pertama alias dari baru…. ^_^
    Semoga informasi ane membantu.. dan semakin banyak Smart Rider di indonesia,, yg lebih mementingkan kualitas bukan hanya sebuah merek…

    Keep safety n smart riding Bro………

  85. Mei 3, 2013 pukul 10:36 am

    emang betul-betul TOP…

  86. Kuyo
    Mei 11, 2013 pukul 12:22 pm

    vega 2006 dah saya tuker bro sama ZX, mantabs poll, terutama buat fat boy rider. next pinang klx ah tapi apa versa aj yak!! yg mumer. batangan kawasaki mahal bro. wkwkwk..

  87. semar
    Juni 3, 2013 pukul 1:00 pm

    andai j kawasaki kluarin new zx130,dg sdikt /full modif,sudh pasti ane plihara 1lg..ane pke zx dr th’05 g d kndala berarti,,piss

  88. Kang Gus
    Agustus 7, 2013 pukul 5:50 pm

    Mtr Kawasaki emang “badak” bandelnya. Aku punya Kaze E keluaran th2000 seken aja dh lbh 6 thn blm turun mesin, gak geter, gak goyang, stabil abizz.. Skrng mlh ganti seher blitz joy tmbh mantab.. (Y) Tp ttp aja, Msh ngidam ZX 130

  89. Oktober 11, 2013 pukul 9:36 pm

    Ane punya motor zx, ane juga termasuk anak muda, anak mudakan biasany seneng yg kenceng2- gmana nie caranya biar kenceng, apa saja yang perlu diganti + ditambahin.. Tolong dong kasih tau solusinya ??

  90. Oktober 13, 2013 pukul 9:45 pm

    Bengkel khusus kawasaki zx130cc, letakny dmana , di kebumen ada ga?

  91. penunggangkudabesi
    Desember 17, 2013 pukul 11:11 am

    numpang nitip lapak ni bro…

    buat yang mau ganti rem belakang kawasaki zx 130 ada sparepart subtitusinya dari bendix
    silahkan cekidot gan…

    http://www.dinomarket.com/PASARDINO/63867418/Jual-Kampas-Rem-Tromol-Bendix-Motor-Bebek-Honda/

  92. kang gus
    Januari 26, 2014 pukul 3:36 pm

    akhirnya dapet ZX jg. Trnyata emang mantap abizz. Tes di jalan raya bs sampe kecepatan 60kpj gigi 4 di rpm 4200. Baru berani nyoba sampe 90kpj krna karakter mesin liar di putaran atas. Next time pengin nyoba top speednya brp.
    Salam KAWASAKI bagian hidupku

  93. Mei 21, 2014 pukul 10:36 am

    aku pengen kawasaki diatas tahun 2010 ada yang jual tidak ya sekitaran jogja dedi 085868131570

  94. Juli 14, 2014 pukul 9:54 pm

    kbtulan sy jg bru bli ni mtor 2nd thn 05. Skitar 1 bulan lalu. Di tanjakan lumayan ngangkat tuw boncengan 3 orng. Yyah rata” lah motor bbek klw bwt nanjak psti rada ngeden. Beda sma sport ninja 4T sy, wlau prsenel 3 msih brtenaga bwt nanjak. Bwt nyalip pas posisi di dpn agak mepet pun kekejar. Tpi beda klw bbek zx ini, msti agak nurunin prsenel bwt dpetin power. Sy sukanya ni mtor modelnya sporty mrip ninja 4T sndiri trutama pda lampu dpan. Body gambotnya nggk norak tpi mlah trkesan elegant mnurut saya. Bkn tnpa prtimbangan sy bli mtor ini, slain bgasi yg lbih bsar, trnyata konsumsi bbm nya super irit. 11 12 sma supra x125 pnya adik sy yg sdh di jual sjak lama. Yg beda dri motor bbek lainnya adlah, mesinnya bgitu hlus, apa lg ktika sdh keadaan jlan knceng atw sdang trus tnpa ngegas lg trasa hlus skali mesinnya, tnpa ada getaran” yg bgitu trasa sprti bbek lain. Suara msinnya jg lebut, prpindahan prsenelnya bgitu mudah dan empuk, nyaris sprti supra x125 / karisma x. Zx sy saat pda bgian shock dpan agak sy turunkan hingga btas maksimal atw nyaris brsentuhan dgn rumah kunci kontak bgian buka ttup bnsin. Klw bkn krna mentok pda bgian situ mngkin sdh agak sy pentok lg spaya nggk trllu tinggi mtornya, slain itu jg tmpilan mtor trlihat sporty. Pokoknya mantp dh, nggk nysel pnya mtor bbek ini. Wlau teknologi msinnya tnpa pmbaruan dri pabrikan, tpi nggk ngaruh kyaknya. Slama apa yg jdi klebihan pda mtor ini blm bnyak yg mnyamai. Bhkan klebihan itu lbh bnyak ada pda mtor bbek zx ini. Syng bribu syng skrng bgitu susah bwt mndpatkn zx yg msih full ori & trawat. Skalipun dpt, knyataannya ada bgian yg msti di prbaiki lg,, misal sprti pnya sy ini,, komstir sdh agak goyang, laher arm & tromol roda agak goyang jg. Klw bwt belok dlm keadaan agak knceng jdi ngeri. Hehe. Bcara knceng”an,, ktika di lampu merah saat sy ada prlu dri jln jatinegara ke jlan kramat raya senen jakpus ckup mampu mnyaingi pngendara lain yg pda ngebut jg. Justru dgn jarangnya orng mmiliki mtor bbek ini, kesan esklusive smakin trasa,,, hehe. Jdi nggk trllu pasaran atw jenuh krna sring mlihat jnis bbek yg itu itu aja. Yg jlas kesan modelnya beda bgt,,, bbek tpi pnya aura moge. Slain itu jg sprtinya jarang rewelan, justru tahan banting iya. Hehe,,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: